Jagat Gadget Awards 2016: Best Smartphone Rp. 6-8 Juta

Author
Irham
Reading time:
January 6, 2017

Di tahun 2016 ada beberapa smartphone yang meluncur ke pasaran termasuk di kelas smartphone atas. Tidak banyak, karena nampaknya para vendor smartphone cukup kesulitan untuk berjualan smartphone dengan harga yang cukup tinggi ditanah air apalagi setelah pemerintah menetapkan peraturan baru terkait TKDN produk.

Dibawah ini kami akan membahas pilihan smartphone terbaik di rentang harga 6 juta- 8 juta rupiah yang meluncur di tanah air selama tahun 2016. Tentu saja nominal tersebut bukanlah angka yang kecil, pastinya pengguna harus mendapatkan kenyamanan dan fitur yang lebih istimewa dan sesuai dengan harga yang mereka bayar.

best-smartphone-2016

Uniknya di tahun 2016, rentang harga yang sebelumnya telah di isi oleh smartphone-smartphone kelas flagship di tahun sebelumnya, kini mengalami perubahan standar. Rentang harga 6-8 juta saat ini justru juga diisi smartphone yang terbilang menengah keatas dari yang ditawarkan oleh brand tersebut. Sementara standar kelas smartphone flagship yang ditawarkan oleh beberapa brand, telah meningkat baik spesifikasi, fitur, hingga harga.

Tentunya, smartphone di kelas harga ini akan dipenuhi dengan fitur-fitur yang mewah. Akan tetapi, Anda harus memperhatikan bahwa rentang harga ini membuatnya memiliki kelemahan dibandingkan rentang harga di atasnya. Perhatikan segelintir kelemahan “kecil” itu. jika Anda merasa bahwa kelemahan itu bisa diterima, smartphone itu akan menjadi pilihan terbaik dan Anda bisa menikmati kemewahan smartphone kelas premium.

Berikut adalah smartphone terbaik di harga Rp 6-8 juta adalah sebagai berikut.Namun perlu digaris bawahi, smartphone yang kami masukan kedalam daftar berikut ini adalah produk yang telah beredar secara resmi dan telah memenuhi semua peraturan yang berlaku.

Huawei P9

huawei-p9-gold

Huawei P9 menjadi pilihan terbaik kami  untuk smartphone di range harga 6-8 juta rupiah. Smartphone ini dipasarkan dengan harga Rp 6.999.000, dimana Huawei P9 diluncurkan di bulan Desember 2016 silam.

Dual kamera yang digarap dengan produsen kamera ternama Leica menjadi keunggulan tersendiri yang tak dimiliki oleh smartphone lain di kelasnya. Tak cuma dual kamera, smartphone ini juga punya spesifikasi dan desain yang menawan.

Adapun Huawei P9 dilengkapi dengan layar IPS Full HD berukuran 5,2 inci, dengan dapur pacu kelas atas yang tidak bisa dipandang sebelah mata yaitu SoC HiSilicon Kirin 955 (4x ARM Cortex A72 2.5GHz + 4x ARM Cortex A53 1.8GHz), RAM 3GB serta penyimpanan internal 32 GB. Untuk kebutuhan professional mulai dari multitasking hingga gaming juga sudah dapat dijalankan dengan sangat optimal.

Perangkat ini juga ditenagai dengan baterai berkapasitas 3000mAh. Daya tahannya cukup baik, berada sedikit di atas rata-rata smartphone yang pernah kami uji. P9 juga telah dilengkapi dengan fingerprint sensor, Gyroscope, Compass dan lain-lain.

Sementara dari segi desain, perangkat yang satu ini juga terlihat cantik dan orisinil. Dengan konsep unibody, sentuhan warna metallic yang digunakan membuat P9 sangat elegan dalam genggaman. Kami memberikan award ‘Gold’ untuk smartphone yang satu ini, untuk inovasi kamera terbaik serta smartphone serta dapurpacu terbaik diantara smartphone sekelasnya.

