Review Huawei Y7 Pro 2019: Desain Cantik, Kamera & Baterai Daya Tarik

Author
Irham
Reading time:
February 8, 2019

Awal tahun 2019 ini, Huawei menghadirkan produk smartphone baru mereka yang ditujukan untuk kelas menengah ke Indonesia, yaitu Huawei Y7 Pro. Smartphone ini masuk ke dalam kelas menengah dengan harga yang terjangkau, di bawah Rp 2 juta, tetapi hadir sebagai smartphone yang tidak “ketinggalan jaman”, baik dari sisi desain maupun spesifikasi. Seperti apa? Kami akan coba membahasnya dalam artikel review kali ini!

Desain

Mari kita mulai artikel review ini dengan terlebih dahulu membahas desain smartphone Y7 Pro 2019 ini. Satu hal yang patut kami akui, kami cukup terkejut ketika pertama kali melihat smartphone yang satu ini, saat mengeluarkannya dari kemasannya. Y7 Pro 2019 ini tidak memberikan kesan sebagai smartphone “Huawei Y Series” pada umumnya, karena desainnya terlihat kekinian. Ini tampaknya merupakan langkah yang diambil Huawei untuk membuat lini Y mereka menjadi makin menarik.

Huawei menawarkan smartphone ini dengan layar yang dilengkapi dengan notch dengan desain “dewdrop”. Smartphone ini hadir dengan opsi warna Aurora Blue dan Midnight Black, opsi yang terbilang menarik, yang saat ini masih cukup jarang dijumpai untuk kelas harga di bawah Rp 2 juta. Kedua hal itu membuat smartphone yang satu ini terlihat cukup berbeda di kelasnya.

2 Huawei Y7 Pro1. Huawei Y7 Pro

Layar Y7 Pro 2019 ini berukuran 6.26″, dengan screen-to-body ratio sekitar 80%. Angka tersebut menunjukkan bahwa bezel di sekitar layar di smartphone ini memang tidak memiliki ukuran yang sangat tipis, terlebih untuk sisi bawah layar. Namun, secara keseluruhan, bezel yang ada masih tidak setebal smartphone dengan desain klasik yang ada saat ini. Smartphone ini memiliki dimensi 158.92 x 76.91 x 8.1 mm.

7 Huawei Y7 Pro

Unit yang kami terima untuk review ini adalah yang mengusung warna Aurora Blue, dengan gradasi warna biru muda ke biru secara vertikal di bagian belakang smartphone. Di bagian ini, Huawei hanya menempatkan sistem dual-camera di dekat sudut kiri-atas, dengan susunan vertikal, beserta flash-nya. Sepintas, desain sisi belakang dari smartphone ini menyerupai desain di smartphone Huawei yang lain, seperti P20 Pro dan Nova 3i.

Beralih ke sisi-sisi samping smartphone, Huawei menempatkan tombol volume up/down dan power di sisi kanan. Sementara di sisi kiri, terdapat tray untuk SIM/Micro SD. Tray itu memiliki desain non-hybrid, bisa menampung dua buah Nano SIM dan satu Micro SD. Di sisi atas terdapat jack audio 3.5 mm dan mic, sementara di sisi bawah terdapat Micro USB dan speaker.

3. Huawei Y7 Pro4 Huawei Y7 Pro

Di notch yang ada di bagian atas layar, Huawei hanya menempatkan kamera selfie dari smartphone ini. Satu hal yang menarik, kamera selfie ini ternyata dilengkapi dengan flash. Huawei tidak menempatkan flash tersebut di notch, tetapi di sisi kanan bezel atas. Terdapat juga earpiece di bezel sisi atas layar ini, tepat di atas notch.

Y7 Pro 2019 ini menggunakan tombol navigasi di layar, bukan menggunakan tombol fisik di bezel bagian bawah layar. Memang, belakangan ini, makin sedikit smartphone yang hadir dengan tombol navigasi fisik. Seperti smartphone Huawei pada umumnya, susunan tombol navigasi ini bisa diubah dengan mudah dari menu konfigurasi.

Satu pertanyaan yang mungkin muncul setelah membaca deskripsi desain fisik dari Y7 Pro 2019 ini, di mana fingerprint scanner dari smartphone ini. Sayangnya, Huawei memang tidak menghadirkan fingerprint scanner untuk smartphone ini. Pengguna bisa melakukan unlock smartphone dengan cara tradisional, atau dengan memanfaatkan opsi unlock lain yang diusung smartphone ini, seperti face unlock.

Load Comments

Reviews

October 8, 2021 - 0

Review vivo X70 Pro: Dingin, Kencang, Kamera Zeiss, Tipis & Ringan

Vivo baru saja meluncurkan vivo X70 Pro, di mana smartphone…
October 7, 2021 - 0

(VIDEO) 20 Hal Penting Seputar Samsung Galaxy Z Flip3 5G

Samsung Galaxy Z Flip3 5G, untuk sebuah smartphone dengan layar…
October 5, 2021 - 0

Video: Menjawab 50 Pertanyaan Samsung Galaxy Z Fold3 5G

Setelah penggunaan sekitar satu bulan lamanya, akhirnya ini adalah rangkuman…
September 30, 2021 - 0

Review Samsung Galaxy M32: Layar Super AMOLED 90Hz dan One UI 3.1 Dengan Fitur Segudang

Samsung baru saja meluncurkan perangkat Galaxy M32, ke Indonesia. Hadir…

Accessories

September 18, 2021 - 0

Video – Review: TWS Vivan Liberty T300NC

Mungkin semua tidak asing lagi bila mendengar kata Vivan. Ya,…
August 30, 2021 - 0

Review Sony WF-1000XM4: Karakter Bisa Diatur, Fitur Berlimpah

Bicara soal TWS atau True Wireless Stereo earphone, Sony sejak…
July 13, 2021 - 0

Video – Review OPPO Enco Buds: Baterai Awet, Tahan Air, Bass Kencang

Produk earphone TWS tentu sudah sangat beragam saat ini, dengan…
May 25, 2021 - 0

Review Sudio Nio: Vocal Dominan, Cocok Buat Meeting Online

Earphone TWS ini cocok untuk kebutuhan komunikasi baik saat panggilan…

Wearables

September 18, 2021 - 0

Video – Review: TWS Vivan Liberty T300NC

Mungkin semua tidak asing lagi bila mendengar kata Vivan. Ya,…
April 30, 2021 - 0

(VIDEO) Review Bose SleepBuds 2: Kualitas Tidur Jadi Lebih Baik

TWS tapi dipakainya untuk tidur? Ya, Bose Sleepbuds 2 yang…
April 5, 2021 - 0

Review OPPO Enco X: TWS Mantap dari Dynaudio dan OPPO

Oppo baru saja memperkenalkan TWS terbarunya, yang diberi nama sebagai…
April 1, 2021 - 0

Review Huawei FreeBuds 4i: Fitur Lengkap di Harga Rp 1 Jutaan

Tidak sedikit brand smartphone masa kini yang turut mengeluarkan produk…