Review Evercoss GenPro X: Smartphone Murah, Dengan Spek Yang Pas!

Author
Irham
Reading time:
April 25, 2017

Evercoss sukses mencuri perhatian dengan smartphone terbarunya, yaitu GenPro X. Smartphone yang satu ini dibanderol dengan harga promo kurang dari 1 juta rupiah, dan berhasil ludes sebanyak 5000 unit melalui situs jual beli online. GenPro X sepertinya berhasil menjadi salah satu smartphone brand lokal yang benar-benar diincar konsumen. Bekerja sama dengan Qualcomm, Evercoss menghadirkan smartphone dengan spesifikasi paling menarik di kelasnya.

1

Selain itu GenPro X juga menjadi smartphone lokal termurah yang telah mengadopsi  fitur fingerprint sensor. Namun, seperti apa sebenarnya kemampuan dari GenPro X ini? Simak ulasannya berikut ini.

Desain

Dari desain yang dihadirkan, tampak bahwa Evercoss telah mulai belajar untuk menghadirkan smartphone dengan desain yang tidak usah muluk-muluk, apalagi untuk smartphone kelas terjangkau. Cukup menjanjikan secara built quality dan nyaman secara ergonomi. Dan Evercoss telah langsung menjawab kebutuhan tersebut lewat frame berbahan metal yang sangat kokoh.9

Dapat dirasakan saat memegang smartphone ini, bobot yang berat berasal dari frame yang digunakan.  Ini mengingatkan kami pada smartphone keluaran subsidi Smartfren yaitu Andromax seri E2 dan R2. Dengan frame metal yang kokoh, tentunya perangkat ini lebih terjamin secara durabilitas.

5 3

Namun GenPro X masih mengadopsi konsep cover bagian belakang dengan material polycarbonate yang dapat dibuka, yang didalamnya terdapat dual slot SIM Card standy dan slot MicroSD. Tentu suatu kelebihan tersendiri bagi sebuah smartphone terkini, yang menyediakan dual slot SIM Card Standy. Hanya saja yang sedikit aneh, smartphone ini tidak menggunakan baterai yang removable. Padahal desain yang digunakan bukanlah dengan casing unibody.

6 12

Terdapat logo Evercoss dan juga Qualcomm dibagian belakang. Karena smartphone ini memang digarap oleh Evercoss bersama dengan pioneer chipset smartphone tersebut. Yang menarik, meskipun ini terbilang smartphone terjangkau dengan harga kisaran 1 juta, namun Evercoss GenPro X telah menyematkan fitur fingerprint, dengan sensor yang terinstall di bagian bawah kamera belakang.7

8

Sedikit kekurangan minor pada desain hanyalah bezel yang tampak besar di sekililing layar. Smartphone yang memiliki ukuran layar 5 inci ini jadi terlihat seperti smarpthone berukuran 5,2 inci. Namun pengguna tak perlu lagi repot-repot membeli pelindung layar untuk proteksi tambahan, karena perangkat ini secara langsung sudah memiliki hard glass dan anti gores untuk panel layar depan. Dan sayang lagi, visibiltas layar masih terbilang kurang baik saat berada di kondisi terang.

Tombol volume dan power terletak di sisi sebelah kanan. Sementara slot USB dibagian bawah, dan slot jack headset berada di bagian atas. terdapat tombol kapasitif menu home, back dan recent app di bagaian luar layar.

2 4

 

Spesifikasi

Spesifikasi yang dihadirkan oleh Evercoss untuk Genpro X terbilang sangat menarik jika melihat harga yang ditawarkan. Perangkat ini menggunakan layar IPS 5 inci dengan resolusi HD. Visibiltasnya sudah jauh lebih baik untuk smartphone kelas harga sejutaan, jika dibandingkan beberapa produk entry level Evercoss sebelumnya. Ditambah SoC entry level keluaran terbaru dari Qualcomm yaitu Snapdragon 212 ( Quad-Core ARM Cortex A7  1,3GHz + GPU Adreno 304), RAM 2 GB serta internal storage 16 GB.CPU-Z

Pada fitur kamera, GenPro X telah menghadirkan kamera utama 13 MP lengkap dengan lampu flash dan kamera depan 8 MP.  Tidak ada yang begitu  istimewa dengan sensor yang digunakan, untuk kualitas hasil foto bisa anda lihat di pembahasan kamera di halaman berikutnya.