Kelebihan:

+ Kualitas Kamera Terbaik (Dual Camera With Leica) dengan fitur-fitur unik

+ SoC kelas Flagship

+ Performa multitasking lancar

+ Desain mewah dan tipis, nyaman digenggam dan dibawa

+ Konektivitas di semua frekuensi

+ Harga paling menarik

– Kamera belum bisa merekam video beresolusi 4K

Samsung Galaxy A9 Pro

Galaxy A9 Pro menjadi pilihan terbaik bagi pengguna yang senang dengan smartphone berlayar lebar. Dibekali dengan panel Super AMOLED berukuran 6 inci dengan resolusi full HD,dilapisi dengan pelindung layar Gorilla Glass 4 tentunya membuat pengguna jauh lebih nyaman saat browsing ataupun streaming video.

galaxy-a9-pro-gold

Spesifikasi utamanya menggunakan SoC yang cukup powerfull dari Qualcomm yaitu Snapdragon 652 Octa-Core (4x 1.8 GHz Cortex-A72 & 4x 2 GHz Cortex-A53 + GPU Adreno 510), didukung dengan RAM berkapasitas 4GB serta media penyimpanan internal sebesar 32 GB. Pengguna bisa menambahkan kapasitas penyimpanan dengan slot microSD up to 128GB yang terpasang secara dedicated.

Untuk fitur kamera, Galaxy A9 Pro melengkapinya dengan sensor  kamera utama beresoluisi 16 MP, f/1.9, autofocus, OIS, LED flash serta kamera depan 8 MP, f/1.9. Tentunya perangkat ini juga sudah dilengkapi dengan sensor lain seperti Fingerprint, accelerometer, gyro, proximity, compass.

Samsung Galaxy A9 Pro berjalan dengan system operasi Android Marshmallow 6.0, dan ditenagai dengan baterai berkapasitas yang sangat besar yaitu 5000mAh. Perangkat ini dipasarkan dengan kisaran harga Rp. 7.150.000. Kami juga mengganjar Samsung Galaxy A9 Pro dengan predikat ‘Gold’, dengan kelebihan utamanya sebagai smartphone dengan layar terbaik, performa optimal dan manajemen daya yang maksimal.

Kelebihan:

+ Layar Besar, Super AMOLED Full HD

+ Baterai besar  5000mAh, Fast Charging

+ Dual SIM + Dedicated Slot MicroSD

+ Kamera bagus

+ Fitur-fitur unggulan Samsung

– Bodi besar, karena penggunaan layar 6″

– Kamera belum bisa merekam video beresolusi 4K

 

LG G5 SE

lg-g5-se-silver

Meski tidak menghadirkan versi standar, LG meluncurkan G5 versi SE yang notabene adalah G5 dengan spesifikasi lebih rendah. Namun smartphone yang satu ini tetap masuk sebagai pilihan karena memiliki keunikan yang tidak dimiliki smartphone lain, dimana LG G5 SE diperkenalkan sebagai smartphone modular.

LG G5 SE memilik spesifikasi antara lain layar IPS 5,3 inci beresolusi Quad HD(1440 x 2560p) dengan pelindung layar Gorilla Glass 4, dengan dapur pacu SoC Snapdragon 652 Octa-Core (4x 1.8 GHz Cortex-A72 & 4x 1.4 GHz Cortex-A53 + GPU Adreno 510), RAM 3 GB serta penyimpanan internal 32 GB.

Perangkat ini juga dibekali dengan kamera utama dual sensor, yaitu 16 MP (f/1.8) + 8 MP (f/2.4) dan fitur laser autofocus, OIS 3-axis). Sementara kamera depan menggunakan sensor beresolusi 8 MP, f/2.0. Kualitas kamera cukup baik meski belum menyaingi apa yang ditawarkan oleh dual kamera di Huawei P9, namun fitur dual kamera dengan sensor tambahan beresolusi 8MP memungkinkan pengguna untuk mengambil gambar dengan angle yang lebih luas.

LG G5 SE juga memiliki sensor pendukung termasuk Fingerprint, accelerometer, gyro, proximity, compass. Perangkat ini berjalan dengan sistem operasi Android Marshmallow 6.0 serta ditenagai dengan baterai berkapasitas 2800 mAh dengan sistem removable yang juga telah didukung dengan pengisian cepat Quick Charge 3.0 dengan konektivitas USB Type-C.

