Review Galaxy Tab A7: Belajar, Nonton, & Gaming Asik dengan Speaker Lantang

Author
Irham
Reading time:
October 20, 2020

Samsung di tahun 2020 ini lebih bisa dibilang banyak merilis produk tablet, ketimbang tahun-tahun sebelumnya. Untuk kelas flagshipnya saja datang dengan dua model yaitu Galaxy Tab S7 dan S7+. Belum lagi S6 Lite yang masih bercokol dikelas menengah, dan satu lagi produk tablet kelas entry level yang kali ini juga telah datang ke meja pengujian Jagat Review, yaitu Galaxy Tab A7.

Kali ini seri Galaxy Tab A juga datang dengan layar yang lebih besar yaitu 10,4 inci. Dengan layar yang lebih besar, beragam aktivitas yang dilakukan di layar tablet ini tentu akan lebih memuaskan. Apalagi di era new normal saat ini, yang kebanyakan aktivitas beralih ke digital seperti meeting online hingga belajar mengajar.

Galaxy Tab A7 ditujukan untuk menjawab kebutuhan tersebut, tentunya sebagai alternatif lebih terjangkau dari Galaxy Tab S7 series, namun tetap menghadirkan performa yang mumpuni dikelasnya. Simak review Galaxy Tab A7 berikut ini.

Desain dan Spesifikasi

Galaxy Tab A7 memiliki desain yang cukup ramping ketebalan hanya 7mm, hadir dengan engan bezel simetris 10,5 mm. Secara presisi ukurannya yaitu 247.6 x 157.4 x 7mm dengan berat 447 gramPerangkat ini hadir dengan pilihan warna yang stylish yaitu dark gray dengan bezel hitam dan silver dengan bezel putih.

Screenshot 1175

Material metal yang digunakan memberikan kesan lebih premium pada perangkat ini, meskipun seperti yang kita ketahui bahwa Galaxy Tab A series adalah seri tablet paling rendah yang dimiliki oleh Samsung. Perangkat ini diposisikan di bawah seri Galaxy Tab S6 Lite yang juga baru dirilis tahun ini.

Baca Juga: Review Galaxy Tab S7+: Tablet Android Terbaik 2020

Ukuran layarnya sendiri yaitu 10,4 inci beresolusi 2000×1200 pixel, dimana Tab A7 menghadirkan tampilan screen yang luas dan jernih berkat layar IPS yang digunakan. Dengan demikan pengguna dapat menikmati berbagai konten dengan lebih nyaman.

review Samsung Galaxy Tab A7

Apalagi untuk masa new normal saat ini. Galaxy Tab A7 juga sudah dioptimalkan untuk tampilan landscape, dengan penempatan kamera selfie berada di bagian tengah secara simetris. Kamera ini menggunakan sensor 5MP dengan resolusi video maksimal yaitu 1080p.

Pengguna bisa melakukan beragam aktivitas, seperti meeting online, kumpul-kumpul virtual atau untuk belajar mengajar bagi para pengajar dan pelajar yang menjalani PJJ (Pendidikan Jarak Jauh) saat ini.

Sedangkan di penampang bagian belakang, terdapat single kamera dengan sensor 8MP AF juga dengan dukungan perekaman video hingga 1080p.

com is image samsung 1

Beralih ke fungsi slot dan tombol, dalam posisi landscape perangkat ini memiliki tombol power dan volume di bagian atas, slot SIM Card di sisi bagian bawah dengan dual slot yaitu single SIM dan MicroSD support s/d 1TB. Di bagian kanan terdapat lubang jack 3,5mm, dan USB Type C, bersama dengan Quad Speaker Stereo yang terpasang masing-masing dua speaker di bagian kanan dan kiri.

Di sektor dapur pacu, tablet ini mengandalkan SoC Snapdragon 662 dari Qualcomm. Ini juga merupakan SoC yang cukup mumpuni untuk disematkan pada tablet kelas entry level seperti Galaxy Tab A7 ini. Selain itu dipasangkan dengan RAM berkapasitas 3GB dan internal storage 32GB.

