Zenius Luncurkan ZuG, Gratis Untuk Para Guru

Author
Irham
Reading time:
November 26, 2020

Bertepatan dengan Hari Guru Nasional 2020, Zenius mengumumkan peluncuran “Zenius untuk Guru” (ZuG), sebuah Sistem Manajemen Pembelajaran gratis yang dibuat oleh guru, untuk guru. Platform ini sudah bisa digunakan oleh guru se-Indonesia secara gratis, oleh guru segala mata pelajaran, pada segala jenjang pendidikan untuk memudahkan pengelolaan aktivitas pembelajaran.

Zenius untuk Guru hadir sebagai platform co-creation untuk membantu guru melakukan pengajaran, secara spesifik dalam membagikan materi pelajaran, memilah dan menugaskan soal, serta mendapatkan analisis hasil pekerjaan siswa,” ujar Amanda P. Witdarmono, Chief of Teachers’ Initiative Zenius Education.

Baca Juga: Zenius dan Telkomsel Umumkan 96 Pemenang Beasiswa ZTST 

Zenius Untuk Guru

Pengembangan ZuG berangkat dari misi Zenius yang ingin meningkatkan kompetensi pendidikan Indonesia hingga ke tingkat global dan mewujudkan Indonesia yang lebih cerdas, cerah, dan asyik. Melalui hubungan yang terus dijalin dengan para guru, Zenius memahami tantangan yang kerap dihadapi para guru, terlebih selama masa pandemi ini.

Contoh tantangan yang dihadapi para guru antara lain adalah mencari bahan materi belajar yang menarik, membuat soal ujian yang cocok dengan tingkat kognitif dan pemahaman siswa, dan menilai hasil pekerjaan siswa. Kemudian, guru juga harus mendesain kegiatan belajar mengajar dengan menyenangkan, memotivasi, dan mudah diterima meski tanpa bisa berinteraksi langsung dengan siswa.

“Dengan sistem manajemen pembelajaran yang bisa diakses gratis, kami berharap guru-guru bisa memiliki waktu yang lebih banyak untuk melakukan hal yang mereka kuasai: meningkatkan interaksi pembelajaran yang berkualitas dengan siswa sehingga siswa memiliki keterampilan literasi dan numerasi yang tinggi.”

Sebelum peluncuran, Zenius telah membuka akses ZuG ke lebih dari 6.000 guru di Indonesia untuk mendapatkan masukan dan menyempurnakan platform ini lebih jauh.

“Saya sangat bersyukur platform co-creation untuk guru seperti ZuG hadir di masa-masa sulit ini,” kata Guru SMA Gajah Mada Bandar Lampung Ervina Septiani yang telah menggunakan ZuG sejak September 2020.

Baca Juga: Zenius Resmi Luncurkan Aplikasi Mobile, Solusi Belajar Di Mana dan Kapan Saja 

“Masukan kami diimplementasikan dengan baik. Saya bisa membuat materi dan soal sendiri dengan lebih efisien karena menggunakan materi dari Zenius sebagai basisnya. Kemudian, sistem penilaian otomatisnya benar-benar menghemat waktu. Saya bisa lebih fokus berinteraksi dengan siswa dan mendorong serta mengawasi kemajuan mereka.”

ZuG juga memungkinkan para guru untuk menciptakan kelas daring, mengelola tenggat waktu pekerjaan rumah siswa, hingga membagikan video konsep dari Zenius sebagai materi tambahan. Kelengkapan fitur ini disambut baik bukan hanya oleh guru tetapi juga berbagai Dinas Pendidikan yang mengenal ZuG lewat sejumlah lokakarya dari Bangka Belitung hingga provinsi Papua.

“Kami berkomitmen membantu para guru memecahkan beragam kendala semasa pembelajaran jarak jauh (PJJ), salah satunya dengan menjalin kolaborasi dengan berbagai pihak termasuk Zenius,” kata Kepala Dinas Pendidikan Sulawesi Selatan Professor Muhammad Jufri. “ZuG akan segera terhubung dengan fitur kelas digital di platform E-Panrita, portal belajar daring yang dikembangkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan. Kami berharap sinergi ini dapat membawa manfaat bagi banyak guru dan siswa. Kami sangat senang bisa menemukan mitra dengan misi yang sejalan, yaitu memajukan pendidikan Indonesia ke tingkat yang lebih tinggi lagi.”

Load Comments

Reviews

September 21, 2021 - 0

Review Xiaomi Pad 5: Tablet Android Terbaik di 4.9 Juta!

Selain smartphone, pasar tablet kini sudah semakin memanas dengan berbagai…
September 15, 2021 - 0

Video – Review Black Shark 4: Kencang, Minimalis

Akhirnya kami telah merampungkan pengujian review kami untuk produk smartphone…
September 14, 2021 - 0

Video – Review: Tecno Spark 7, Smartphone Harga Rp 1,3 Juta, Punya NFC

Setelah sebelumnya kami sempat melakukan review untuk produk Tecno Spark…
September 13, 2021 - 0

Video – Review Live.On: Pengalaman Menggunakan Selama 3 Bulan

Beberapa dari kalian mungkin masih ada yang asing kalau dengar…

Accessories

September 18, 2021 - 0

Video – Review: TWS Vivan Liberty T300NC

Mungkin semua tidak asing lagi bila mendengar kata Vivan. Ya,…
August 30, 2021 - 0

Review Sony WF-1000XM4: Karakter Bisa Diatur, Fitur Berlimpah

Bicara soal TWS atau True Wireless Stereo earphone, Sony sejak…
July 13, 2021 - 0

Video – Review OPPO Enco Buds: Baterai Awet, Tahan Air, Bass Kencang

Produk earphone TWS tentu sudah sangat beragam saat ini, dengan…
May 25, 2021 - 0

Review Sudio Nio: Vocal Dominan, Cocok Buat Meeting Online

Earphone TWS ini cocok untuk kebutuhan komunikasi baik saat panggilan…

Wearables

September 18, 2021 - 0

Video – Review: TWS Vivan Liberty T300NC

Mungkin semua tidak asing lagi bila mendengar kata Vivan. Ya,…
April 30, 2021 - 0

(VIDEO) Review Bose SleepBuds 2: Kualitas Tidur Jadi Lebih Baik

TWS tapi dipakainya untuk tidur? Ya, Bose Sleepbuds 2 yang…
April 5, 2021 - 0

Review OPPO Enco X: TWS Mantap dari Dynaudio dan OPPO

Oppo baru saja memperkenalkan TWS terbarunya, yang diberi nama sebagai…
April 1, 2021 - 0

Review Huawei FreeBuds 4i: Fitur Lengkap di Harga Rp 1 Jutaan

Tidak sedikit brand smartphone masa kini yang turut mengeluarkan produk…