Kirin 970: Siap untuk Smartphone Huawei yang Makin Pintar

Reading time:
October 17, 2017

Di IFA 2017 lalu, CEO Huawei sempat coba membahas mengenai pandangan Huawei akan penerapan artificial intelligence di smartphone. Huawei ingin smartphone mereka bisa menjadi pendukung sebuah pengalaman menggunakan intelligent device yang lebih modern. Salah satu hal yang mereka lakukan untuk bergerak ke arah tersebut adalah menghadirkan SoC Kirin 970.

Kirin 970 - 03
Johnson Ma dari Huawei Indonesia, menjelaskan latar belakang Kirin 970.

Hari ini, Huawei mengajak wakil media teknologi di Indonesia untuk mengenal lebih dalam SoC tersebut. Kirin 970 ini adalah SoC premium terbaru dari Huawei, salah satu raksasa telekomunikasi dunia asal China. Tentu saja, SoC ini akan hadir di produk smartphone kelas premium mereka untuk akhir tahun 2017 ini.

Arsitektur HiAI untuk “Mobile AI Processor”

SoC Kirin 970 ini diperkenalkan Huawei sebagai “Mobile AI Processor”, yang akan mereka gunakan pertama kali di produk smartphone mereka. Kirin 970 ini akan dibekali CPU octa-core, dengan dua buah cluster, yaitu 4x Cortex A73 dan 4x Cortex A53. GPU di SoC ini menggunakan Mali G72, dengan konfigurasi MP12. SoC ini juga hadir dengan NPU terintegrasi, DSP, Dual ISP, serta modem 4G LTE Cat 18/13.

Huawei menawarkan dukungan untuk RAM LPDDR4X dan storage UFA di SoC ini. Kapabilitas penanganan video HDR10 hingga resolusi 4K pun tersedia. Audio di SoC ini bisa menawarkan kualitas tinggi, hingga 32-bit 384K. Kirin 970 pun telah menawarkan dukungan interface modern termasuk di USB dan storage eksternal.

Kirin 970 - 01

Dukungan Kamera yang Lebih Sempurna

Kamera kembali menjadi hal yang cukup diperhatikan Huawei di SoC baru mereka ini. Kirin 970 hadir dengan kemampuan yang lebih baik dari pendahulunya dalam hal pemrosesan gambar dari kamera, oleh Dual ISO di SoC. Hal yang diperbaiki oleh Huawei dari sisi ini adalah dukungan untuk respon kamera yang lebih cepat, fokus yang lebih akurat, deteksi pergerakan yang lebih sempurna, dan pemrosesan low light yang semakin baik.

Kapabilitas Komunikasi yang Lebih Baik

Huawei menyebutkan bahwa kapabilitas komunikasi merupakan salah satu kunci di era saat ini. Oleh karena itu, Huawei juga memperhatikan bagian ini dalam SoC Kirin 970. SoC tersebut menawarkan kapabilitas komunikasi yang memadai untuk mengakomodasi fragmentasi di jaringan seluler dunia yang terjadi di era 4G ini. Mereka menawarkan dukungan untuk 4×4 MIMO, 5CC CA, dan 256 QAM yang telah diimplementasikan di berapa negara.

Selain itu, modem di Kirin 970 juga telah mendukung LTE Cat 18, membuatnya jadi salah satu SoC yang terkencang saat ini dalam kecepatan di jaringan seluler. Fitur Dual 4G pun dihadirkan untuk membuat keseragaman pengalaman di seluler di dua kartu SIM yang digunakan secara bersamaan. Kemampuan tinggi di dalam bidang komunikasi ini dipandang oleh Huawei sebagai kunci penting di era saat ini.

Beranjak ke Mobile AI

Berbagai kemampuan lebih baik dari SoC Kirin 970 ini dihadirkan Huawei dengan satu arah khusus, yaitu mendukung sisi AI dari suatu smartphone. AI di sebuah perangkat mobile, atau Mobile AI, oleh Huawei dipandang sebagai sinergi dari Cloud AI dan On-Device AI. Sinergi ini memungkinkan pemrosesan AI yang lebih efisien, di mana sebagian proses terkait AI dilakukan di perangkat, dan itu dimungkinkan karena Kirin 970 hadir dengan NPU (Neural Processing Unit) baru, yang khusus menjadi akselerator pemrosesan AI secara paralel di SoC Kirin 970 ini.

