Harga, Spesifikasi & Review “Singkat” OPPO Find N3 Flip

Author
Friska
Reading time:
October 20, 2023
OPPO Find N3 Flip

Smartphone foldable ringkas terbaru OPPO ini hadir resmi ke Indonesia!

Ya, ini adalah OPPO Find N3 Flip. Smartphone ini dirancang OPPO sebagai foldable ringkas yang dibekali kamera yang mumpuni. Hasil kerja sama OPPO dengan Hasselblad. Kamera utamanya hadir dengan konfigurasi triple camera, pertama kali di smartphone foldable ringkas, atau foldable tipe flip. Menariknya, ketiga kamera utamanya itu fungsional. Tidak ada kamera bonus di sini!

OPPO Find N3 Flip

Tapi, bukan itu saja hal menarik di smartphone ini. SoC-nya pakai Dimensity 9200. Ini menjanjikan performa yang tinggi. Layar utamanya, pakai AMOLED dengan refresh rate sampai 120 Hz. Selain itu, smartphone ini juga hadir dengan janji durabilitas tinggi dan sertifikasi IPX4, tahan percikan air!

OK, kita mulai saja pembahasan lengkap foldable baru ini!

OPPO Find N3 Flip 6

OPPO sudah menghadirkan smartphone foldable mereka ke Indonesia di pertengahan tahun 2023 ini. Saat itu, yang mereka bawa secara resmi adalah Find N2 Flip. Kami juga sudah menghadirkan review kami untuk smartphone tersebut. Sesuai namanya, Find N3 Flip ini adalah penerus dari Find N2 Flip.

Sebelum mulai membahas desain dan spesifikasi smartphone baru ini, kita lihat dulu paket penjualannya ya.

Paket Penjualan:

OPPO Find N3 Flip 5

Kemasan paket penjualan Find N3 Flip ini mirip dengan pendahulunya, dengan boks besar seperti ini.

Isi paket penjualannya:

  • unit Find N3 Flip
  • charger 67W SUPERVOOC. Jadi, ada chargernya, ada chargernya, ada loh chargernya. 
  • Kabel USB Type A to Type C
  • Case dengan warna pink
  • SIM Tray Ejector
  • Paket Dokumen

Screen protector untuk foldable screen atau inner screen juga tersedia dan tentunya sudah dipasang ke layar. Jadi, paket penjualan smartphone ini terbilang lengkap ya.

Desain

OPPO Find N3 Flip 6 OPPO Find N3 Flip 7

Untuk desain, Find N3 Flip ini masih terlihat serupa dengan Find N2 Flip. Perbedaan yang terlihat cukup mencolok hanya di desain area kamera utamanya. Selebihnya, bisa dikatakan mirip. Tapi, kalau diperhatikan, frame smartphone baru ini lebih tipis di bagian samping. Sehingga 3D Curve bodi luar jadi terlihat lebih dalam. Selain itu, untuk frame di sisi atas dan bawah smartphone, ada diamond ridge yang membuat frame jadi tidak terlihat flat.

OPPO Find N3 Flip 8 OPPO Find N3 Flip 9

Oh, iya, bodi luar smartphone ini menggunakan glass. Sementara untuk frame, ini dari aluminium. Terkait opsi warna, ada Misty Pink atau Merah Muda Kabut seperti yang kami pakai ini, serta ada juga dua warna lain ini, Cream Gold dan Sleek Black.

Dimensinya smartphone ini.

OPPO Find N3 Flip 10
  • Saat dilipat: 85.5 x 75.8 x 16.45 mm
  • Saat dibuka: 166.4 x 75.8 x 7.79 mm

Sementara untuk bobot, ada di kisaran 198 gram. Dimensi dan bobotnya hanya berbeda tipis sekali dengan Find N2 Flip. Secara umum, ini masih terbilang smartphone yang tidak berat dengan bodi yang masih cukup tipis saat dibuka.

