Review Huawei Nova 2i: Jagoan Bokeh dengan 4 Kamera

Reading time:
November 6, 2017

Selama beberapa minggu terakhir ini, Huawei beberapa kali terlihat menampilkan teaser di halaman Facebook resmi mereka untuk Indonesia terkait smartphone empat kamera. Beberapa hari lalu, Huawei resmi menyebutkan bahwa produk tersebut adalah Nova 2i dan smartphone itu akan hadir di Indonesia. Kini, hari ini, Huawei akhirnya resmi merilis smartphone tersebut di Indonesia, melalui satu acara yang digelar di Kemayoran, Jakarta.

Huawei Nova 2i 01 1

Kami cukup beruntung bisa mencoba smartphone tersebut sejak beberapa hari lalu. Hal itu membuat kami bisa melakukan pengujian terlebih dahulu untuk fitur dan kemampuan yang ditawarkan Huawei dalam produk baru yang satu ini. Penasaran? Kami akan mengulasnya dalam artikel review ini!

Desain

Sepintas, Nova 2i ini terlihat cukup mirip dengan salah satu smartphone premium besutan Huawei, yaitu Mate 10 Pro. Hal yang membuat keduanya memiliki kemiripan adalah desain modern, dengan layar 2:1 serta bezel tipis, desain yang belakangan ini makin banyak digunakan di produk baru dari berbagai merek. Kemiripan desain antara Nova 2i dengan Mate 10 Pro sendiri juga cukup wajar, mengingat di beberapa negara, Nova 2i ini disebut sebagai Mate 10 Lite.

Huawei Nova 2i 01

Nova 2i ini memiliki dimensi 156 mm x 75 mm x 7.5 mm. Lebar dari smartphone ini kurang lebih mirip dengan lebar smartphone dengan layar 5.5″ dengan rasio 16:9. Namun, tingginya tentu saja lebih dari smartphone dengan layar 5.5″ 16:9, karena rasio 2:1 yang diusungnya. Sementara untuk ketebalan, smartphone ini masih bisa dikategorikan tipis dengan ketebalan hanya 7.5 mm.

Layar 2:1, atau biasa juga disebut sebagai rasio 18:9 oleh produsen, di Nova 2i ini hadir dengan ukuran 5.9″. Layar ini memiliki bezel kiri-kanan berukuran tipis, serta bezel atas-bawah yang bisa dikategorikan cukup tipis. Bila dibandingkan dengan penampang sisi depan, layar dari smartphone ini memiliki screen-to-body ratio sekitar 77%, termasuk baik untuk smartphone di kelas harga ini.

Ukuran bezel bawah layar yang cukup tipis membuat Huawei tidak menempatkan tombol navigasi fisik dan/atau fingerprint scanner di bagian tersebut. Hal ini membuat smartphone ini hanya dibekali dengan tombol navigasi virtual di layar. Sebagai hiasan untuk sisi depan perangkat, Huawei menempatkan logo mereka di bezel sisi bawah layar ini.

Huawei Nova 2i 04

Sementara untuk bezel bagian atas layar, seperti seharusnya, Huawei menempatkan earpiece dari Nova 2i di bagian tersebut. Selain itu, di kanan earpiece, terdapat kedua kamera selfie dari smartphone ini. Ada juga proximity sensor, ambient light sensor, dan LED flash yang ditempatkan di bezel atas layar smartphone ini, tepatnya di sisi kiri earpiece.

Huawei Nova 2i 09 Huawei Nova 2i 03

Tombol power dan volume up/down ditempatkan di sisi kanan smartphone oleh Huawei. Sementara tray SIM/Micro SD bisa diakses dari sisi kiri perangkat. Tray SIM/Micro SD dari smartphone ini menggunakan desain hybrid, sehingga pengguna harus memilih apakah menggunakan dual Nano SIM atau satu Nano SIM dan satu Micro SD.

Huawei Nova 2i 10

Smartphone Nova 2i ini masih menggunakan konektor Micro USB untuk koneksi ke PC atau untuk menghubungkan perangkat USB OTG ke smartphone. Konektor tersebut ditempatkan di sisi bawah perangkat. Selain port Micro USB tersebut, di sisi bawah perangkat ini terdapat juga speaker dan konektor audio 3.5 mm.