Fingerprint sensor sepertinya juga menjadi satu keunggulan yang ditawarkan oleh GenPro X. Di kelas harga yang ditawarkan, sepertinya memang baru smartphone ini saja yang hadir dengan fitur fingerprint. Kemampuan fingerrint juga terbilang cukup responsive dan akurat dalam membaca sidik jari pengguna.

GenPro X juga punya sensor yang lengkap mulai dari sensor acceleration, ambience, proximity, dan Gyroscope. Sensor lengkap di kelas smartphone murah, masih jarang ditemui saat ini. Satu keunggulan lagi bagi GenPro X dengan sensor lengkapnya.

Sayang, GenProX hanya dibekali dengan baterai berkapasitas 2500mAh. Tentu kapasitas tersebut terbilang kecil, jika dibandingkan dengan kebanyakan smartphone saat ini yang telah dibwekali dengan baterai dengan kapasitas hingga 3000mAh. Padahal, sebagian konsumen lebih banyak yang mementingkan baterai dengan kapasitas lebih besar ketimbang hadirnya fitur fingerprint apalagi untuk segmen konsumen smartphone kelas entry level.  Sedikit subjektif, saya akan lebih memilih kapasitas baterai yang lebih besar ketimbang fitur fingerprint, jika memang harus mengorbankan sedikit budget.

UI

Evercoss menggunakan OS Marshallow dengan sedikit tambahan UI kustom mereka. Tidak banyak tambahan, bahkan secara tampilan UI yang digunakan masih banyak membawa tampilan asli dari versi Google. Setidaknya hanya ada dua aplikasi pre-install milik evercoss yang ditambahkan yaitu EC Nada Kita dan ECbook.

Pada paket penjualannya, Evercoss memberikan aksesoris yang cukup lengkap untuk GenProX, antara lain adaptor charger, kabel USB, buku panduan dan kartu garansi, serta headset.

10
Load Comments

Reviews

September 15, 2021 - 0

Video – Review Black Shark 4: Kencang, Minimalis

Akhirnya kami telah merampungkan pengujian review kami untuk produk smartphone…
September 14, 2021 - 0

Video – Review: Tecno Spark 7, Smartphone Harga Rp 1,3 Juta, Punya NFC

Setelah sebelumnya kami sempat melakukan review untuk produk Tecno Spark…
September 13, 2021 - 0

Video – Review Live.On: Pengalaman Menggunakan Selama 3 Bulan

Beberapa dari kalian mungkin masih ada yang asing kalau dengar…
August 27, 2021 - 0

Video – Review OPPO Reno6 Pro 5G: Flagship Murah dari OPPO

Setelah sebelumnya kami telah mereview produk OPPO Reno6 5G, kini…

Accessories

September 18, 2021 - 0

Video – Review: TWS Vivan Liberty T300NC

Mungkin semua tidak asing lagi bila mendengar kata Vivan. Ya,…
August 30, 2021 - 0

Review Sony WF-1000XM4: Karakter Bisa Diatur, Fitur Berlimpah

Bicara soal TWS atau True Wireless Stereo earphone, Sony sejak…
July 13, 2021 - 0

Video – Review OPPO Enco Buds: Baterai Awet, Tahan Air, Bass Kencang

Produk earphone TWS tentu sudah sangat beragam saat ini, dengan…
May 25, 2021 - 0

Review Sudio Nio: Vocal Dominan, Cocok Buat Meeting Online

Earphone TWS ini cocok untuk kebutuhan komunikasi baik saat panggilan…

Wearables

September 18, 2021 - 0

Video – Review: TWS Vivan Liberty T300NC

Mungkin semua tidak asing lagi bila mendengar kata Vivan. Ya,…
April 30, 2021 - 0

(VIDEO) Review Bose SleepBuds 2: Kualitas Tidur Jadi Lebih Baik

TWS tapi dipakainya untuk tidur? Ya, Bose Sleepbuds 2 yang…
April 5, 2021 - 0

Review OPPO Enco X: TWS Mantap dari Dynaudio dan OPPO

Oppo baru saja memperkenalkan TWS terbarunya, yang diberi nama sebagai…
April 1, 2021 - 0

Review Huawei FreeBuds 4i: Fitur Lengkap di Harga Rp 1 Jutaan

Tidak sedikit brand smartphone masa kini yang turut mengeluarkan produk…