in: Featured - Highlights - News - Reviews | May 8, 2019 | by: Irham

Review Realme 3 Pro: Flagshipnya Anak Muda!

Sempat menggebrak pasar tanah air dengan produk realme 3, realme kembali meluncurkan smartphone anyar mereka yang membawa spesifikasi dan harga yang cukup mengejutkan yaitu realme 3 Pro. Membawa peningkatan dari versi standarnya, Realme 3 Pro bahkan membawa spesifikasi dan fitur yang sama digunakan pada beberapa smartphone flagship terkini.

Realme 3 Pro dipersiapkan hadir untuk menjawab kebutuhan smartphone flagship terjangkau yang cocok untuk kantong para pengguna muda. Kami pun berkesempatan untuk menguji lebih awal produk yang satu ini, yang tentunya juga membuat kami penasaran sehebat apa kemampuan realme 3 Pro ini. Simak ulasan lengkap kami berikut ini.

Desain

Desain dari Realme 3 Pro sendiri tidak jauh berbeda dari yang sebelumnya diluncurkan yaitu Realme 3 versi standar. Dimana smartphone ini juga mengadopsi material “glastic” unibody. Ukurannya pun tidak berbeda dimana Realme 3 Pro juga memiliki ukuran layar 6,3 inci. Realme 3 Pro juga kembali hadir dengan warna gradasi dimana untuk perangkat yang kami uji yaitu berwarna Nitro Blue disamping warna lainnya yaitu Lightning Purple.

Body bagian belakang memiliki lengkungan ke bagian sisi dan menyatu dengan bingkai dan juga panel layar bagian depan. Meskipun agak licin dengan material yang digunakan, namun dengan desain ini, selain terlihat lebih simple juga membuat perangkat lebih mudah digenggam karena bagian lengkungan tersebut pas dengan posisi buku-buku jari pengguna.

Perangkat ini memiliki ukuran presisi yaitu 156.8 x 74.2 x 8.3mm, tentunya sangat mirip dengan realme 3, dan juga bobot yang sama yaitu sekitar 75g. Realme 3 Pro juga menggunakan desain notch “dew drop”. Pada bagian dew drop notch tersebut terdapat sensor kamera dan juga speaker handset dibagian atasnya.

Namun untuk durabilitas, pada versi “Pro” ini realme meningkatkan ketahanan pada panel depan dimana realme 3 Pro telah dilapisi dengan pelindung layar Gorilla Glass 5. Selain itu ditambahkan lagi dengan film anti gores yang telah terpasang sejak dari dalam kemasan box.

Dibagian belakang kembali terlihat formasi dual kamera yang terpasang vertikal di sudut kiri atas. Sedangkan sensor fingerprint berbentuk bulat kembali diletakan di bagian tengah. Posisi yang simple namun sangat ergonomi bagi pengguna saat menjangkaukan jarinya ke modul sensor pemindai.

Untuk peletakan tombol dan slot juga tak berbeda dengan produk sebelumnya. Untuk tombol navigasi, Realme menempatkannya di bagian dalam layar bagian bawah. Dengan posisi default yaitu tombol back di bagian kiri, home di bagian tengah dan recent app dengan cara menswipe ke atas di bagian kanan. Ada beberapa pilihan tombol navigasi yang juga dapat dipilih pengguna melalui menu Settings.

Sedangkan tombol fisik, di bagian kanan terdapat tombol power atau lock screen. Dibagian kiri terdapat tombol volume serta slot SIMCard. Adapun slot SIMCard yang tersedia yaitu 2 SIMCard dengan tipe nano ditambah slot MicroSD dedicated. Fitur 3 Slot ini tentunya akan sangat memudahkan pengguna yang ingin menambahkan memori tambahan tanpa harus mengorbankan salah satu slot SIMCard.

Dibagian bawah terdapat slot MicroUSB, jack microphone 3,5mm, dan juga gril speaker serta lubang microphone. Sedangkan dibagian atas, tidak ada lubang atau modul komponen apapun yang terpasang.

Logo realme dengan aksen chrome juga terpasang dibagian belakang. Untuk menambah kenyamanan dan keamanan perangkat selama berada di genggaman, realme juga telah menyediakan jelly case pada paket penjualan yang bisa digunakan langsung.

Spesifikasi

Untuk layar realme 3 Pro, realme tentunya menginginkan visual yang lebih baik bagi penggunanya. Dimana untuk realme 3 Pro, masih menggunakan panel IPS 6,3 inci namun dengan resolusi yang lebih tinggi yaitu FullHD+ (1080 x 2340 pixels) dengan rasio 19,5:9 ratio serta kepadatan piksel 409 ppi.

Sepertinya realme tak pernah main-main dengan penggunaan kata Pro pada line-up produk mereka. Masih ingat dengan seri realme 2, dimana versi standar menggunakan SoC Snapdragon 450 sedangkan versi Pro menggunakan Snapdragon 660?

Kali ini realme kembali mengejutkan kita, setelah versi standar realme 3 menggunakan Helio P60 dari MediaTek, sedangkan untuk versi Pro menggunakan SoC Snapdragon 710 dari Qualcomm. SoC yang sejauh ini baru digunakan di smartphone kelas flagship menengah. SoC ini memiliki spesifikasi Octa-core CPU 2×2.2 GHz Kryo 360 Gold & 6×1.7 GHz Kryo 360 Silver serta GPU Adreno 616. Pilihan kapasitas memori yang tersedia cukup besar yaitu mulai dari 4GB RAM dan 64 GB internal storage dan yang tertinggi yaitu 6GB RAM dan 128GB internal storage.

Tak cuma meningkatkan sisi performa, Realme juga meningkatkan kualitas kamera mereka dimana realme 3 Pro dibekali dengan sensor dual kamera yaitu sensor Sony IMX 519 16 MP F/1.7 pada sensor utama, dan 5MP F/2.4 pada sensor kamera sekunder. Selain itu di kamera depan juga dibekali dengan sensor 25 MP , dengan bukaan f/2.0.

Belum berhenti sampai disitu, dari segi manajemen daya realme 3 Pro juga terbilang jempolan. Perangkat ini ditenagai dengan baterai berkapasitas besar 4045 mAh. Untuk mengakomodir pengisian yang cepat, perangkat ini dibekali dengan adaptor pengisian daya VOOC 3.0 yang memiliki output hingga 20W.

Semua sensor tentunya sudah tersedia mulai dari ambience light, proximity, acceleration, compass dan Gyroscope. Tentunya juga ada sensor fingerprint unutk kebutuhan otentikasi. Selain itu untuk fitur keamanannya terdapat pula fitur Face Unlocked.

Sedangkan untuk konektivtas, smartphone ini tentunya telah didukung dengan jaringa 4GLTE yang telah mendukung semua provider di tanah air, tak ketinggalan Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, Bluetooth 5.0, A-GPS, dan GLONASS. Sedangkan untuk konektivitas kabel masih menggunakan micro USB. Sayangnya belum tersedia NFC untuk perangkat ini.

Perangkat ini juga berjalan menggunakan sistem operasi Android 9.0 Pie, dengan kustom UI Color OS 6.0. Color OS 6.0 hadir dengan menu App Drawer, dan tersedia beragam fitur penujang seperti Game Space, Mode Moto Ride, dan lain-lain. Menu short-cut terlihat seperti icon-icon kotak kecil yang dapat diakses dengan cara menswipe dari atas kebawah.

Pada paket penjualannya terdapat Adapter Charger VOOC 3.0,  Micro USB Cable, Warranty Card, Quick Guide, SIM Card Ejector, dan Jelly Case.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
: , , ,

COMMENTS