Unboxing & Hands On Advan G2: Selfie Detail, Sebagus Apa?

Author
Irham
Reading time:
February 15, 2018

Advan menggelar media experience untuk produk terbaru mereka yaitu Advan G2. Suksesor dari Advan G1 ini hadir dengan fitur utama pada kamera selfie. Sesumbar, smartphone ini akan menyaingin beberapa kompetitornya antara lain Samsung Galaxy J5 Pro, Oppo F5 Youth, Vivo V69, Advan “pede” akan jadi pilihan yang menarik karena hadir dengan harga yang terjangkau yaitu Rp. 2.499.000, sementara para kompetitor membanderol harga Rp. 3 jutaan.

Sama seperti kompetitor yang disebutkan oleh Advan diatas yang memiliki tagline untuk kamera selfie, Advan G2 hadir dengan tagline Selfie Detail.Advan G2 diklaim mampu menghasilkan foto selfie yang lebih baik ketimbang tiga produk kompetitor tersebut. Smartphone ini mengusung kamera depan 16MP dengan bukaan aperture f/2.0, juga dengan fitur Beauty Selfie 5.0. Sementara untuk Kamera utama dibekali dengan sensor 13MP

Dalam acara media experience tersebut, kami sempat menjajal kamera depan yang jadi jualan utama Advan G2. Namun sebelum itu, kami akan sedikit membahas isi box penjualan dan desain dari Advan G2.

Advan G2 sendiri hadir dengan paket penjualan cukup lengkap. Dapat dilihat, pada box terdapat beberapa item kelengkapan penjualan diantaranya buku panduan & kartu garansi, adaptor charger, kabel USB, jelly case, dan juga headset. Perangkat ini juga dibundling dengan kartu perdana dari Telkomsel.

Beralih ke desain, Advan G2 sangat identik dengan smartphone besutan Apple beberapa tahun lalu yaitu iPhone 6. Advan sendiri tak masalah jika nanti smartphone ini disebut menjiplak iPhone 6 Plus, karena desain dari Advan G2 memang ditujukan untuk konsumen yang belum sempat memiliki smartphone premium tersebut.

Advan G2 mengusung desain metal dengan dimensi yang tipis, juga dengan fingerprint berbentuk bulat di bagian depan yang membuatnya tampak mirip dengan iPhone 6 Plus. Sementara bagian belakang, terlihat lebih mirip dengan penampang belakang iPhone 7. Garis aksen berwarna chrome terlihat di bagian pinggir atas dan bawah, serta logo Advan di bagian tengah menjadi “pembeda” perangkat ini tentunya.

Pada bagian bawah, terdapat slot MicroUSB dan juga grill speaker. Sementara untuk lubang jack 3,5 mm diletakan di bagian atas. Selain berfungsi untuk membuka layar, fingerprint juga berfungsi sebagai tombol home. Tombol home diapit dengan dua tombol kapasitif yang samar terlihat, hanya memiliki tanda titik tanpa lampu backlit. Sepertinya Advan sengaja membuatnya demikian agar tampilannya makin mirip dengan smartphone premium tersebut.

Sedikit beralih ke spesifikasi, Advan G2 mengusung layar 5,5 inci FullHD, SoC MediaTek MT6750T, RAM 3GB serta internal storage 32 GB. Kapasitas baterai dari Advan G2 cukup besar untuk ukuran bodynya yang ramping, yaitu 3500mAh. Sayangnya belum dibekali dengan fitur pengisian cepat. Adapun adaptor charger yang tersedia memiliki output 5V 2A.

Advan G2 hadir dengan basis OS Android Nougat 7.0 dan kembali membawa IDOS sebagai UX andalan mereka. Beberapa fitur seperti Anti Theft, Privacy System, Apps Lock tersedia untuk fitur keamanan tambahan. Sedikit eksplorasi yang kami lakukan, rupanya Advan G2 juga telah mendukung konektivitas Wireless 5GHz. Uniknya, ini tak hanya berlaku pada saat Wi-Fi diaktifikan, tapi juga saat pengguna menggunakan smartphone sebagai hot-spot.

iDOS
Wi-Fi/Hot-Spot 5GHz

Nah, untuk fitur kamera depan yang menjadi fokus penjualan Advan G2, kami telah menguji perangkat ini dan hasilnya cukup memuaskan. Adapun ciri khas yang ditonjokan sebagai selfie detail yang ada pada perangkat, yaitu objek yang ditangkap memiliki detail yang merata tak hanya dibagian depan tetapi juga pda background. Meski demikian, kami belum bisa menyebut kamera selfie Advan G2 benar-benar sebaik yang mereka klaim, dapat mengalahkan produk J5 Pro, Oppo F5 Youth maupun VIVO V69, karena perlu ada pengujian perbandingan yang lebih jauh. Tapi untuk beberapa foto yang kami abadikan, smartphone lokal yang satu ini mulai terasa semakin mengingkatkan kelasnya.

 

Kamera belakang juga memiliki hasil yang terbilang lumayan. Berikut beberapa foto yang diabadikan menggunakan kamera belakang (kamera utama).

Load Comments

Reviews

January 22, 2021 - 0

Review Poco M3: Layak Disebut Entry Level Killer?

Setelah sebelumnya merilis Poco F2 Pro sebagai “Flagship Killer”, Poco…
January 4, 2021 - 0

Review Samsung Galaxy A12: Kamera Keren, RAM dan Storage Besar

Tidak semua smartphone dirancang untuk menjadi smartphone gaming, seperti yang…
December 14, 2020 - 0

Review Smartphone Vivo Y51: Solusi Smartphone Serba Bisa!

Vivo baru saja meluncurkan salah satu produk terbarunya yang berada…
December 11, 2020 - 0

Review Mi 10T Pro: Murah, Tapi Beneran Flagship

Di pertengahan awal tahun 2020 lalu, Xiaomi telah meluncurkan smartphone…

Accessories

November 17, 2020 - 0

Review OASE QCY T7: Audio Bagus, Rp 300ribuan

Oase mungkin dikenal sebagai produk aksesoris yang dekat dengan brand…
November 5, 2020 - 0

Review Brica B-Steady XS: Gimbal HP 3-Axis Paling Ringan di Dunia

Kali ini tim Jagat Review kedatangan produk aksesori gimbal untuk…
October 12, 2020 - 0

Review Charger BASEUS 24W-120W: Pengganti Charger Asli Gadget Anda!

Jika berurusan dengan barang gadget atau elektronik, pastinya Charger merupakan…
May 12, 2020 - 0

Memilih Gimbal 1 Jutaan Terbaik untuk Smartphone: Brica BSteady PRO atau Moza Mini Mi?

Setiap kami menguji smartphone terutama untuk membuat video, menggunakan gimbal…

Wearables

January 5, 2021 - 0

Review Bose QuietComfort Earbuds: TWS dengan Noise Cancelling Terbaik

Bose Didirikan tahun 1964 dan sudah sangat terkenal dengan perangkat…
December 4, 2020 - 0

Review Casio G-Shock GA-900: Stylish, Tahan Banting, Baterai 7 Tahun

Jam tangan ini memang bukan smartwatch. Akan tetapi, Casio G-Shock…
November 17, 2020 - 0

Review OASE QCY T7: Audio Bagus, Rp 300ribuan

Oase mungkin dikenal sebagai produk aksesoris yang dekat dengan brand…
September 28, 2020 - 0

Review Mi Smart Band 5: Tetap Murah, Fitur Tambah

Bagi kalian yang mungkin sedang mencari produk smart band murah,…