in: Featured - News | August 16, 2020 | by: Irham

Evolusi Samsung DeX: Semakin Praktis di Tiap Generasi

Galaxy Note20 Series telah resmi diumumkan oleh Samsung di tanggal 5 Agustus 2020 lalu. Phablet flagship terbaru dari Samsung ini banyak mendapat apresiasi positif dari antusias gadget, lantaran banyak menghadirkan peningkatan fitur yang cukup signifikan.

Salah satunya adalah fitur Samsung DeX. Fitur Samsung DeX di Galaxy Note20 Series benar-benar memberikan experience yang berbeda dari generasi-generasi sebelumnya yang mana kini datang dengan teknologi wireless.

Evolusi Samsung DeX

Bagi anda yang masih belum familiar dengan Samsung DeX, ini adalah fitur yang tersedia di smartphone dan tablet flagship Samsung (Galaxy S Series, Galaxy Note Series dan Galaxy Tab S Series) dimana pengguna bisa merasakan pengalaman PC desktop pada layar monitor/TV menggunakan perangkat smartphone/tablet mereka.

Berikut ini, tim Jagat Review akan membahas perjalanan Samsung DeX dari generasi awal hingga generasi terbaru yang hadir di Samsung Galaxy Note20 Series. Apa saja peningkatan yang ditawarkan Samsung DeX di tiap generasi, simak rangkuman singkatnya berikut ini.

Baca Juga: Samsung Galaxy Note20 Series dan Galaxy Note10 Series, Apa Bedanya?

Samsung DeX Pertama dengan DeX Station

Samsung DeX pertama kali hadir pada perangkat Galaxy S8. Untuk menghubungkan perangkat smartphone Samsung ke perangkat TV/Monitor, pengguna membutuhkan aksesori docking yang disebut dengan DeX Station.

Samsung DeX Dock Station

Pada perangkat docking DeX Station ini menyediakan beberapa port interface seperti diantaranya yaitu Port USB-C, ethernet, output HDMI 2.0, dan dua USB 2.0. Dengan interface yang tersedia, pengguna bisa menghubungkan smartphone Samsung Galaxy S8.

Samsung DeX dengan Adapter

Pengembangan Samsung DeX berikutnya hadir di Galaxy Note9 Series. Di generasi kedua ini, Samsung menggantikan aksesori docking DeX station dengan aksesori baru yaitu DeX Adapter. Askesori DeX Adapter, diantaranya yaitu DeX Cable dan Multiport Adapter. Pengguna bisa memilih DeX Adapter sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Cukup dengan DeX Cable, pengguna dapat terhubung dengan layar monitor sambil menggunakan layar perangkat smartphone mereka sebagai touchpad dan juga keyboard. Sehingga semakin minim perangkat yang diperlukan untuk mendapatkan pengalaman PC Desktop menggunakan smartphone.

Namun jika ingin menghubungkan smartphone dengan mouse dan keyboard eksternal, pengguna bisa menggunakan Multiport adapter. Multiport adapter menyediakan beberapa port seperti diantaranya yaitu HDMI, USB 3.0, Gigabit Ethernet dan USB-C charging ports.

Samsung DeX Tanpa Docking dan Adapter

Pengembangan Samsung DeX berikutnya semakin meminimalisir penggunaan aksesori pengaya. Hadir pada perangkat Galaxy Note10 Series dan Galaxy Fold, pengguna hanya membutuhkan kabel data/charger yang tersedia pada paket penjualan, untuk menghubungkan smartphone ke layar monitor/TV.

Baca Juga: Aman dan Nyaman Genggam Galaxy Note20 Series dengan Samsung Care+

Jadi pengguna tidak lagi membutuhkan docking maupun adapter dan berbagai kabel lainnya, sehingga akan semakin meningkatkan mobilitas penggunaan Samsung DeX. Pengguna juga tetap dapat menggunakan layar smartphone sebagai touchpad dan juga keyboard.

Samsung juga menambahkan koneksi pada perangkat smartphone lewat jalur wireless. Dengan koneksi Bluetooth, pengguna bisa menghubungkan keyboard dan mouse bluetooth mereka dengan mudah.