Huawei Nova 2i 02

Beralih ke sisi belakang, Huawei menempatkan kamera utama, juga dengan konfigurasi dual-camera, di sisi ini. Jadi, secara keseluruhan, Nova 2i ini dibekali dengan empat buah kamera, dua untuk selfie dan dua lagi untuk kamera utama. Kamera utama di smartphone ini menonjol sekitar 1 mm dari permukaan sisi belakang, sehingga pengguna harus cukup berhati-hati dalam meletakkan smartphone ini agar tidak merusak kamera utama ini. Terdapat LED flash, yang ditempatkan di sisi atas modul kamera, serta fingerprint scanner, di bawah modul kamera, di sisi belakang dari smartphone ini.

Secara keseluruhan, bodi dari smartphone ini terbilang kokoh. Bisa menunjukkan kelasnya sebagai sebuah smartphone kelas menengah-atas. Walaupun begitu, desain dari smartphone ini dengan bodi metal dengan ukuran tipis cukup membuatnya terasa licin saat dipegang.

Paket Penjualan

Kami beruntung bisa mendapatkan unit Nova 2i untuk pengujian ini lengkap dengan paket penjualannya. Kemasan paket penjualan smartphone ini sendiri cukup unik, dengan desain tinggi nan ramping. Beberapa perlengkapan pendukung penggunaan pun disertakan Huawei untuk smartphone ini, seperti:

  • Adapter daya
  • Kabel USB to Micro USB
  • Headset
  • Paket dokumen pendukung
  • Ejector pin (untuk tray SIM/Micro SD)
  • Protective case
Huawei Nova 2i 07
Huawei Nova 2i 06
Protective case yang disertakan tidak menutupi tombol power dan volume up/down, membuat penekanan tombol tidak terganggu sama sekali.

Huawei tampaknya menyadari bahwa desain bodi dari smartphone ini membuatnya terasa licin saat dipegang, serta modul kamera yang menonjol dari sisi belakang smartphone mengusung potensi pengguna secara tidak sengaja merusaknya. Karena itu, Huawei memberikan protective case di paket penjualan smartphone Nova 2i ini. Protective case yang diberikan dibuat dari bahan yang tebal dan cukup kaku, tetapi desainnya tidak mengganggu pengguna dalam mengakses tombol-tombol yang ada di smartphone ini. Selain itu, Huawei juga memberikan bonus pelindung layar yang sudah terpasang ke smartphone dari pabrik.

Load Comments

Reviews

March 27, 2024 - 0

Review Haylou RS5: Smartwatch Murah yang Tidak Murahan!

Ini sering banget ditanyain ke kami nih. Saran smartwatch yang…
March 25, 2024 - 0

Review Xiaomi 14: Xiaomi Resmi Terbaik 2024 dengan Kamera Flagship Leica

Akhirnya Xiaomi 14, smartphone flagship dari Xiaomi untuk tahun 2024…
March 25, 2024 - 0

Review ASUS ROG Phone 8: HP Gaming Terbaik 2024 (Lagi)

Ini adalah ROG Phone 8, smartphone gaming terbaru dari ASUS…
March 21, 2024 - 0

Review Infinix Note 40: HP 2 Jutaan Terbaik 2024? KINGFINIX LAGI?

Ini adalah Infinix Note 40, salah satu smartphone dari Note…

Accessories

December 27, 2023 - 0

Review CMF Buds Pro: Rp 700 Ribuan, Suara Jernih dan Punya Tiga Mode ANC

Nothing memasarkan produk baru lewat sub-brand baru mereka yaitu CMF,…
September 12, 2023 - 0

Review Brica B Steady Pro Ultimate: Pakai Gimbal Smartphone untuk Apa?

Mungkin kamu pernah bertanya, untuk apa sebenarnya gimbal smartphone? Ketika datang…
October 14, 2022 - 0

Review Razer Kishi V2 (iPhone): Reponsif, Nyaman Digenggam

Mencari kontroler yang sesuai untuk perangkat mobile memang tidak begitu…
September 21, 2022 - 0

Review Aksesoris RAPA: Berkelas dan Bikin Smartphone Tampil Beda

Kali ini kami kedatangan produk RAPA Tech, brand lokal yang…

Wearables

March 26, 2024 - 0

Bose Ultra Open Earbuds Resmi Rilis Indonesia, Berapa Harganya?

Bose secara resmi meluncurkan Bose Ultra Open Earbuds, perangkat true…
March 22, 2024 - 0

Infinix Turut Luncurkan Dua Smartwatch Baru: Watch GT Pro dan Watch 1

Selain meluncurkan lini ponsel Note 40 Series di Indonesia, ternyata…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…
October 3, 2023 - 0

Review Samsung Galaxy Watch6 Classic: Smartwatch Fashionable Tipe Klasik, yang Terbaik!

Samsung Galaxy Watch6 Classic hadir kembali, setelah di seri Watch5…