Review Moto E3 Power: Jagoan Baterai di Kelas Entry Level

Author
Irham
Reading time:
November 1, 2016

Setelah diakuisisi oleh Lenovo, Motorola akhirnya kembali ke Indonesia dengan brand Moto dan meluncurkan produk smartphone pertamanya di tanah air yaitu Moto E3 Power. Moto juga telah memenuhi persyaratan TKDN di tanah air dengan proses perakitan perangkat yang dilakukan di Indonesia, yaitu dengan mitra pabrik  PT Tridharma Kencana yang berlokasi di Serang, Banten.

Adapun produk Moto E3 Power, sesuai namanya menngusung fitur smartphone dengan daya tahan baterai yang besar. Tidak dipungikiri kebutuhan akan baterai yang besar pada sebuah smartphone telah menjadi satu segmen konsumen yang cukup besar. Untuk itu melalui Moto E3 Power, Moto mencoba menguji peruntungannya kembali di pasar ponsel Indonesia.

Kami telah kedatangan produk Moto E3 Power untuk melakukan pengujian review. Ingin tahu ulasan lengkapnya, simak artikelnya dibawah ini.

Desain

moto-e3-power-1 moto-e3-power-2

Secara desain perangkat yang satu ini terlihat memiliki unsur khas dari produk motorola. Dimana smartphone tersebut memiliki  curve dengan sudut melengkung yang lebar. Pada bagian frame, Moto E3 Power dibentuk dengan material metal yang kokoh, serta bahan polycarbonat dan tekstur yang kasar dan seperti karet pada cover bagian belakang. Ini membuat ergonomi perangkat menjadi nyaman digenggam.

moto-e3-power-8

Meskipun dengan desain cover bagian belakang yang dapat dibuka, namun Moto E3 Power punya banyak ‘kancing’ pengait. Sehingga cover bagian belakang perangkat ini sangat rapat dan  cukup sulit untuk terlepas. Bahkan desain Moto E3 Power juga diklaim memiliki fitur Spalsh Proof yang membuatnya tahan akan air. Sehingga cukup aman digunakan meskipun terkena cipratan air seperti tumpahan air di gelas atau terkena rintik hujan. Tapi bukan  berarti Moto E3 Power bisa digunakan untuk menyelam di bawah air yah..

moto-e3-power-7 moto-e3-power-6

Tombol power terletak di sisi kanan, berada di bagian atas tombol volume. Slot MicroUSB di bagian bawah, serta lubang jack di bagian atas. Logo Moto berada dibagian belakang tepat di bawah sensor kamera utama.

moto-e3-power-4 moto-e3-power-3

Tombol navigasi berada di bagian dalam layar. Yang cukup unik juga terlihat pada penampang bagian depan, diman grill speaker terletak di bawah tombol navigasi. Speaker terlihat lebar membentang, pada bezel bagian bawah. Secara keseluruan, dari tampilan yang diberikan perangkat ini tampak terlihat simpel tanpa banyak aspek yang mencolok.

moto-e3-power-10

 

Spesifkasi

Spesifikasi dari Moto E3 Power bisa dibilang cukup untuk kebutuhan smartphone entry level. Antara lain layar 5 inci resolusi HD, SoC Mediatek MT6735P (Quad-Core 1GHz+ GPU Mali T720MP2), RAM 2GB serta Internal memori 16 GB.

cpu-z

Selain itu dilengkapi dengan kamera utama 8 MP + LED Flash serta kamera depan 5 MP. Moto E3 Power memiliki dua slot SIMCard tipe Micro, dan telah mendukung kontektivitas jaringan 4G LTE. Terdapat pula slot MicroSD standby up to 32 GB jika pengguna ingin menggunakan ekspansi memori tambahan.

moto-e3-power-5

Namun perangkat ini memiliki sensor yang terbilang minim, karena tidak tersedia sensor gyro pada perangkat. Sehingga pengguna belum bisa menggunakanya untuk memutar video 360 derajat atau pun teknologi VR.

Baterai berkapasitas 3500mAh tentunya menjadi keunggulan utama yang ditawarkan oleh Moto E3 Power. Dengan dapur pacu yang terbilang ‘minim daya’, pastinya baterai berkapasitas sebesar ini sudah lebih dari cukup mengakomodir kebutuhan smartphone seharian. Selain itu perangkat ini juga memiliki dukungan Fast Charging untuk pengisian daya. Lebih lengkapnya akan kami bahas pada pengujian baterai.

Pada paket penjualannya, Moto e3 Power dilengkapi dengan aksesoris charger, kabel USB, buku panduan, screen guard,  serta headset.

moto-e3-power-9
Load Comments

Reviews

March 27, 2024 - 0

Review Haylou RS5: Smartwatch Murah yang Tidak Murahan!

Ini sering banget ditanyain ke kami nih. Saran smartwatch yang…
March 25, 2024 - 0

Review Xiaomi 14: Xiaomi Resmi Terbaik 2024 dengan Kamera Flagship Leica

Akhirnya Xiaomi 14, smartphone flagship dari Xiaomi untuk tahun 2024…
March 25, 2024 - 0

Review ASUS ROG Phone 8: HP Gaming Terbaik 2024 (Lagi)

Ini adalah ROG Phone 8, smartphone gaming terbaru dari ASUS…
March 21, 2024 - 0

Review Infinix Note 40: HP 2 Jutaan Terbaik 2024? KINGFINIX LAGI?

Ini adalah Infinix Note 40, salah satu smartphone dari Note…

Accessories

December 27, 2023 - 0

Review CMF Buds Pro: Rp 700 Ribuan, Suara Jernih dan Punya Tiga Mode ANC

Nothing memasarkan produk baru lewat sub-brand baru mereka yaitu CMF,…
September 12, 2023 - 0

Review Brica B Steady Pro Ultimate: Pakai Gimbal Smartphone untuk Apa?

Mungkin kamu pernah bertanya, untuk apa sebenarnya gimbal smartphone? Ketika datang…
October 14, 2022 - 0

Review Razer Kishi V2 (iPhone): Reponsif, Nyaman Digenggam

Mencari kontroler yang sesuai untuk perangkat mobile memang tidak begitu…
September 21, 2022 - 0

Review Aksesoris RAPA: Berkelas dan Bikin Smartphone Tampil Beda

Kali ini kami kedatangan produk RAPA Tech, brand lokal yang…

Wearables

March 26, 2024 - 0

Bose Ultra Open Earbuds Resmi Rilis Indonesia, Berapa Harganya?

Bose secara resmi meluncurkan Bose Ultra Open Earbuds, perangkat true…
March 22, 2024 - 0

Infinix Turut Luncurkan Dua Smartwatch Baru: Watch GT Pro dan Watch 1

Selain meluncurkan lini ponsel Note 40 Series di Indonesia, ternyata…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…
October 3, 2023 - 0

Review Samsung Galaxy Watch6 Classic: Smartwatch Fashionable Tipe Klasik, yang Terbaik!

Samsung Galaxy Watch6 Classic hadir kembali, setelah di seri Watch5…