Pada generasi ini, Samsung juga memberikan pengalaman baru bagi pengguna dimana mereka dapat menyambungkan smartphone dengan fitur Samsung DeX mereka ke perangkat PC berbasis Windows maupun Mac. Untuk menghubungkannya, pengguna perlu menginstal aplikasi Samsung DeX yang tersedia di masing-masing platform PC (Windows/Mac).

Wireless Samsung DeX: Tanpa Kabel, Wireless Penuh

Di pengembangan terbaru Samsung DeX yang datang di Galaxy Note20 Series, fitur produktivitas ini semakin seamless karena pengguna dapat terhubung ke layar smart TV dengan menggunakan wireless.

Wireless Samsung DeX memungkinkan pengguna untuk menghubungkan smartphone Galaxy Note20 Series secara langsung ke layar smart TV tanpa membutuhkan koneksi kabel HDMI maupun Type C. Selain itu untuk koneksi perangkat periferal juga tetap terhubung dengan wireless.

Wireless Samsung DeX

Cara penggunaanya mirip dengan fitur screen cast pada Android. Namun berbeda dengan screen cast yang hanya melakukan mirroring dari layar smartphone ke layar TV, Wireless Samsung DeX memungkinkan pengguna untuk menjadikan smartphone Galaxy Note20 Series mereka sebagai perangkat PC Desktop.

Yang membuat fitur ini semakin menarik, tidak seperti generasi Samsung DeX sebelumnya dimana pengguna hanya bisa mengoperasikan perangkat melalui layar TV saat fitur Samsung DeX diaktifkan, kini pengguna tetap bisa menggunakan smartphone mereka seperti biasa, disamping Wireless Samsung DeX yang sedang berjalan.

Baca Juga: Desain Galaxy Note20 Series: Makin Mewah, Ergonomi Tetap Nyaman

Jadi pengguna bisa merasakan pengalaman PC Desktop sekaligus smartphone secara bersamaan dengan perangkat Galaxy Note20 series mereka. Misalnya, pengguna bisa menampilkan presentasi di layar TV dengan fitur Wirelss Samsung DeX, sambil membalas chat di layar smartphone.

Dengan pengalaman baru Wireless Samsung DeX ini, Samsung benar-benar memberikan fitur produktivitas yang tanpa batas di Galaxy Note20 Series.

Promo Pre-Order Galaxy Note20 Series

Bagi konsumen Indonesia yang ingin memiliki Samsung Galaxy Note20 Series bisa langsung mengikuti pre-order mulai 6 Agustus hingga 19 Agustus 2020. Berikut penawaran menarik yang ditawarkan oleh Samsung selama masa pre-order tersebut:

  • Galaxy Note20 dibanderol dengan harga Rp14.499.000. Setiap pemesanan akan disertai dengan e-voucher untuk pembelian Galaxy Buds+ senilai Rp2.399.000.
  • Galaxy Note20 Ultra varian 256GB memiliki harga Rp17.999.000, sementara varian 512GB dibanderol senilai Rp19.999.000. Setiap pemesanan Galaxy Note20 Ultra akan disertai dengan  e-voucher untuk pembelian Galaxy Buds Live senilai Rp2.599.000.

Baca Juga: Produktivitas Lebih Optimal dengan Duet Maut S Pen dan Samsung Notes

Peserta pre-order juga berkesempatan untuk mendapatkan bank cashback hingga Rp1.000.000 dengan bunga cicilan 0% dan periode hingga 24 bulan bila menggunakan mitra-mitra bank Samsung di Indonesia. Sedangkan bagi yang sudah melakukan Handraiser dan melanjutkan dengan pembelian akan mendapatkan smart case cover senilai Rp699.000.

Untuk mengikuti pre-order atau mendapatkan informasi lebih lanjut dapat dilakukan dengan mengunjungi situs pre-order Samsung di www.galaxylaunchpack.com serta berbagai e-commerce yang telah bekerja sama dengan Samsung, yaitu Lazada, JD.ID, Blibli, Shopee, Tokopedia, Eraspace, Bukalapak, Akulaku, Bhinneka.com, Dinomarket, dan Globalteleshop.

: , , , , ,

COMMENTS