Menjajal Fitur Single Take di Samsung Galaxy A71 Haze Crush Silver

Author
Irham
Reading time:
August 31, 2020

Galaxy A71 Silver Haze Crush adalah varian terbaru dari Galaxy A71 yang baru saja diluncurkan oleh Samsung beberapa waktu lalu, dimana varian ini hadir bersama dengan fitur baru kamera yang disematkan yaitu Single Take. Fitur ini membawa pengalaman baru untuk aktvitias fotografi dan videografi bagi pengguna.

Review Single Take Galaxy A71 5

Baca Juga: Review Galaxy Tab S7+: Tablet Android Terbaik 2020

Pengembangan teknologi memang kamera tidak sebatas hanya menawarkan kualitas gambar yang semakin baik. Inovasi untuk meningkatkan pengalaman bagi pengguna juga menjadi salah satu aspek yang tidak pernah dilupakan oleh para produsen smartphone.

Seperti pada Galaxy A71 yang kini memiliki fitur Single Take.Apa sebenarnya fitur Single Take ini? Simak ulasan singkat kami berikut ini.

Single Take, Satu Fitur Untuk Semua Momen

Single Take adalah fitur kamera yang tersedia smartphone kelas menengah dan flagship Samsung. Fitur ini pertama kali, diluncurkan pada smartphone Samsung Galaxy S20 Series. Dengan fitur single take, pengguna akan dapat menangkap momen dengan berbagai mode pengambilan foto dan juga video. Kini fitur Single Take ini juga telah hadir di kelas menengah mereka, yaitu Galaxy A51 dan Galaxy A71.

Review Single Take Galaxy A71 1

Seperti misalnya mode reverse, fast foward, boomerang dan juga B/W. Fitur ini memanfaatkan teknologi AI, untuk mengambil foto dan video-video berdurasi singkat dengan efek filter tertentu.

Efek yang ditampilkan biasanya yang sering digunakan oleh pengguna pada postingan foto dan video di sosial media. Efek Boomerang misalnya, fitur ini tersedia di instagram dan cukup populer di gunakan oleh pengguna.

Di beberapa momen yang menarik, sering kali kita ingin mendokumentasikannya melaluji foto dan juga video yang beragam. Namun sayangnya, sering kali kita kehilangan momen sebelum mengambil foto dan video yang kita inginkan. Maka fitur single take menjadi solusi dari kebutuhan tersebut.

Single Take akan merekam momen dengan durasi 20 detik, kemudian akan diproses menggunakan AI untuk memilah momen terbaik yang akan ditampilkan dengan beberapa mode seperti yang telah kita sebutkan sebelumnya. Tidak hanya menggunakan sensor utama saja, Single Take juga memanfaatkan pengambilan gambar menggunakan sensor ultra wide yang tersedia.

Cara Menggunakan Fitur Single Take di Galaxy A71

Untuk menggunakan fitur single take, tentu caranya sangatlah mudah. Sesuai namanya, fitur ini benar-benar dapat dioperasikan hanya dengan sekali pengambilan gambar.

  • Langkah pertama, buka aplikasi kamera pada smartphone. Disini tentunya kita menggunakan smartphone Galaxy A71 Haze Crush Silver yang telah memiliki fitur Single Take.
  • Geser menu kamera ke kanan, lalu masuk ke mode Single Take. Atau juga bisa dengan mengklik langsung mode Single Take pada menu kamera.
    Single Take Galaxy A71 1
  • Cari momen yang ingin diabadikan. Lalu tekan tombol perekaman single take.
  • Kamera akan merekam momen selama 20 detik. Saat merekam momen, pengguna bisa melakukan pengambilan gambar dengan berbagai pose dan angle agar foto/video yang dihasilkan bisa lebih beragam.
  • Setelah selesai, gambar akan diproses untuk mendapatkan foto dan video pilihan. Masuk ke galeri untuk menampilkan lebih detail. Momen yang diabadikan dengan fitur single take akan memiliki tanda berbentuk bulat di sudut kiri bawah.
  • Gallery
  • Buka thumbnail tersebut, disana kita bisa melihat semua hasil foto dan video yang dibuat menggunakan single take. Foto dan video yang berhasil dibuat bisa langsung dibagian ke sosial media maupun ke perangkat lain.
    Single Take Galaxy A71 4
  • Berikut hasil-hasil foto dan video menggunakan fitur Single Take
    Single Take Kamera Galaxy A71Single Take Kamera Galaxy A71

Baca Juga: Review Lengkap Samsung Galaxy Note20 Ultra: Smartphone Produktivitas Terbaik 2020!

Untuk hasil yang maskimal, pastikan saat merekam momen menggunakan single take, kita merekam momen-momen yang cukup spesial. Sehingga nantinya teknologi AI pada sistem kamera akan memilih adegan-adegan terbaik.

Single Take tidak hanya bisa digunakan untuk kamera utama, tetapi pengguna juga bisa menggunakan kamera selfie. Untuk perekaman menggunakan kamera selfie, terdapat pula fungsi otomatis yang dapat mengalihkan kamera selfie ke mode ultrawide, saat pengguna merekam momen dengan lebih dari dua orang yang ditampilkan di layar.

Single Take Kamera Selfie Galaxy A71Untuk kualitas foto dan video yang dihasilkan, tidak ada beda antara pengambilan foto dan video menggunakan mode standar dengan mode single take. Jadi fitur Single take ini memang bukan soal peningkatan kualitas hasil, akan tetapi memberikan pengalaman baru yang menyenangkan dan semakin praktis bagi pengguna.

