Review Samsung Galaxy A14 LTE: Kamera Smartphone Terbaik Harga 2 Jutaan!

Author
Irham
Reading time:
March 10, 2023

Samsung Galaxy A14 LTE ini bisa menjadi kandidat kuat untuk gelar itu. Samsung memang menyebutkan kalau mereka menawarkan “kamera keren” di smartphone baru ini. Saat dilihat spesifikasi kameranya, memang terlihat berbeda.

Sistem kamera utamanya memiliki main camera dan ultra wide. Selain itu, hal yang sangat jarang dijumpai di smartphone di bawah Rp 3 juta, atau bahkan Rp 4 juta di era saat ini, adalah adanya dual mic!Review Samsung Galaxy A14 LTE

Namun, kemampuan kamera tidak hanya dapat dilihat dari spek dan jumlah kamera yang ditawarkan. Hal tersebut harus dibuktikan melalui hasil pengujian. Oleh karena itu, mari kita kupas tuntas Samsung Galaxy A14 LTE ini!

Galaxy A14 LTE, sesuai namanya, merupakan penerus Galaxy A13. Saat mencoba Galaxy A13, kami cukup terkesan dengan kemampuan kameranya. Demikian juga saat mencoba Galaxy A04s beberapa bulan lalu, kemampuan kameranya menjadi kekuatan tersendiri di kelas harganya.

Selain itu, hal-hal lain apa yang ditawarkannya? Mari kita mulai dengan melihat isi paket penjualannya terlebih dahulu.

Paket Penjualan

Untuk Galaxy A14 LTE ini, paket penjualannya disajikan dalam boks yang tipis dan ringkas. Isinya terdiri dari:

Review Samsung Galaxy A14 LTE
  • Satu unit Galaxy A14 LTE
  • Kabel USB Type C to Type C
  • SIM tray ejector
  • Paket dokumen

Namun, sayangnya tidak disertakan case dan screen protector dalam kotak tersebut. Selain itu, charger juga tidak disertakan dalam paket penjualan. Namun, penting untuk dicatat bahwa charger tersedia di luar kotak.

Charger yang disediakan adalah travel adapter charger 15 Watt. Samsung Indonesia telah melakukan bundling charger travel adapter selama periode penjualan Galaxy A14 LTE.

Review Samsung Galaxy A14 LTE

Dalam hal ini, perlu diperhatikan bahwa keputusan ini hanya berlaku di Indonesia, dan tidak dapat disamakan dengan negara lain yang mungkin tidak menyertakan charger dalam paket penjualan mereka.

Desain

Pada pandangan pertama, Samsung menerapkan gaya desain pada bodi belakang Galaxy A14 LTE yang menarik, mirip dengan flagship Samsung, Galaxy S23 Series. Hal ini terutama terlihat pada sektor kamera. Bodi belakangnya juga datar, tanpa adanya tonjolan di sekitar area kamera.

Review Samsung Galaxy A14 LTE

Samsung menggunakan tekstur garis-garis vertikal untuk memperindah bodi belakang ini, sehingga memberikan pegangan yang tidak licin pada smartphone ini. Namun, pada sisi sampingnya, tidak datar, melainkan memiliki sedikit lengkungan.

Untuk bahan yang digunakan, baik bodi belakang maupun sisi-sisinya menggunakan polikarbonat. Galaxy A14 LTE juga hadir dalam beberapa pilihan warna, selain Dark Red yang kami gunakan dalam review ini, terdapat juga varian warna Black dan Silver.

Review Samsung Galaxy A14 LTE 11

Untuk dimensinya, smartphone ini punya Tinggi 167.7 mm, Lebar 78 mm, dan Tebal: 9.1 mm.

Bobotnya, menurut informasi dari Samsung, berada dalam kisaran 201 gram. Jadi, smartphone ini tidak termasuk dalam kategori tipis dan ringan. Memiliki ketebalan yang sedikit dan bobot yang cukup berat.

Namun, ada beberapa catatan terkait bodi smartphone ini. Meskipun bodinya terasa cukup kokoh, kami beberapa kali merasakan adanya sedikit pergeseran dan suara yang muncul saat memegang smartphone ini, terutama di sebelah kiri. Kami harap ini hanya terjadi pada unit yang kami coba.

Sisi-sisi smartphone ini memiliki penempatan yang sebagai berikut:

  • Sisi Kanan: terdapat tombol power yang juga berfungsi sebagai pemindai sidik jari, serta tombol volume naik/turun.
  • Sisi Atas: terdapat mikrofon.
  • Sisi Kiri: terdapat SIM Tray Non Hybrid (2 Nano SIM + Micro SD) yang mendukung penggunaan Micro SD hingga kapasitas 1 TB.
  • Sisi Bawah: terdapat jack audio, mikrofon, port USB Type C, dan speaker.

