Fitur Unggulan Samsung DeX untuk Produktivitas Lebih Maksimal

Author
Friska
Reading time:
August 17, 2020
Wireless Samsung DeX

Samsung Galaxy Note20 Series yang resmi hadir sejak awal bulan Agustus 2020 kemarin ini telah memberikan impresi menarik dengan segudang fitur dan teknologi terkini di dalamnya, sehingga pantas menyebutkan “phablet” ini sebagai perangkat tidak sekedar untuk komunikasi saja tetapi juga untuk menunjang beragam produktivitas para penggunanya. 

Selain memiliki keragaman fitur dan teknologi terkini, Samsung masih memiliki dukungan tambahan yang bisa menjamin produktivitas dalam menggunakan Samsung Galaxy Note20 Series ini menjadi semakin maksimal, salah satunya adalah Samsung DeX yang kemarin sempat kami bahas tentang perkembangannya dari masa ke masa.

Baca juga: Evolusi Samsung DeX: Semakin Praktis di Tiap Generasi

Dari awalnya harus terhubung dengan docking station, kemudian terhubung dengan adapter khusus, Samsung DeX kini semakin mudah untuk digunakan terutama oleh para pengguna perangkat Samsung Note20 Series karena fitur ini bisa digunakan secara Wireless. Untuk membuat produktivitas pengguna lebih maksimal, berikut adalah kilas fitur unggulan dari Samsung DeX yang memungkinkan hal tersebut:

1. Kompatibel dengan Windows dan macOS

Memiliki perangkat phablet seperti Samsung Galaxy Note20 Series, bukan berarti para penggunanya akan meninggalkan peranan PC atau laptop secara total. Terkadang, ada beberapa hal yang lebih bisa dan optimal dilakukan ketika menggunakan PC, dan Samsung pun menyadari akan hal tersebut. Oleh karena itu, Samsung DeX ini bisa dihubungkan dengan laptop atau PC para pengguna, selama PC tersebut mengunduh dan menginstalasi aplikasi Samsung DeX, untuk kemudian dihubungkan dengan perangkat Samsung yang mendukung fitur tersebut. Menariknya, Samsung DeX ini memiliki dukungan untuk platform Windows atau macOS yang merupakan platform PC/laptop yang paling sering digunakan oleh masyarakat modern masa kini.

DeX Multiport Adaptor

Untuk bisa menghubungkan platform PC dengan maksimal, tergantung dari jenis PC atau laptop yang akan dipakai, membutuhkan minimal adapter Multiport, kabel HDMI untuk dipasangkan ke monitor PC, atau kabel USB Type-C untuk bisa dihubungkan ke perangkat Samsung.

2. Dilengkapi Kemampuan Nirkabel

Untuk penggunaan yang lebih mudah tanpa ribet dengan kabel, Samsung DeX memungkinkan untuk diproyeksikan tanpa memerlukan koneksi kabel. Pengguna hanya perlu menghubungkan Smart TV melalui Wi-Fi dan memproyeksikan konten pada perangkat Samsung miliknya untuk tampilan yang jauh lebih jelas dan luas di layar televisi. Hal ini mungkin dilakukan berkat dukungan nirkabel dengan fungsi “screen cast” pada perangkat Android, dan tentu saja dukungan ini dimiliki oleh perangkat Samsung Galaxy Note20 Series serta sejumlah perangkat flagship milik Samsung lainnya. Akan lebih maksimal jika Smart TV yang digunakan adalah Smart TV besutan dari Samsung keluaran tahun 2019 ke atas, di mana kompatibilitasnya tidak perlu diragukan kembali.

3. Multi Tasking di Level Selanjutnya

Ingin menonton di layar yang lebih besar, tetapi Anda juga tengah mengerjakan pekerjaan yang hanya bisa dilakukan di perangkat Samsung Galaxy Note20 Series? Samsung DeX memiliki dukungan untuk melakukan “screen cast” ke Smart TV yang telah terhubung untuk menampilkan konten tertentu sebagai layar kedua dari perangkat Samsung yang telah terhubung, sementara perangkat yang dimaksud masih bisa digunakan layaknya sebuah perangkat pintar atau smartphone biasa tanpa mengganggu jalannya konten yang tengah dipasang di Smart TV. Dengan telah terhubung dengan Samsung DeX secara nirkabel, pengguna sangat mungkin untuk menampilkan konten tertentu seperti misalnya presentasi atau tontonan video, sembari mengerjakan hal lain pada perangkat Samsung miliknya. Tak hanya itu juga, perangkat Samsung yang terhubung tersebut juga bisa difungsikan ganda sebagai ganti keyboard atau mouse ketika Smart TV tengah melakukan “screen cast” presentasi  misalnya.

