Jagat Gadget Awards 2016: Best Smartphone Rp. 6-8 Juta

Author
Irham
Reading time:
January 6, 2017

Di tahun 2016 ada beberapa smartphone yang meluncur ke pasaran termasuk di kelas smartphone atas. Tidak banyak, karena nampaknya para vendor smartphone cukup kesulitan untuk berjualan smartphone dengan harga yang cukup tinggi ditanah air apalagi setelah pemerintah menetapkan peraturan baru terkait TKDN produk.

Dibawah ini kami akan membahas pilihan smartphone terbaik di rentang harga 6 juta- 8 juta rupiah yang meluncur di tanah air selama tahun 2016. Tentu saja nominal tersebut bukanlah angka yang kecil, pastinya pengguna harus mendapatkan kenyamanan dan fitur yang lebih istimewa dan sesuai dengan harga yang mereka bayar.

best-smartphone-2016

Uniknya di tahun 2016, rentang harga yang sebelumnya telah di isi oleh smartphone-smartphone kelas flagship di tahun sebelumnya, kini mengalami perubahan standar. Rentang harga 6-8 juta saat ini justru juga diisi smartphone yang terbilang menengah keatas dari yang ditawarkan oleh brand tersebut. Sementara standar kelas smartphone flagship yang ditawarkan oleh beberapa brand, telah meningkat baik spesifikasi, fitur, hingga harga.

Tentunya, smartphone di kelas harga ini akan dipenuhi dengan fitur-fitur yang mewah. Akan tetapi, Anda harus memperhatikan bahwa rentang harga ini membuatnya memiliki kelemahan dibandingkan rentang harga di atasnya. Perhatikan segelintir kelemahan “kecil” itu. jika Anda merasa bahwa kelemahan itu bisa diterima, smartphone itu akan menjadi pilihan terbaik dan Anda bisa menikmati kemewahan smartphone kelas premium.

Berikut adalah smartphone terbaik di harga Rp 6-8 juta adalah sebagai berikut.Namun perlu digaris bawahi, smartphone yang kami masukan kedalam daftar berikut ini adalah produk yang telah beredar secara resmi dan telah memenuhi semua peraturan yang berlaku.

Huawei P9

huawei-p9-gold

Huawei P9 menjadi pilihan terbaik kami  untuk smartphone di range harga 6-8 juta rupiah. Smartphone ini dipasarkan dengan harga Rp 6.999.000, dimana Huawei P9 diluncurkan di bulan Desember 2016 silam.

Dual kamera yang digarap dengan produsen kamera ternama Leica menjadi keunggulan tersendiri yang tak dimiliki oleh smartphone lain di kelasnya. Tak cuma dual kamera, smartphone ini juga punya spesifikasi dan desain yang menawan.

Adapun Huawei P9 dilengkapi dengan layar IPS Full HD berukuran 5,2 inci, dengan dapur pacu kelas atas yang tidak bisa dipandang sebelah mata yaitu SoC HiSilicon Kirin 955 (4x ARM Cortex A72 2.5GHz + 4x ARM Cortex A53 1.8GHz), RAM 3GB serta penyimpanan internal 32 GB. Untuk kebutuhan professional mulai dari multitasking hingga gaming juga sudah dapat dijalankan dengan sangat optimal.

Perangkat ini juga ditenagai dengan baterai berkapasitas 3000mAh. Daya tahannya cukup baik, berada sedikit di atas rata-rata smartphone yang pernah kami uji. P9 juga telah dilengkapi dengan fingerprint sensor, Gyroscope, Compass dan lain-lain.

Sementara dari segi desain, perangkat yang satu ini juga terlihat cantik dan orisinil. Dengan konsep unibody, sentuhan warna metallic yang digunakan membuat P9 sangat elegan dalam genggaman. Kami memberikan award ‘Gold’ untuk smartphone yang satu ini, untuk inovasi kamera terbaik serta smartphone serta dapurpacu terbaik diantara smartphone sekelasnya.