Selain fitur single take, ada juga penambahan fitur lain pada menu kamera di Galaxy A71. Seperti diantaranya yaitu di menu Pro Mode. Pengguna bisa mengatur beberapa parameter diantarnya yaitu ISO, Shutter Speed, Saturation, Auto Focus, White Balance dan Exposure.

Single Take Galaxy A71 5

Samsung Galaxy A71 Haze Crush Silver

Galaxy A71 Silver Haze Crush adalah varian warna baru dari Galaxy A71. Bersama dengan peluncurannya, Samsung menghadirkan peningkatan pada fitur kamera  di seri Galaxy A71 ini. Samsung menjanjikan beragam fitur terbaru di kamera Galaxy A71, termasuk single take dan mode kamera pro yang lengkap, ini seperti yang ada pada seri flagship terbaru mereka yaitu Galaxy S20 series.

single take Galaxy A71 single take Galaxy A71

Meski demikian, dari segi hardware sebenarnya perangkat ini tidak membawa peningkatan berarti. Baik dari layar, SoC, baterai bahkan sensor kamera yang digunakan pun masih mirip dengan versi standarnya.

Yaitu dengan layar 6,7 inci SuperAMOLED FHD+, SoC Snapdragon 730G, RAM 8GB serta internal storeage sebesar 128GB. Perangkat ini ditenagai dengan baterai berkapasitas 4500mAh dengan pengisian cepat 25W Adaptive Fast Charging.

Baca Juga: Review Lengkap Samsung Galaxy Note20 Ultra: Smartphone Produktivitas Terbaik 2020!

Sementara untuk aspek kameranya, smartphone ini masih tetap menggunakan konfigurasi Quad Camera yang diantaranya yaitu 64MP f/1.8, ultra wide 12MP F/2.2, Macro 5MP F/2.4 dan Depth 5MP F/2.4. Sedangkan untuk kamera selfienya menggunakan sensor 32MP F/2.2.

Single Take Galaxy A71

single take Galaxy A71Galaxy A71 Silver Haze Crush tentunya juga sudah memiliki berbagai dukungan fitur lainnya seperti Face Recognition, fingerprint sensor di dalam layar, AI Gaming Booster serta juga NFC. Dukungan slot MicroSD yang tersedia memungkinkan kita untuk menyematkan penyimpanan tambahan hingga 512GB. Perangkat ini dipasarkan di Indonesia dengan harga Rp6.499.000.

Mengingat tidak ada perubahan dari segi spesifikasi, untuk kalian yang penasaran dengan performa keseluruhan dari Samsung Galaxy A71 Haze Silver Crush ini bisa kalian lihat pada Galaxy A71 yang telah pernah kami review dengan lengkap sebelumnya di link berikut ini.

Review Samsung Galaxy A71: Seri A Terbaik & Snapdragon 730G Paling Murah

Load Comments

Reviews

March 27, 2024 - 0

Review Haylou RS5: Smartwatch Murah yang Tidak Murahan!

Ini sering banget ditanyain ke kami nih. Saran smartwatch yang…
March 25, 2024 - 0

Review Xiaomi 14: Xiaomi Resmi Terbaik 2024 dengan Kamera Flagship Leica

Akhirnya Xiaomi 14, smartphone flagship dari Xiaomi untuk tahun 2024…
March 25, 2024 - 0

Review ASUS ROG Phone 8: HP Gaming Terbaik 2024 (Lagi)

Ini adalah ROG Phone 8, smartphone gaming terbaru dari ASUS…
March 21, 2024 - 0

Review Infinix Note 40: HP 2 Jutaan Terbaik 2024? KINGFINIX LAGI?

Ini adalah Infinix Note 40, salah satu smartphone dari Note…

Accessories

December 27, 2023 - 0

Review CMF Buds Pro: Rp 700 Ribuan, Suara Jernih dan Punya Tiga Mode ANC

Nothing memasarkan produk baru lewat sub-brand baru mereka yaitu CMF,…
September 12, 2023 - 0

Review Brica B Steady Pro Ultimate: Pakai Gimbal Smartphone untuk Apa?

Mungkin kamu pernah bertanya, untuk apa sebenarnya gimbal smartphone? Ketika datang…
October 14, 2022 - 0

Review Razer Kishi V2 (iPhone): Reponsif, Nyaman Digenggam

Mencari kontroler yang sesuai untuk perangkat mobile memang tidak begitu…
September 21, 2022 - 0

Review Aksesoris RAPA: Berkelas dan Bikin Smartphone Tampil Beda

Kali ini kami kedatangan produk RAPA Tech, brand lokal yang…

Wearables

March 26, 2024 - 0

Bose Ultra Open Earbuds Resmi Rilis Indonesia, Berapa Harganya?

Bose secara resmi meluncurkan Bose Ultra Open Earbuds, perangkat true…
March 22, 2024 - 0

Infinix Turut Luncurkan Dua Smartwatch Baru: Watch GT Pro dan Watch 1

Selain meluncurkan lini ponsel Note 40 Series di Indonesia, ternyata…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…
October 3, 2023 - 0

Review Samsung Galaxy Watch6 Classic: Smartwatch Fashionable Tipe Klasik, yang Terbaik!

Samsung Galaxy Watch6 Classic hadir kembali, setelah di seri Watch5…