Berbasis Android 11, Ini Fitur-fitur Baru di ColorOS 11

Author
Irham
Reading time:
September 15, 2020

Oppo secara resmi mengumumkan kehadiran custom OS terbaru mereka yaitu ColorOS 11. Oppo dipercaya sebagai OEM pertama yang menghadirkan Android 11 pada ColorOS 11, karena dinilai sebagai vendor yang ikut mengembangkan fitur-fitur pada update Android terbaru.

Oppo menyebutkan akan ada 28 perangkat Oppo yang akan mendapat ColorOS 11 mulai dari A series, F Series, Reno Series hingga Find X series. Selain itu akan ada 22 perangkat lainnya juga sedang dalam tahap pengembangan.

Bersama dengan update sistem Android 11 ini, ColorOS 11 membawa beragam fitur-fitur unggulan terbaru. Tak hanya fitur-fitur yang disediakan secara langsung di sistem operasi Android 11 tetapi juga fitur-fitur tambahan asli dari ColorOS 11.

Baca Juga: Android 11 Resmi Hadir, Ini Fitur-Fitur Unggulannya

Apa saja fitur-fitur tersebut, simak daftarnya berikut ini.

3 Finger Translate

ColorOS 11 terintegerasi dengan fitur Google Lens, dimana pengguna bisa menerjemahkan teks di aplikasi, web, dan gambar ke bahasa yang dipilih. Pengguna bisa melakukan tangkapan layar dengan gesture 3 jari untuk mengambil sebagian layar, dan langsung tehubung ke Google Translate. Pengguna juga bisa mengaksesnya melalui Smart Sidebar.

Dark Mode Dengan Opsi Lebih

Fitur Dark Mode telah dihadirkan Oppo sejak ColorOS 7, dan di ColorOS 11 fitur Dark Mode telah ditingkatkan lebih jauh lagi. Dark Mode di ColorOS 11 menawarkan tiga skema warna yang dapat dipilih pengguna.

Dark Mode juga mendukung pada aplikasi-aplikasi yang bahkan belum mendukung fitur Dark Mode. Di beberapa aplikasi transportasi yang cukup populer misalnya, mode gelap dapat diaktifkan secara “paksa” sehingga pengguna akan mendapatkan pengalaman lebih baik. Untuk mengaktifkan Dark Mode bisa diakses melalui Settings>Display & Brightness>Dark Mode>Dark Mode Settings.

Kustom Wallpaper dan Color Schemes

ColorOS 11 juga meningkatkan aspek personalitas bagi pengguna, seperti pada kustom Wallpaper dan Color Schemes pada tema. Pengguna bisa membuat walpaper dengan menggunakan foto yang digenerasi, untuk menghasilkan berbagai motif dan corak yang beraneka ragam. Fitur ini mirip seperti yang ada pada Oppo Watch, dimana pengguna bisa menyesuikan wallpaper dengan outifit pengguna dan sebagainya.

 

Kemudian untuk tema UI, pengguna bisa mengatur Color Schemes, dimana tersedia 10 warna dengan lima skema berbeda yang dapat dipilih. Nantinya bisa diterapkan pada kontrol ikon, sehingga lebih dapat memberikan kesan personal yang lebih bagi pengguna.

Custom Nada Dering

Di ColorOS 11, pengguna tak hanya bisa memilih nada dering, tetapi juga bisa mengkustom nada dering yang mereka inginkan. Seperti misalnya tempo nada dering, jenis mood dan lain sebagainya. Untuk mengkustomasi pengguna hanya perlu menggeser-geser pada menu yang tersedia.

Selain itu untuk bunyi notifikasi, kini pengguna juga bisa mendapatkan suara nada yang beragam dari notifikasi yang masuk. Sehingga pengguna tidak bosan dengan suara yang sama apalagi jika dalam jumlah yang banyak dan panjang.

Oppo Relax

Oppo bekerja sama dengan Music City untuk menghadirkan fitur Oppo Relax 2.0 di Color OS 11. Fitur ini menghadirkan musik ambience yang memberikan relaksasi bagi pengguna. Beragam suara yang ditawarkan direkam langsung dari berbagai kota di seluruh dunia. Jadi pengguna bisa melakukan perjalanan “suara” untuk menjelajahi dunia lewat smartphone mereka.

Baca Juga: Review ColorOS 7.2 di Oppo Reno4: Cantik Luar Dalam dan Kencang

Masih banyak lagi fitur-fitur yang ditawarkan oleh ColorOS 11 ini yang mungkin belum bisa dibahas satu persatu. Apalagi ColorOS 11 ini juga tersedia dengan penyesuaian yang berbeda di setiap model smartphone Oppo, termasuk untuk ukuran ROM yang digunakan akan beragam.

Fitur ColorOS 11

ColorOS 11 akan tersedia secara bertahap mulai 14 September 2020 untuk versi Beta. Penguna yang ingin mendaptkan beta version dari ColorOS terbaru ini, pengguna dapat menuju ke opsi pengaturan, kemudian memilih opsi pembaruan perangkat lunak, dan memilih ikon settings yang terletak di sebelah kanan atas. Kemudian, memilih opsi Android 11 x ColorOS.

Fitur ColorOS 11
Load Comments

Reviews

January 4, 2021 - 0

Review Samsung Galaxy A12: Kamera Keren, RAM dan Storage Besar

Tidak semua smartphone dirancang untuk menjadi smartphone gaming, seperti yang…
December 14, 2020 - 0

Review Smartphone Vivo Y51: Solusi Smartphone Serba Bisa!

Vivo baru saja meluncurkan salah satu produk terbarunya yang berada…
December 11, 2020 - 0

Review Mi 10T Pro: Murah, Tapi Beneran Flagship

Di pertengahan awal tahun 2020 lalu, Xiaomi telah meluncurkan smartphone…
December 2, 2020 - 0

Review realme Narzo 20: Murah, Kencang dan Irit

Kapasitas baterai yang besar pada sebuah perangkat smartphone memang akan…

Accessories

November 17, 2020 - 0

Review OASE QCY T7: Audio Bagus, Rp 300ribuan

Oase mungkin dikenal sebagai produk aksesoris yang dekat dengan brand…
November 5, 2020 - 0

Review Brica B-Steady XS: Gimbal HP 3-Axis Paling Ringan di Dunia

Kali ini tim Jagat Review kedatangan produk aksesori gimbal untuk…
October 12, 2020 - 0

Review Charger BASEUS 24W-120W: Pengganti Charger Asli Gadget Anda!

Jika berurusan dengan barang gadget atau elektronik, pastinya Charger merupakan…
May 12, 2020 - 0

Memilih Gimbal 1 Jutaan Terbaik untuk Smartphone: Brica BSteady PRO atau Moza Mini Mi?

Setiap kami menguji smartphone terutama untuk membuat video, menggunakan gimbal…

Wearables

January 5, 2021 - 0

Review Bose QuietComfort Earbuds: TWS dengan Noise Cancelling Terbaik

Bose Didirikan tahun 1964 dan sudah sangat terkenal dengan perangkat…
December 4, 2020 - 0

Review Casio G-Shock GA-900: Stylish, Tahan Banting, Baterai 7 Tahun

Jam tangan ini memang bukan smartwatch. Akan tetapi, Casio G-Shock…
November 17, 2020 - 0

Review OASE QCY T7: Audio Bagus, Rp 300ribuan

Oase mungkin dikenal sebagai produk aksesoris yang dekat dengan brand…
September 28, 2020 - 0

Review Mi Smart Band 5: Tetap Murah, Fitur Tambah

Bagi kalian yang mungkin sedang mencari produk smart band murah,…