Kelebihan:

+ Kualitas Kamera Terbaik (Dual Camera With Leica) dengan fitur-fitur unik

+ SoC kelas Flagship

+ Performa multitasking lancar

+ Desain mewah dan tipis, nyaman digenggam dan dibawa

+ Konektivitas di semua frekuensi

+ Harga paling menarik

– Kamera belum bisa merekam video beresolusi 4K

Samsung Galaxy A9 Pro

Galaxy A9 Pro menjadi pilihan terbaik bagi pengguna yang senang dengan smartphone berlayar lebar. Dibekali dengan panel Super AMOLED berukuran 6 inci dengan resolusi full HD,dilapisi dengan pelindung layar Gorilla Glass 4 tentunya membuat pengguna jauh lebih nyaman saat browsing ataupun streaming video.

galaxy-a9-pro-gold

Spesifikasi utamanya menggunakan SoC yang cukup powerfull dari Qualcomm yaitu Snapdragon 652 Octa-Core (4x 1.8 GHz Cortex-A72 & 4x 2 GHz Cortex-A53 + GPU Adreno 510), didukung dengan RAM berkapasitas 4GB serta media penyimpanan internal sebesar 32 GB. Pengguna bisa menambahkan kapasitas penyimpanan dengan slot microSD up to 128GB yang terpasang secara dedicated.

Untuk fitur kamera, Galaxy A9 Pro melengkapinya dengan sensor  kamera utama beresoluisi 16 MP, f/1.9, autofocus, OIS, LED flash serta kamera depan 8 MP, f/1.9. Tentunya perangkat ini juga sudah dilengkapi dengan sensor lain seperti Fingerprint, accelerometer, gyro, proximity, compass.

Samsung Galaxy A9 Pro berjalan dengan system operasi Android Marshmallow 6.0, dan ditenagai dengan baterai berkapasitas yang sangat besar yaitu 5000mAh. Perangkat ini dipasarkan dengan kisaran harga Rp. 7.150.000. Kami juga mengganjar Samsung Galaxy A9 Pro dengan predikat ‘Gold’, dengan kelebihan utamanya sebagai smartphone dengan layar terbaik, performa optimal dan manajemen daya yang maksimal.

Kelebihan:

+ Layar Besar, Super AMOLED Full HD

+ Baterai besar  5000mAh, Fast Charging

+ Dual SIM + Dedicated Slot MicroSD

+ Kamera bagus

+ Fitur-fitur unggulan Samsung

– Bodi besar, karena penggunaan layar 6″

– Kamera belum bisa merekam video beresolusi 4K

 

LG G5 SE

lg-g5-se-silver

Meski tidak menghadirkan versi standar, LG meluncurkan G5 versi SE yang notabene adalah G5 dengan spesifikasi lebih rendah. Namun smartphone yang satu ini tetap masuk sebagai pilihan karena memiliki keunikan yang tidak dimiliki smartphone lain, dimana LG G5 SE diperkenalkan sebagai smartphone modular.

LG G5 SE memilik spesifikasi antara lain layar IPS 5,3 inci beresolusi Quad HD(1440 x 2560p) dengan pelindung layar Gorilla Glass 4, dengan dapur pacu SoC Snapdragon 652 Octa-Core (4x 1.8 GHz Cortex-A72 & 4x 1.4 GHz Cortex-A53 + GPU Adreno 510), RAM 3 GB serta penyimpanan internal 32 GB.

Perangkat ini juga dibekali dengan kamera utama dual sensor, yaitu 16 MP (f/1.8) + 8 MP (f/2.4) dan fitur laser autofocus, OIS 3-axis). Sementara kamera depan menggunakan sensor beresolusi 8 MP, f/2.0. Kualitas kamera cukup baik meski belum menyaingi apa yang ditawarkan oleh dual kamera di Huawei P9, namun fitur dual kamera dengan sensor tambahan beresolusi 8MP memungkinkan pengguna untuk mengambil gambar dengan angle yang lebih luas.