Adapun fitur modular yang berada di bagian bawah, menyerupai ‘laci’ untuk baterai, dapat dilepas dan diganti dengan komponen modular lainnya seperti modul audio dan kamera. Selain itu dukungan sistem Audio Hi-Fi  24-bit juga menjadi kelebihan tersendiri bagi LG G5 SE. LG G5 SE dipasarkan dengan harga berkisar Rp 7.000.000. Untuk semua fitur dan performa yang ditawarkan oleh LG G5 SE, kami memberikan penghargaan ‘Silver’. 

Kelebihan:

+ Dual Kamera 16MP + 8MP (Wide Angle)

+ Kamera dapat mereka video beresolusi 4K

+ Quad HD Display (1440×2560)

+ Hi-Fi Audio

+ Quick Charge 3.0

– Daya tahan baterai tidak terlalu baik dan charger QC 3.0 tidak disediakan dalam paket penjualan

– Komponen modular tambahan cukup mahal dan dirasakan kurang bermanfaat (kecuali baterai tambahan)

 

Bila Anda mencari smartphone di rentang harga yang lain, Anda bisa melihat pilihan kami berikut ini:

Best Smartphone Rp. 1.5-2 Juta

Best Smartphone Rp. 2-3 Juta

Best Smartphone Rp. 3-4 Juta

Load Comments

Reviews

May 5, 2021 - 0

Review Infinix HOT 10s: Spesifikasi Tinggi di Harga Kurang dari Rp 2 Juta

Mencari smartphone di bawah Rp 2 juta, dengan processor cukup…
May 3, 2021 - 0

Review Oppo A74 5G: Performa Cepat, Pengalaman Tanpa Batas

Oppo resmi meluncurkan smartphone kelas menengah terbaru mereka yaitu Oppo…
April 30, 2021 - 0

(VIDEO) Review Bose SleepBuds 2: Kualitas Tidur Jadi Lebih Baik

TWS tapi dipakainya untuk tidur? Ya, Bose Sleepbuds 2 yang…
April 22, 2021 - 0

Review Poco X3 Pro: Terlalu Murah & Kencang!

Poco baru saja mengumumkan jajaran produk terbarunya, di mana salah…

Accessories

May 7, 2021 - 0

Review JLab GO Air True Wireless Earbuds: Ringan dan Praktis!

Beragam produk earphone TWS saat ini sudah membanjiri pasar, mulai…
April 22, 2021 - 0

(VIDEO) Review Gaming Cooler, Trigger, dan Kabel Black Shark Terbaru 2021 untuk iPhone & Android

Ketika menggunakan sebuah smartphone, biasanya tidak akan lepas dari yang…
April 19, 2021 - 0

(Video) Review Kiip Wireless Charger: Semua Jadi Satu!

Wireless Charging sangat berpotensi jadi standar teknologi di masa depan,…
April 1, 2021 - 0

Review Huawei FreeBuds 4i: Fitur Lengkap di Harga Rp 1 Jutaan

Tidak sedikit brand smartphone masa kini yang turut mengeluarkan produk…

Wearables

April 30, 2021 - 0

(VIDEO) Review Bose SleepBuds 2: Kualitas Tidur Jadi Lebih Baik

TWS tapi dipakainya untuk tidur? Ya, Bose Sleepbuds 2 yang…
April 5, 2021 - 0

Review OPPO Enco X: TWS Mantap dari Dynaudio dan OPPO

Oppo baru saja memperkenalkan TWS terbarunya, yang diberi nama sebagai…
April 1, 2021 - 0

Review Huawei FreeBuds 4i: Fitur Lengkap di Harga Rp 1 Jutaan

Tidak sedikit brand smartphone masa kini yang turut mengeluarkan produk…
March 16, 2021 - 0

Review Realme Watch S Pro: Gaya Premium, Tambah Fitur

realme telah meluncurkan smartwatch terbaru mereka yaitu realme Watch S…