Review ASUS Zenfone 5Q: Pilihan Menarik Yang Terlewatkan

Author
Irham
Reading time:
September 16, 2018

Kamera

Kami berekspektasi untuk fitur kamera, Zenfone 5Q bisa setidaknya kualitasnya berada sedikit di bawah Zenfone 5. Sehingga pengguna bisa menjadikan Zenfone 5Q sebagai alternatif Zenfone 5 dengan harga yang lebih terjangkau. Dimana smartphone ini dibekali dengan sensor  16MP + Wide Angle 8MP.  Tapi sayangnya perangkat ini belum mampu menjawab ekspektasi kami tersebut. Meski secara detail baik pada kamera depan dan belakang mampu memeberikan hasil yang cukup baik, tapi komposisi lainnya seperti kecerahan kontras dan kondisi low-light masih kurang baik. Dalam beberapa kondisi gambar terlihat overexposure dalam kondisi terang, semantara pada kondisi gelap terlihat kontras yang begitu tajam serta noise yang juga cukup banyak.

Secara experience juga tidak lebih baik dari generasi Zenfone 4, karena Zenfone 5Q juga terlihat minim fitur. Tidak banyak mode yang bisa dimainkan oleh pengguna selain mode Pro, Beauty dan Super resolution. Sementara para rival telah menghadirkan beragam fitur seperti AI mode, AR emoji dan sebagainya. Namun paling tidak, pengguna masih bisa bereksplorasi dengan wide angle dan juga kamera bokeh. Fitur EIS di Zenfone 5Q sayangnya juga tidak bekerja sebaik pada seri Zenfone 3, bahkan meski diklaim telah dibekali dengan EIS, kami tidak merasakan sama sekali adanya fitur itu bekerja saat perekaman video. Kami melihat semua kondisi ini sebenarnya masih dapat diperbaiki oleh ASUS melalui update software. Sayangnya hingga saat ini, belum ada update system yang membawa perubahan signifikan.

Berikut beberapa foto yang diabadikan menggunakan kamera belakang Zenfone 5Q:

Sedangkan pada kamera selfie, perangkat ini dibekali dengan sensor Sony IMX 376 20MP + Wide Angle 8MP 120 derajat. Hasil foto terlihat cerah di berbagai kondisi. Tingkat kecerahan cenderung stabil dan disesuaikan dengan kondisi pencahayaan disekitar. Pada kondisi backlight, foto juga mampu menyesuaikan dengan baik sehingga bagian wajah tetap terlihat dengan baik. Hanya saja dikondisi gelap, noise reduction yang bekerja membuat detail pda foto terlihat agak berkurang. Berikut beberapa foto menggunakan kamera depan Zenfone 5Q. Kamera depan Zenfone 5Q juga dibekali dengan sensor 8MP wide angle, yang bisa digunakan untuk group selfie, namun detail gambarnya tentu tak sebaik kamera dengan lensa normal. Overall, kamera selfie Zenfone 5Q cukup memuaskan.

Baterai

Zenfone 5Q memiliki kapasitas baterai yang tidak begitu besar yaitu 3300mAh, Namun untungnya SoC yang digunakan cukup hemat daya, karena Snapdragon 630 masih mirip dengan pendahulunya yaitu Snapdragon 625, hanya saja SoC ini memiliki clock CPU lebih tinggi dan juga generasi GPU lebih terbaru. Sehingga dalam urusan konsumsi daya pun tidak terlalu jauh berbeda. Kami melakukan pengujian dengan melakukan tes browsing. Hasilnya smartphone ini mampu bertahan selama 13 Jam 51 detik.

Browsing Test 1

Sedangkan pada pengujian playback video HD, smartphone ini mampu bertahan dengan waktu selama 14 jam 14 menit. Mengingat layar lebih besar, dengan resolusi yang lebih besar, tentunya angka ini sudah sangat cukup baik. Untuk mengakomodir kebutuhan seharian pengguna, pastinya sudah cukup terpenuhi.

Video Playback

Dengan kapasitas daya yang tidak begitu besar, Zenfone 5Q dapat mengisi daya lebih cepat. Meskipun tanpa didukung dengan pengisian cepat QC, namun dengan adaptor standar yang tersedia pada paket penjualan yaitu dengan output 5V 2A, smartphone ini mampu mengisi daya dari kosong hingga penuh selama 1 Jam 58 Menit.

Secara keseluruhan, manajemen pada pengunaan dan juga pengisian daya di Zenfone 5 Q bisa dibilang cukup memuaskan. Tidak ada kendala berarti untuk aspek ini.

Load Comments

Reviews

July 12, 2024 - 0

Preview Samsung Galaxy Z Flip6: Upgrade Signifikan! Smartphone Flip Terbaik 2024?

Selain Samsung Galaxy Z Fold6 yang diluncurkan dalam acara Samsung…
July 12, 2024 - 0

Samsung Galaxy Z Fold6: HP Lipat TERBAIK 2024?

Spesifikasi Internal Untuk SoC tentunya mengalami peningkatan ke Snapdragon 8…
July 5, 2024 - 0

Review POCO M6: Smartphone POCO Terlengkap dan Elegan di Harga Rp 2 JT!

Spesifikasi SoC: MediaTek Helio G91 – Ultra Ini SoC dengan…
July 1, 2024 - 0

Review Samsung Galaxy M15 5G: HP Samsung 2 Jutaan Terbaik?

Spesifikasi SoC: MediaTek Dimensity 6100+ Ini adalah SoC dengan CPU…

Accessories

June 18, 2024 - 0

Review Kiip TH90: Wireless Headphone Over-Ear Rp 300 ribuan, Suara Makin Lama Makin Bagus

Pengalaman Penggunaan Pairing Pairing-nya mudah, cukup menyalakan headphone, lalu sambungkan…
April 23, 2024 - 0

Dua Speaker Bluetooth Tahan Air Xiaomi Terindikasi Akan Masuk Indonesia

Beberapa waktu lalu Xiaomi memperkenalkan dua speaker Bluetooth untuk keperluan…
December 27, 2023 - 0

Review CMF Buds Pro: Rp 700 Ribuan, Suara Jernih dan Punya Tiga Mode ANC

Kesimpulan Secara keseluruhan, Nothing CMF Buds Pro memberikan pengalaman audio…
September 12, 2023 - 0

Review Brica B Steady Pro Ultimate: Pakai Gimbal Smartphone untuk Apa?

Mungkin kamu pernah bertanya, untuk apa sebenarnya gimbal smartphone? Ketika datang…

Wearables

March 26, 2024 - 0

Bose Ultra Open Earbuds Resmi Rilis Indonesia, Berapa Harganya?

Bose secara resmi meluncurkan Bose Ultra Open Earbuds, perangkat true…
March 22, 2024 - 0

Infinix Turut Luncurkan Dua Smartwatch Baru: Watch GT Pro dan Watch 1

Selain meluncurkan lini ponsel Note 40 Series di Indonesia, ternyata…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…
October 3, 2023 - 0

Review Samsung Galaxy Watch6 Classic: Smartwatch Fashionable Tipe Klasik, yang Terbaik!

Samsung Galaxy Watch6 Classic hadir kembali, setelah di seri Watch5…