Kirin 970 - 02

NPU ini merupakan jawaban akan suatu kebutuhan pemrosesan AI di smartphone yang efisien. Menurut Huawei, NPU bisa menawarkan performa hingga 50x CPU di skenario tertentu untuk AI, dengan daya 1/50 CPU dan ukuran yang lebih ringkas di dalam SoC. Namun, NPU tidak akan bisa bekerja sendiri untuk suatu Mobile AI, tetapi bekerja sama dengan komponen lain di SoC.

Kirin 970 mengusung kemampuan untuk memanfaatkan bagian-bagian SoC untuk pemrosesan paralel untuk AI. CPU, GPU, NPU, ISP, dan DSP akan punya tugas yang khusus dalam proses terkait AI. Memang, AI akan menuntut beragam jenis proses yang masing-masing akan lebih cocok diproses oleh salah satu jenis prosesor di dalam sebuah SoC.

Nantinya, kemampuan proses AI ini akan dikombinasikan didukung juga oleh fitur unggulan lain di SoC Kirin 970. Salah satu skenario penggunaan adalah kombinasi dengan kamera untuk pengenalan objek yang lebih baik. Selain itu, dukungan dari sisi komunikasi yang lebih baik pun akan membantu, karena komunikasi ke cloud merupakan salah satu kunci Mobile AI.

Bukan Hanya di Smartphone

Huawei melihat, tawaran Mobile AI dalam Kirin 970 ini punya potensi lebih, tidak sebatas hanya di smartphone. Mereka juga akan menawarkan board dengan SoC Kirin 970 ini sebagai solusi perangkat AI berukuran ringkas. Perusahaan ini sudah coba bekerja sama dengan perusahaan lain yang berminat untuk menggunakan basis board Kirin 970 ini sebagai inti dari perangkat pintar kreasi baru.

Load Comments

Reviews

April 24, 2024 - 0

Review Xiaomi Smart Band 8 Pro: Ini Sih Smartwatch, Bukan Smartband!

Ini adalah Xiaomi Smart Band 8 Pro, smartband dari Xiaomi…
April 19, 2024 - 0

Review Huawei Band 9: Smartband Rasa Smartwatch dan Nyaman

Ini adalah Smartband terbaru dari Huawei di tahun 2024, yang…
April 9, 2024 - 0

Review Samsung Galaxy A35 5G: Tampilan Premium, Fitur di-Upgrade

Smartphone ini hadir dengan desain yang premium! Layar Super AMOLED…
April 6, 2024 - 0

Review Suunto Race untuk Olahraga dan Pengguna Awam

Saya berasa dikerjain sama Suunto nih! Jam tangan sport ini…

Accessories

April 23, 2024 - 0

Dua Speaker Bluetooth Tahan Air Xiaomi Terindikasi Akan Masuk Indonesia

Beberapa waktu lalu Xiaomi memperkenalkan dua speaker Bluetooth untuk keperluan…
December 27, 2023 - 0

Review CMF Buds Pro: Rp 700 Ribuan, Suara Jernih dan Punya Tiga Mode ANC

Nothing memasarkan produk baru lewat sub-brand baru mereka yaitu CMF,…
September 12, 2023 - 0

Review Brica B Steady Pro Ultimate: Pakai Gimbal Smartphone untuk Apa?

Mungkin kamu pernah bertanya, untuk apa sebenarnya gimbal smartphone? Ketika datang…
October 14, 2022 - 0

Review Razer Kishi V2 (iPhone): Reponsif, Nyaman Digenggam

Mencari kontroler yang sesuai untuk perangkat mobile memang tidak begitu…

Wearables

March 26, 2024 - 0

Bose Ultra Open Earbuds Resmi Rilis Indonesia, Berapa Harganya?

Bose secara resmi meluncurkan Bose Ultra Open Earbuds, perangkat true…
March 22, 2024 - 0

Infinix Turut Luncurkan Dua Smartwatch Baru: Watch GT Pro dan Watch 1

Selain meluncurkan lini ponsel Note 40 Series di Indonesia, ternyata…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…
October 3, 2023 - 0

Review Samsung Galaxy Watch6 Classic: Smartwatch Fashionable Tipe Klasik, yang Terbaik!

Samsung Galaxy Watch6 Classic hadir kembali, setelah di seri Watch5…