Hands-On Review Moto Mods untuk Moto Z

Reading time:
January 25, 2017

Moto Insta-Share

Moto Z - 24

Modul lain yang tersedia dan tidak kalah menarik bila dibandingkan dengan dua modul yang kami bahas sebelumnya adalah Moto Insta-Share, yang merupakan sebuah modul proyektor. Insta-Share disebut bisa menampilkan proyeksi hingga ukuran 70 inci, yang tentu saja akan menawarkan berbagai fungsi ekstra bagi pengguna smartphone ini, termasuk untuk presentasi atau untuk mendukung menikmati konten multimedia. Proyektor “mini” ini sendiri menawarkan lampu 50 ANSI Lumens, dengan baterai 1100 mAh.

Moto Z - 40
Stand khusus juga disertakan di Insta-Share untuk mengatur ketinggian proyeksi.

Berbeda dengan SoundBoost yang akan langsung mengalihkan output audio smartphone ke Moto Mods, Insta-Share perlu diaktifkan terlebih dahulu sebelum digunakan. Tersedia tombol power yang harus ditekan untuk mulai mengaktifkan modul ini. Bila modul dalam keadaan aktif, tombol ini akan menampilkan opsi konfigurasi sederhana di layar ketika ditekan. Opsi konfigurasi yang ada mencakup pengaturan keystone manual dan tingkat brightness proyeksi. Selain tombol itu, terdapat juga slider untuk mengatur fokus proyeksi.

Resolusi yang didukung oleh modul proyektor ini hanya 854 x 480 piksel saja. Namun, untuk sebuah proyektor “mini”, resolusi itu bisa dikatakan sudah memadai. Insta-Share ini juga mendukung automatic keystone correction, sehingga bisa mengatur secara otomatis tampilan proyeksi ke bentuk yang seharusnya, sesuai dengan kebutuhan. Fitur ini juga bisa dikatakan cukup responsif.

Moto Z - 41

Lenovo menyebutkan bahwa baterai 1100 mAh yang ada di dalam modul Moto Mods Insta-Share ini bisa membuatnya bertahan 1 jam ketika digunakan. Saat kami coba, modul ini bisa bertahan hingga 1 jam 5 menit, sesuai klaim Lenovo, sebelum mulai mengambil daya baterai dari Moto Z. Untungnya, port USB Type C untuk isi ulang baterai modul ini berada di tempat yang mudah diakses, sehingga tetap memungkinkan digunakan sembari diisi ulang dayanya.

Hasselblad True Zoom

Moto Z 26 1

 

Moto Mods lain yang juga sempat kami coba adalah modul kamera, Hasselblad True Zoom. Modul ini merupakan hasil dari kerja sama Lenovo dengan Hasselblad, produsen kamera medium format ternama dunia asal Swedia. True Zoom ini diharapkan bisa menghadirkan kamera dengan kualitas foto lebih baik dari yang ada di Moto Z.

Moto Z 43

Modul kamera ini menghadirkan optical zoom 10x dan xenon flash, suatu fitur yang tentu saja menjadi upgrade dari kamera Moto Z, yang “hanya” menawarkan digital zoom saja. Hasselblad True Zoom ini juga menawarkan sensor 12 MP, dengan ukuran piksel 1.55 μm. Hanya saja, ketika modul ini digunakan, kemampuan perekaman video dari Moto Z akan dibatasi hanya di 1080p @ 30 fps. Opsi 4K @ 30 fps & 1080p @ 60 fps yang disediakan oleh kamera utama Moto Z tidak bisa diakses.

Moto Z - 44

Bicara mengenai fitur lebih, tidak hanya zoom optical 10x dan xenon flash yang dihadirkan oleh Moto Mods ini, tetapi juga beberapa opsi mode tambahan untuk pemotretan. Ketika True Zoom terpasang, mode khusus “Hasselblad” muncul di aplikasi kamera dan menawarkan opsi pemotretan B&W, serta scene Sports, Night Portait, Backlight Portait, Night Landscape, serta Landscape. Terdapat opsi menyimpan hasil foto dalam bentuk JPEG dan RAW DNG. Mode yang tersedia di kamera standar Moto Z, seperti “Panorama” dan “Professional” juga masih tersedia.

