Review Mi A2 Lite: Sederhana Tapi Penuh Fungsi!

Author
Irham
Reading time:
January 31, 2019

Pertarungan smartphone di kelas mid range kian sengit, dan di pertengahan 2018 lalu Xiaomi sempat meluncurkan dua produk andalan mereka dengan sistem operasi Android One yaitu Mi A2 dan Mi A2 Lite. Kesuksesan Mi A1 di tahun 2017 cukup meyakinkan untuk Xiaomi melanjutkan seri tersebut. Dan di tahun 2018 tak hanya menelurkan satu produk, Xiaomi merilis dua seri. Mi A2 hadir sebagai smartphone varian yang tertinggi, sedangkan Mi A2 Lite menjadi alternatif lebih terjangkau.

Di meja review kami kedatangan salah satu diantara kedua produk, yaitu Mi A2 Lite. Ditengah ramainya persaingan smartphone kelas menengah ini, seberapa layakkah Mi A2 lite untuk di pinang. Keunggulan apa yang bisa kita temukan di smartphone ini, simak ulasannya begitu ini.

Desain

Mi A2 lite hadir dengan desain bermaterial metal unibody, membuat perangkat ini cukup terlihat kokoh secara build quality. Perangkat ini juga hadir dengan ukuran yang cukup nyaman secara ergonomi dimana perangkat ini hanya memiliki ukuran 5,8 inci. Tentu saja untuk kebanyakan pengguna di tanah air, ukuran ini akan lebih cocok di genggaman.

Mi A2 Lite memiliki desain layar dengan notch di bagian atas. Dibandingkan dengan Mi A2 yang tanpa notch, Mi A2 Lite sedikit lebih menarik karena bezel di bagian atas menjadi terlihat lebih tipis. Meskipun untuk bezel bagian masih terlihat tebal, dan Xiaomi juga meletakan lampu LED notifikasi di sudut kiri bagian bawah bezel tersebut.

Selain itu desain pada body bagian belakang juga lebih menarik dengan dual kamera posisi vertikal di bagian sudut kiri, dengan lampu flash diapit oleh kedua kamera,. Di bagian tengahnya terdapat modul fingerprint sensor. Di bagian belakang juga terdapat logo Mi dan Android One yang menjadi salah satu fitur yang ditawarkan oleh Mi A2 Lite

Beralih ke bagian sisi-sisi, di sisi sebelah kanan terdapat tombol power dan volume seperti smartphone Android pada umumnya. Sedangkan di sisi sebelah kiri terdapat Tray SIM Card yaitu dua slot SIM Card nano dan satu slot Micro SD. Tentunya dengan dual slot SIMCard terpisah dengan microSD, akan memberikan keleluasaan bagi pengguna untuk menggunakan dua SIM Card serta menambah kapasitas memori secara bersamaan.

Untuk tombol navigasi, smartphone ini menggunakan navigasi yang tersemat di bagian dalam layar. Sedikit mengurangi tampilan dari layar, namun masih memungkinkan bagi pengguna dapat mengatur preferensi susunan tombol yang ada. Apakah ingin tombol recent di kanan dan tombol back di kiri atau sebaliknya. Meskipun untuk  untuk perangkat ini sedikit membutuhkan trik yang tidak sederhana.

Untuk konektor daya dan data, Mi A2 Lite masih menggunakan MicroUSB yang terletak di sisi bagian bawah, juga terdapat grill speaker. Dan tersedia lubang jack 3,5mm di bagian atas. Dan Mi A2 Lite masih menyediakan sensor IR blaster di bagian atas untuk kebutuhan remote ke perangkat elektronik.

Spesifikasi

Seperti yang dibahas di atas, smartphone ini memiliki layar 5,8 inci dengan jenis panel IPS dan resolusi yang digunakan yaitu FullHD+. Dengan ukuran layar yang tidak terlalu besar dan resolusi yang tinggi, tentunya visibilitas yang ditampilkan terlihat lebih baik. Kerapatan pikselnya sekitar 432 ppi dan tingkat kecerahannya yaitu sekitar 448 nits. Dalam kondisi terang di luar ruangan pun smartphone ini masih tetap optimal dengan visibilitas yang baik.

Dari segi performa, tampaknya masih cukup betah dengan SoC kelas menengah yang saat ini bisa dibilang sudah cukup lawas yaitu Snapdragon 625 (Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53 + Adreno 506). SoC ini memang secara performa sudah tidak begitu bersaing namun untuk urusan ketahanan baterai sepertinya masih cukup dapat diandalkan. Sedangkan dari sisi storage, terdapat beberapa pilihan RAM yaitu 3GB dan 4GB serta internal storage 32GB dan 64GB. Untuk varian yang kami uji menggunakan RAM berkapasitas 4GB dan internal storage 64 GB.