Hal yang serupa juga bisa dilakukan ketika pengguna Samsung Galaxy Note20 Series ini menghubungkan perangkatnya di PC/laptop dengan Samsung DeX, di mana DeX for PC memungkinkan pengguna untuk beraktivitas di “dua layar” sekaligus dalam satu platform. Setelah menghubungkan perangkat Samsung ke platform PC dengan DeX, pengguna bisa melakukan beragam aktivitas di PC seperti biasa sembari melakukan hal-hal yang hanya bisa dilakukan di perangkat Samsung seperti menerima pesan masuk hingga menerima panggilan telepon. Pengguna bisa memilih aplikasi Samsung DeX untuk ditampilkan dalam mode full screen, atau sebagai floating windows.

4. Dukungan Aplikasi yang Sangat Luas

Untuk produktivitas yang tinggi, Samsung DeX memiliki berbagai dukungan aplikasi lain yang dapat digunakan secara lebih optimal. Mulai dari aplikasi untuk pekerjaan seperti keluarga Microsoft Office, dukungan untuk multimedia seperti Adobe, browser internet, hingga hiburan seperti YouTube atau bahkan sejumlah dukungan game yang bisa dimainkan lewat Samsung DeX. Hal ini dilakukan karena Samsung sadar bahwa sebuah perangkat seperti Samsung Galaxy Note20 Series ini dimaksimalkan tidak hanya untuk produktivitas pekerjaan saja, tetapi juga sebagai alat hiburan dan multimedia yang biasanya akan diakses oleh penggunanya ketika bersantai di sela-sela kesibukan pekerjaannya.

Pre-order untuk Samsung Galaxy Note20 Series sudah dibuka mulai 6-19 Agustus 2020, dengan penawaran menarik sebagai berikut:

  • Galaxy Note20 dibanderol dengan harga Rp14.499.000. Setiap pemesanan akan disertai dengan e-voucher untuk pembelian Galaxy Buds+ senilai Rp2.399.000.
  • Galaxy Note20 Ultra varian 256GB memiliki harga Rp17.999.000, sementara varian 512GB dibanderol senilai Rp19.999.000. Setiap pemesanan Galaxy Note20 Ultra akan disertai dengan e-voucher untuk pembelian Galaxy Buds Live senilai Rp2.599.000.

Pre-order atau informasi lebih lanjut dapat dilakukan dengan mengunjungi situs pre-order Samsung di www.galaxylaunchpack.com serta berbagai e-commerce yang telah bekerja sama dengan Samsung, yaitu Lazada, JD.ID, Blibli, Shopee, Tokopedia, Eraspace, Bukalapak, Akulaku, Bhinneka.com, Dinomarket, dan Globalteleshop.

Load Comments

Reviews

November 14, 2020 - 0

Review Infinix Note 8: Murah, Kencang, Besar dan Lengkap

Infinix belakangan ini cukup gencar meluncurkan produk terbaru mereka. Setelah…
November 11, 2020 - 0

Review Vivo Y20s: Hadir dengan Chipset Snapdragon Terbaru

Tidak lama ini, Vivo baru saja mengumumkan smartphone Vivo Y20s…
November 10, 2020 - 0

Review Realme Narzo 20 Pro: Gaming Kencang, Harga Rp 3 Jutaan

realme kembali merilis seri Narzo terbaru yaitu Narzo 20 dan…
November 5, 2020 - 0

Review Brica B-Steady XS: Gimbal HP 3-Axis Paling Ringan di Dunia

Kali ini tim Jagat Review kedatangan produk aksesori gimbal untuk…

Accessories

November 17, 2020 - 0

Review OASE QCY T7: Audio Bagus, Rp 300ribuan

Oase mungkin dikenal sebagai produk aksesoris yang dekat dengan brand…
November 5, 2020 - 0

Review Brica B-Steady XS: Gimbal HP 3-Axis Paling Ringan di Dunia

Kali ini tim Jagat Review kedatangan produk aksesori gimbal untuk…
October 12, 2020 - 0

Review Charger BASEUS 24W-120W: Pengganti Charger Asli Gadget Anda!

Jika berurusan dengan barang gadget atau elektronik, pastinya Charger merupakan…
May 12, 2020 - 0

Memilih Gimbal 1 Jutaan Terbaik untuk Smartphone: Brica BSteady PRO atau Moza Mini Mi?

Setiap kami menguji smartphone terutama untuk membuat video, menggunakan gimbal…

Wearables

November 17, 2020 - 0

Review OASE QCY T7: Audio Bagus, Rp 300ribuan

Oase mungkin dikenal sebagai produk aksesoris yang dekat dengan brand…
September 28, 2020 - 0

Review Mi Smart Band 5: Tetap Murah, Fitur Tambah

Bagi kalian yang mungkin sedang mencari produk smart band murah,…
September 24, 2020 - 0

Review Huawei Freebuds 3i: Lebih Murah, Tapi Lebih Bagus

Selain produk smartphone, Huawei juga gencar meluncurkan produk gagdet lainnya.…
September 16, 2020 - 0

Hands-On Samsung Galaxy Watch3: Premium, Kaya Fitur

Pada hari Rabu (16/9), Samsung Indonesia baru saja memperkenalkan secara…