Ya, terlihat bahwa smartphone ini memiliki dual mic, sebuah fitur yang jarang ditemui dalam kelasnya. Namun, untuk speaker, hanya terdapat satu speaker. Meskipun demikian, kualitas speaker pada smartphone ini tergolong baik untuk kelasnya. Volumenya juga mencukupi.

Review Samsung Galaxy A14 LTE

Pada sisi depan, terdapat layar dengan ukuran 6,6 inci. Layar ini menggunakan panel PLS, yang merupakan sebutan Samsung untuk panel sekelas IPS. Resolusi layar adalah FHD+ dengan refresh rate 60 Hz.

Berdasarkan pengujian kami, tingkat kecerahan layar dapat mencapai di atas 450 nit, sehingga cukup tinggi untuk penggunaan di dalam ruangan. Hasil pengujian juga menunjukkan bahwa gamut coverage dan volume layar hampir mencapai 100% sRGB. Tidak ada mode tampilan layar yang dapat dipilih dalam pengaturan.

Namun, sayangnya bezel di sekeliling layar belum dapat disebut tipis, terutama di bagian atas dan bawah layar. Pada bezel atas layar, terdapat earpiece yang berfungsi sebagai speaker untuk panggilan telepon.

Review Samsung Galaxy A14 LTE 23

Sedangkan kamera selfie ditempatkan pada sebuah notch kecil di bagian atas layar, yang biasanya disebut oleh Samsung sebagai layar “Infinity-V”. Kamera selfie memiliki resolusi 13 MP dengan aperture f/2.0 dan menggunakan Fixed Focus. Kemampuan merekam video pada kamera selfie mencapai resolusi 1080p30.

Pada sisi belakang, terdapat sistem kamera triple. Kamera utama memiliki resolusi 50 MP dengan aperture f/1.8 dan fitur Auto Focus. Selain itu, terdapat kamera Ultra Wide dengan resolusi 5 MP dan aperture f/2.2, serta kamera Macro dengan resolusi 2 MP dan aperture f/2.4.

Review Samsung Galaxy A14 LTE 26

Terdapat juga LED Flash untuk membantu pencahayaan dalam kondisi yang kurang cahaya. Perekaman video pada sistem kamera ini dapat mencapai resolusi 1080p30.

Namun, sayangnya perekaman video hanya dapat dilakukan dengan resolusi ini, baik pada kamera utama maupun kamera selfie. Fitur-fitur yang tersedia dalam sistem kamera ini meliputi Pro Mode (Photo), Panorama, Portrait, Food Mode, dan Auto HDR.

Load Comments

Reviews

April 24, 2024 - 0

Review Xiaomi Smart Band 8 Pro: Ini Sih Smartwatch, Bukan Smartband!

Ini adalah Xiaomi Smart Band 8 Pro, smartband dari Xiaomi…
April 19, 2024 - 0

Review Huawei Band 9: Smartband Rasa Smartwatch dan Nyaman

Ini adalah Smartband terbaru dari Huawei di tahun 2024, yang…
April 9, 2024 - 0

Review Samsung Galaxy A35 5G: Tampilan Premium, Fitur di-Upgrade

Smartphone ini hadir dengan desain yang premium! Layar Super AMOLED…
April 6, 2024 - 0

Review Suunto Race untuk Olahraga dan Pengguna Awam

Saya berasa dikerjain sama Suunto nih! Jam tangan sport ini…

Accessories

April 23, 2024 - 0

Dua Speaker Bluetooth Tahan Air Xiaomi Terindikasi Akan Masuk Indonesia

Beberapa waktu lalu Xiaomi memperkenalkan dua speaker Bluetooth untuk keperluan…
December 27, 2023 - 0

Review CMF Buds Pro: Rp 700 Ribuan, Suara Jernih dan Punya Tiga Mode ANC

Nothing memasarkan produk baru lewat sub-brand baru mereka yaitu CMF,…
September 12, 2023 - 0

Review Brica B Steady Pro Ultimate: Pakai Gimbal Smartphone untuk Apa?

Mungkin kamu pernah bertanya, untuk apa sebenarnya gimbal smartphone? Ketika datang…
October 14, 2022 - 0

Review Razer Kishi V2 (iPhone): Reponsif, Nyaman Digenggam

Mencari kontroler yang sesuai untuk perangkat mobile memang tidak begitu…

Wearables

March 26, 2024 - 0

Bose Ultra Open Earbuds Resmi Rilis Indonesia, Berapa Harganya?

Bose secara resmi meluncurkan Bose Ultra Open Earbuds, perangkat true…
March 22, 2024 - 0

Infinix Turut Luncurkan Dua Smartwatch Baru: Watch GT Pro dan Watch 1

Selain meluncurkan lini ponsel Note 40 Series di Indonesia, ternyata…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…
October 3, 2023 - 0

Review Samsung Galaxy Watch6 Classic: Smartwatch Fashionable Tipe Klasik, yang Terbaik!

Samsung Galaxy Watch6 Classic hadir kembali, setelah di seri Watch5…