in: Reviews | September 22, 2020 | by: Irham

Review Redmi 9C: Pilihan Terbaik Dikelasnya Saat Ini

Xiaomi baru saja merilis Redmi 9C di awal bulan September silam. Smartphone ini diposisikan sebagai dengan harga yang berada di antara Redmi 9A dan Redmi 9. Spesifikasi yang ditawarkan diklaim adalah yang terbaik dikelas harganya saat ini. Dan Redmi 9C telah datang di meja pengujian Jagat Review.

Salah satu keunggulan yang ditawarkan yaitu triple kamera di bagian belakang, serta baterai berkapasitas 5000mAh. Redmi 9C juga  menggunakan SoC terbaru dari MediaTek yaitu Helio G35.

Lalu apa saja keunggulan lainnya yang bisa kita dapatkan di smartphone murah ini? Simak review lengkap Redmi 9C berikut ini.

Desain

Desain yang ditawarkan untuk perangkat Redmi 9C masih mirip dengan Redmi 9A. Yaitu dengan bahan polikarbonat, juga dengan tekstur bergaris di bagian belakang. Tekstur ini memberikan grip yang baik pada perangkat, serta tampilan yang juga tidak terkesan murahan.

Review Redmi 9C

Untuk unit review Redmi 9C yang kami pegang yaitu dengan warna Twilight Blue. Dua warna lainnya yang tersedia yaitu Sunrise Orange, dan juga Midnight Black. Secara presisi, perangkat ini memiliki dimens  164.9 x 77 x 9.0 mm. Sementara bobotnya yaitu sebesar 196 gram.

Baca Juga: Review redmi 9A: Desain Fresh, Baterai Tetap Jagoan

Review Redmi 9C

 

Di body bagian belakang, terdapat triple kamera yang terpasang di sudut kiri atas. Modul kamera terpasang dengan bentuk Square, lengkap dengan lampu LED flash. Lalu di bagian tengah body belakang terdapat sensor fingerprint.

Ukuran layarnya sendiri yaitu sebesar 6,53 inci dengan Dot Drop Display di bagian atas. Selain itu juga terdapat earpiece untuk panggilan suara yang berada di bagian atas. Tidak tersedia lampu  LED notifikasi pada perangkat ini.  Di sisi kanan, seperti biasa terdapat tombol power dan juga volume up/down.

Review Redmi 9C

Review Redmi 9C

Lalu di bagian kiri terdapat SIM Tray, dimana perangkat ini menggunakan triple slot. Yaitu 2 Nano SIM + Micro SD. Sementara di bagian bawah terdapat Microphone, Micro USB, serta grill Speaker. Seperti Redmi 9A, perangkat ini juga kembali menggunakan port MicroUSB, yang sayangnya ini merupakan penurunan jika dibandingkan dengan Redmi 8A yang sudah menggunakan USB Type C. Di sisi bagian atas, terdapat jack 3,5mm untuk earphone.

Review Redmi 9C

Pada paket penjualannya Redmi 9C dilengkapi dengan Charger 5V/2A, Kabel Micro USB, SIM Tray Ejector, serta Paket Dokumen.

Review Redmi 9C

Spesifikasi

Redmi 9C memiliki layar berukuran 6.53 inci dengan resolusi HD+(1600 x 720 px) dengan Color Gamut  70% NTSC. Tingkat kecerahannya mencapai 400nits, yang tentunya memiliki visibilitas cukup baik bahkan dikondisi terang/outdoor.

SoC yang digunakan yaitu Mediatek Helio G35. SoC ini masih mirip dengan Helio G25, namun dengan clockspeed yang berbeda. Helio G35 juga difabrikasi menggunakan teknologi 12nm. Adapun konfigurasi prosesornya yaitu  8x Cortex A53 2.3 GHz dan dengan  GPU  PowerVR GE8320 680 MHz.

 

Untuk unit Redmi 9C yang kami review memiliki kapasitas RAM yang tersedia yaitu LPDDR4X sebesar RAM 4 GB , serta dengan storage  eMMC 5.1 sebesar 64 GB. Varian lainnya yang tersedia yaitu dengan RAM/Storeage sebesar 3 GB/32 GB.

Kamera utama menggunakan AI Triple Camera dengan konfigurasi 13 MP Primary Camera f/2.2, 2 MP Macro Camera f/2.4, serta 2 MP Depth Sensor f/2.4. Dilengkapi juga dengan Single Tone flash untuk pengambilan gambar di kondisi gelap. Perekaman video maksimal yaitu mencapai 1080p@30.

Baca Juga: Review POCO F2 Pro: Snapdragon 865 dan 5G Aktif Termurah yang Resmi di Indonesia!

Sedangkan untuk kamera Selfie, smartphone ini menggunakan sensor 5 MP f/2.2. Tersedia dukungan fitur seperti Palm Shutter dan jug  Screen Flash untuk pengambilan gambar selfie yang lebih optimal. Sedangkan untuk perekaman videonya juga mencapai 1080p@30.

Review Redmi 9C

Redmi 9C mengunggulkan baterai berkapasitas 5000mAh sebagai salah satu daya tarik utamanya. Sayangnya untuk pengisiandayanya hanya dibekali dengan adaptor charger 10W (5V/2A), dibandingkan dengan generasi sebelumnya yaitu Redmi 8A yang menggunakan pengisian 18W.

Untuk sensor, perangkat ini memiliki Accelerometer, Proximity Sensor, Light Sensor, e-Compass. Sayangnya tidak tersedia gyro sensor untuk perangkat ini. Lalu untuk konektvitiasnya telah dibekali 4G, WiFi 2.4 GHz (802.11 b/g/n), Bluetooth 5.0. FM radio juga tersedia pada perangkat ini, namun tentunya pengguna harus menghubungkannya dengan headset sebagai antena.

Untuk NFC, Redmi 9C yang masuk ke Indonesia sayangnya belum tersedia fitur tersebut. Redmi 9C berjalan dengan sistem operasi Android 10, serta dengan antarmuka MIUI 12. Bagi kalian yang masih mencari sensor IR Blaster yang biasanya tersedia di seri Redmi, disini fitur tersebut sayangnya tidak tersedia.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
: , , ,

COMMENTS