Beralih ke fitur kamera, Mi A2 Lite dibekali dengan kamera utama 12MP dengan aperture F/2.2 dengan piksel yang besar yaitu 1,25 micron dan kamera sekunder 5MP untuk kebutuhan depth sense. Sedangkan untuk kamera depan menggunakan sensor kamera 5MP dengan aperture F/2.0.

Kapasitas baterai sepertinya menjadi salah satu keunggulan yang juga dimiliki oleh Mi A2 Lite. Dimana smartphone ini dibekali dengan baterai berkapasitas 4000 mAh. Dengan SoC Snapdragon 625 yang terkenal irit daya tentunya smartphone ini akan memiliki daya tahan yang baik. Selengkapnya akan dibahas di pengujian baterai.

Mi A2 Lite berjalan menggunakan sistem operasi dasar Android Oreo 8.0 yang kini telah diupgrade menjadi Android Pie 9.0. Adapun optimalisasi yang digunakan adalah Android One, memungkinkan sistem berjalan lebih ringan dan lancar tentunya jika dibandingkan dengan MIUI. Namun tentunya aplikasi bawaan yang tersedia lebih minim dibandingkan menggunakan MIUI. Namun ada juga aplikasi yang cukup penting dibawa oleh Android One ini, yaitu Google Lens. Layaknya Bixby Vision milik Samsung, Google Lens bisa mengenali objek dengan menggunakan kamera, lalu mencari informasi terkait objek tersebut. Ini merupakan salah satu fitur flagship yang dimiliki oleh Mi A2 Lite. Mi A2 Lite juga dilengkapi dengan radio FM, fitur yang banyak ditinggalkan pada smartphones terbaru

Dari sisi konektivitas, seperti kebanyakan smartphone kelas menengah lainnya, Mi A2 Lite tentunya sudah menggunakan jaringan LTE, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, dan Bluetooth 4.2. Sayangnya perangkat ini belum mendukung jaringan Wi-Fi 5 GHz. Sedangkan untuk sensor, perangkat ini dilengkapi dengan sensor mulai dari ambience light, proximity, acceleration, compass, fingerprint dan juga gyroscope.

Pada paket penjualannya smartphone ini dilengkapi dengan beberapa atribut seperti adaptor charger, kabel USB, SIM ejector dan jelly case.

Load Comments

Reviews

November 14, 2020 - 0

Review Infinix Note 8: Murah, Kencang, Besar dan Lengkap

Infinix belakangan ini cukup gencar meluncurkan produk terbaru mereka. Setelah…
November 11, 2020 - 0

Review Vivo Y20s: Hadir dengan Chipset Snapdragon Terbaru

Tidak lama ini, Vivo baru saja mengumumkan smartphone Vivo Y20s…
November 10, 2020 - 0

Review Realme Narzo 20 Pro: Gaming Kencang, Harga Rp 3 Jutaan

realme kembali merilis seri Narzo terbaru yaitu Narzo 20 dan…
November 5, 2020 - 0

Review Brica B-Steady XS: Gimbal HP 3-Axis Paling Ringan di Dunia

Kali ini tim Jagat Review kedatangan produk aksesori gimbal untuk…

Accessories

November 17, 2020 - 0

Review OASE QCY T7: Audio Bagus, Rp 300ribuan

Oase mungkin dikenal sebagai produk aksesoris yang dekat dengan brand…
November 5, 2020 - 0

Review Brica B-Steady XS: Gimbal HP 3-Axis Paling Ringan di Dunia

Kali ini tim Jagat Review kedatangan produk aksesori gimbal untuk…
October 12, 2020 - 0

Review Charger BASEUS 24W-120W: Pengganti Charger Asli Gadget Anda!

Jika berurusan dengan barang gadget atau elektronik, pastinya Charger merupakan…
May 12, 2020 - 0

Memilih Gimbal 1 Jutaan Terbaik untuk Smartphone: Brica BSteady PRO atau Moza Mini Mi?

Setiap kami menguji smartphone terutama untuk membuat video, menggunakan gimbal…

Wearables

November 17, 2020 - 0

Review OASE QCY T7: Audio Bagus, Rp 300ribuan

Oase mungkin dikenal sebagai produk aksesoris yang dekat dengan brand…
September 28, 2020 - 0

Review Mi Smart Band 5: Tetap Murah, Fitur Tambah

Bagi kalian yang mungkin sedang mencari produk smart band murah,…
September 24, 2020 - 0

Review Huawei Freebuds 3i: Lebih Murah, Tapi Lebih Bagus

Selain produk smartphone, Huawei juga gencar meluncurkan produk gagdet lainnya.…
September 16, 2020 - 0

Hands-On Samsung Galaxy Watch3: Premium, Kaya Fitur

Pada hari Rabu (16/9), Samsung Indonesia baru saja memperkenalkan secara…