LG G5 SE juga memiliki sensor pendukung termasuk Fingerprint, accelerometer, gyro, proximity, compass. Perangkat ini berjalan dengan sistem operasi Android Marshmallow 6.0 serta ditenagai dengan baterai berkapasitas 2800 mAh dengan sistem removable yang juga telah didukung dengan pengisian cepat Quick Charge 3.0 dengan konektivitas USB Type-C.

Adapun fitur modular yang berada di bagian bawah, menyerupai ‘laci’ untuk baterai, dapat dilepas dan diganti dengan komponen modular lainnya seperti modul audio dan kamera. Selain itu dukungan sistem Audio Hi-Fi  24-bit juga menjadi kelebihan tersendiri bagi LG G5 SE. LG G5 SE dipasarkan dengan harga berkisar Rp 7.000.000. Untuk semua fitur dan performa yang ditawarkan oleh LG G5 SE, kami memberikan penghargaan ‘Silver’. 

Kelebihan:

+ Dual Kamera 16MP + 8MP (Wide Angle)

+ Kamera dapat mereka video beresolusi 4K

+ Quad HD Display (1440×2560)

+ Hi-Fi Audio

+ Quick Charge 3.0

– Daya tahan baterai tidak terlalu baik dan charger QC 3.0 tidak disediakan dalam paket penjualan

– Komponen modular tambahan cukup mahal dan dirasakan kurang bermanfaat (kecuali baterai tambahan)

 

Bila Anda mencari smartphone di rentang harga yang lain, Anda bisa melihat pilihan kami berikut ini:

Best Smartphone Rp. 1.5-2 Juta

Best Smartphone Rp. 2-3 Juta

Best Smartphone Rp. 3-4 Juta

Load Comments

Reviews

March 27, 2024 - 0

Review Haylou RS5: Smartwatch Murah yang Tidak Murahan!

Ini sering banget ditanyain ke kami nih. Saran smartwatch yang…
March 25, 2024 - 0

Review Xiaomi 14: Xiaomi Resmi Terbaik 2024 dengan Kamera Flagship Leica

Akhirnya Xiaomi 14, smartphone flagship dari Xiaomi untuk tahun 2024…
March 25, 2024 - 0

Review ASUS ROG Phone 8: HP Gaming Terbaik 2024 (Lagi)

Ini adalah ROG Phone 8, smartphone gaming terbaru dari ASUS…
March 21, 2024 - 0

Review Infinix Note 40: HP 2 Jutaan Terbaik 2024? KINGFINIX LAGI?

Ini adalah Infinix Note 40, salah satu smartphone dari Note…

Accessories

December 27, 2023 - 0

Review CMF Buds Pro: Rp 700 Ribuan, Suara Jernih dan Punya Tiga Mode ANC

Nothing memasarkan produk baru lewat sub-brand baru mereka yaitu CMF,…
September 12, 2023 - 0

Review Brica B Steady Pro Ultimate: Pakai Gimbal Smartphone untuk Apa?

Mungkin kamu pernah bertanya, untuk apa sebenarnya gimbal smartphone? Ketika datang…
October 14, 2022 - 0

Review Razer Kishi V2 (iPhone): Reponsif, Nyaman Digenggam

Mencari kontroler yang sesuai untuk perangkat mobile memang tidak begitu…
September 21, 2022 - 0

Review Aksesoris RAPA: Berkelas dan Bikin Smartphone Tampil Beda

Kali ini kami kedatangan produk RAPA Tech, brand lokal yang…

Wearables

March 26, 2024 - 0

Bose Ultra Open Earbuds Resmi Rilis Indonesia, Berapa Harganya?

Bose secara resmi meluncurkan Bose Ultra Open Earbuds, perangkat true…
March 22, 2024 - 0

Infinix Turut Luncurkan Dua Smartwatch Baru: Watch GT Pro dan Watch 1

Selain meluncurkan lini ponsel Note 40 Series di Indonesia, ternyata…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…
October 3, 2023 - 0

Review Samsung Galaxy Watch6 Classic: Smartwatch Fashionable Tipe Klasik, yang Terbaik!

Samsung Galaxy Watch6 Classic hadir kembali, setelah di seri Watch5…