Mungkin pengguna masih merasa kurang dengan kapasitas storage yang tersedia namun pengguna bisa mengekpansi media penyimpanan melalui slot MicroSD yang tersedia, yang mendukung hingga 1 TB.

Sensor yang tersedia cukup lengkap, seperti Accelerometer, Compass, Light sensor hingga Gyro. Konektivitas yang tersedia mulai dari 4G LTE, WiFi Dual Band (2,4GHz dan 5GHz) serta Bluetooth 5.0. Jadi pengguna tetap bisa melakukan panggilan telepon menggunakan tablet, meskipun earpiece speaker tidak tersedia. Pengguna bisa menggunakan earphone jika ingin melakukan panggilan telepon.

Baca Juga: Review Huawei MatePad Pro: Tablet Premium Performa Tinggi

Screenshot 1190

Kapasitas baterai yang tersedia cukup besar yaiu 7040mAh, meskipun untuk pengisian dayanya hanya tersedia charger 5V/1,5A pada paket penjualan. Pengguna hanya bisa mengisi daya dengan charger output maksimal 15W.

Perangkat ini berjalan menggunakan OS Android 10 dengan antarmuka One UI milik Samsung. Terdapat beragam fungsi dan fitur seperti Device Care, Dark Mode, Dolby Atmos,  hingga Parental Control menggunakan aplikasi Google Family Link.

Bagi kalian yang berharap adanya dukungan S Pen, sayangnya Samsung belum memberikan dukungan tersebut pada Galaxy Tab A7 2020. Karena teknologi S Pen tak hanya mengandalkan Stylus tetapi juga sensitivitas layar yang tinggi, yang mungkin baru disediakan Samsung pada perangkat-perangkat premium mereka.

Load Comments

Reviews

March 27, 2024 - 0

Review Haylou RS5: Smartwatch Murah yang Tidak Murahan!

Ini sering banget ditanyain ke kami nih. Saran smartwatch yang…
March 25, 2024 - 0

Review Xiaomi 14: Xiaomi Resmi Terbaik 2024 dengan Kamera Flagship Leica

Akhirnya Xiaomi 14, smartphone flagship dari Xiaomi untuk tahun 2024…
March 25, 2024 - 0

Review ASUS ROG Phone 8: HP Gaming Terbaik 2024 (Lagi)

Ini adalah ROG Phone 8, smartphone gaming terbaru dari ASUS…
March 21, 2024 - 0

Review Infinix Note 40: HP 2 Jutaan Terbaik 2024? KINGFINIX LAGI?

Ini adalah Infinix Note 40, salah satu smartphone dari Note…

Accessories

December 27, 2023 - 0

Review CMF Buds Pro: Rp 700 Ribuan, Suara Jernih dan Punya Tiga Mode ANC

Nothing memasarkan produk baru lewat sub-brand baru mereka yaitu CMF,…
September 12, 2023 - 0

Review Brica B Steady Pro Ultimate: Pakai Gimbal Smartphone untuk Apa?

Mungkin kamu pernah bertanya, untuk apa sebenarnya gimbal smartphone? Ketika datang…
October 14, 2022 - 0

Review Razer Kishi V2 (iPhone): Reponsif, Nyaman Digenggam

Mencari kontroler yang sesuai untuk perangkat mobile memang tidak begitu…
September 21, 2022 - 0

Review Aksesoris RAPA: Berkelas dan Bikin Smartphone Tampil Beda

Kali ini kami kedatangan produk RAPA Tech, brand lokal yang…

Wearables

March 26, 2024 - 0

Bose Ultra Open Earbuds Resmi Rilis Indonesia, Berapa Harganya?

Bose secara resmi meluncurkan Bose Ultra Open Earbuds, perangkat true…
March 22, 2024 - 0

Infinix Turut Luncurkan Dua Smartwatch Baru: Watch GT Pro dan Watch 1

Selain meluncurkan lini ponsel Note 40 Series di Indonesia, ternyata…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…
October 3, 2023 - 0

Review Samsung Galaxy Watch6 Classic: Smartwatch Fashionable Tipe Klasik, yang Terbaik!

Samsung Galaxy Watch6 Classic hadir kembali, setelah di seri Watch5…