Hasselblad True Zoom ini tidak dilengkapi dengan baterai terintegrasi, sehingga seluruh kebutuhan dayanya akan dipasok dari smartphone Moto Z. Demikian juga untuk storage, tidak ada storage internal untuk modul ini, sehingga seluruh foto yang dihasilkan akan disimpan di storage Moto Z. Modul ini juga bisa memanfaatkan fitur geo tagging yang tersedia dari Moto Z.

Hasil Foto Moto Z dengan Hasselblad True Zoom

Hasil Foto Moto Z tanpa Hasselblad True Zoom

Untuk review dalam bentuk video, dapat Anda saksikan di kanal Youtube kami berikut ini:

https://gadget.jagatreview.com/2017/01/review-smartphone-android-moto-z/https://gadget.jagatreview.com/2017/01/hands-on-review-moto-mods-untuk-moto-z/https://gadget.jagatreview.com/2017/01/preview-moto-z-play-baterai-luar-biasa/https://www.youtube.com/watch?v=oOBF0_K4vDg

Moto Mods hadir melengkapi ke-premium-an jajaran Moto Z (Moto Z dan Moto Z Play). Mungkin tidak semuanya menarik hati Anda, tapi inilah serunya konsep modular. Anda bisa memilih sesuai kebutuhan dan menggabungkannya dengan smartphone sehari-hari Anda.

 

 

Load Comments

Reviews

June 9, 2021 - 0

Video Long Term Review Xiaomi Mi 11: Smartphone Xiaomi Terbaik

Awal tahun 2021, Xiaomi akhirnya mengumumkan perangkat Xiaomi Mi 11…
June 5, 2021 - 0

Video Review Poco F3: Smartphone PremiumTermurah dan Kencang!

Poco F3 Sudah mulai dijual resmi di Indonesia. Berawal dari…
June 4, 2021 - 0

Video: Review Live On – Pra-bayar, Paket Kuota Besar, Ga Ribet!

Semua pengguna layanan internet dari operator selular prabayar, tentunya berharap…
May 24, 2021 - 0

Review Redmi Note 10s by Xiaomi: Murah dan “Berbeda”

Pengujian Performa Benchmark Antutu 8: 283179 Antutu 9: 332738 Geekbench…

Accessories

May 25, 2021 - 0

Review Sudio Nio: Vocal Dominan, Cocok Buat Meeting Online

Earphone TWS ini cocok untuk kebutuhan komunikasi baik saat panggilan…
May 7, 2021 - 0

Review JLab GO Air True Wireless Earbuds: Ringan dan Praktis!

Pengalaman Penggunaan Pairing & Control Untuk pairing atau pemasangan perangkat…
April 22, 2021 - 0

(VIDEO) Review Gaming Cooler, Trigger, dan Kabel Black Shark Terbaru 2021 untuk iPhone & Android

Ketika menggunakan sebuah smartphone, biasanya tidak akan lepas dari yang…
April 19, 2021 - 0

(Video) Review Kiip Wireless Charger: Semua Jadi Satu!

Wireless Charging sangat berpotensi jadi standar teknologi di masa depan,…

Wearables

April 30, 2021 - 0

(VIDEO) Review Bose SleepBuds 2: Kualitas Tidur Jadi Lebih Baik

TWS tapi dipakainya untuk tidur? Ya, Bose Sleepbuds 2 yang…
April 5, 2021 - 0

Review OPPO Enco X: TWS Mantap dari Dynaudio dan OPPO

Oppo baru saja memperkenalkan TWS terbarunya, yang diberi nama sebagai…
April 1, 2021 - 0

Review Huawei FreeBuds 4i: Fitur Lengkap di Harga Rp 1 Jutaan

Tidak sedikit brand smartphone masa kini yang turut mengeluarkan produk…
March 16, 2021 - 0

Review Realme Watch S Pro: Gaya Premium, Tambah Fitur

Pengalaman Penggunaan Sebelum menggunakan smartwatch tentunya kita terlebih dahulu harus…