OPPO Find N3 Flip 11

Nah, saat dilipat, apakah layar bisa menutup rapat? Di Find N2 Flip saja sudah bisa rapat ya. Tentunya di Find N3 Flip ini juga kembali bisa rapat. Untuk hinge atau engsel, OPPO memberikan jaminan untuk durabilitas tinggi, hingga 600 ribu kali buka-tutup. Hinge ini disebut Flexion Hinge. Ini juga mendapat sertifikasi TÜV Rheinland Reliable Folding.

OPPO Find N3 Flip 13 OPPO Find N3 Flip 14 OPPO Find N3 Flip 15 OPPO Find N3 Flip 16 OPPO Find N3 Flip 17

Terkait apa saja yang ada di sekeliling bodi smartphone ini, kita lihat dalam kondisi dibuka.

  • Sisi Kanan: tombol power sekaligus fingerprint scanner, tombol volume up/down
  • Sisi Atas: microphone, speaker
  • Sisi Kiri: ada Alert Slider untuk mengatur apakah smartphone ada di mode ring, vibrate only, atau silent.
  • Sisi Bawah: SIM Tray (2 Nano SIM saja), microphone, USB C, dan speaker.

Untuk speaker, terlihat ada dual speaker di sini. Volume yang dihasilkan terbilang lantang. Untuk kualitas audionya, menurut kami sudah terbilang baik, dengan karakter suara yang relatif berimbang. Ada juga dukungan untuk Dolby Atmos di sistem audio smartphone ini. Smartphone ini mengusung sertifikasi IPX4. Jadi, ini splash proof. Kalau kehujanan, relatif aman. Tapi ini bukan yang tahan kalau kecemplung ke dalam air ya.

OPPO Find N3 Flip 18

Sekarang, kita beralih ke sisi “dalam” smartphone ini, atau sisi tempat foldable screen berada.

OPPO Find N3 Flip 19
  • Layar 6.8” AMOLED with LTPO
    • Resolusinya, FullHD+ (2520 x 1080 piksel)
    • Refresh rate up to 120 Hz, adaptive. 

Sayangnya, saat kami coba, di setting Auto refresh rate layar kami tertahan di 120 Hz. Setelah beberapa lama tidak ada aktivitas di layar pun, refresh rate tidak turun. Ini seharusnya bisa dibereskan lewat software update. Semoga saja bisa segera beres ya.

  • Touch Sampling Rate sampai 240 Hz
  • Brightness: maksimal bisa sampai sekitar 500 nit untuk indoor, sementara saat disimulasikan penggunaan di luar ruangan, kami bisa mendapatkan brightness sampai sekitar 550 nit.

OPPO memang menjanjikan brightness di kisaran ini. Sementara untuk HDR, peak brightness-nya dijanjikan sampai 1600 nit.

OPPO Find N3 Flip 20
  • Color Gamut: ada mode Vivid dan Natural, serta dua mode lain yang disebut sebagai “Pro Modes”, yaitu Cinematic dan Brilliant.

Hasil pengukuran color gamut untuk keempat mode itu bisa dilihat di tabel berikut ini.

OPPO Find N3 Flip 21

Mode Natural menawarkan gamut coverage dan volume di dekat 100% sRGB. Sementara untuk mode Vivid, ini dioptimalkan untuk DCI-P3. Untuk mode Brilliant, terlihat kalau gamut “dilepas” untuk saturasi warna yang sangat tinggi. Tapi, untuk mode ini, hati-hati ya kalau edit foto dan video. Warna bisa jadi akan terlihat kurang kalau hasil editan dilihat di tempat lain.

  • Untuk HDR, ada dukungan untuk HDR10+.
  • Terkait bezel di sekeliling layar, ini masih menggunakan desain serupa dengan Find N2 Flip. Belum bisa dikatakan tipis di keempat sisi layar.

Bagaimana dengan crease atau bekas lipatan di layar ini? Nah, di sini, crease terasa hampir tidak terlihat. Ya, crease di sini memang terasa lebih datar, membuatnya lebih tersamarkan. Kalau benar-benar dicari, ya pastinya masih bisa terlihat. Tapi, saat dipakai sehari-hari cenderung tidak terlihat ya. Tidak mengganggu.

OPPO Find N3 Flip 22
  • Ada kamera selfie, di punch hole di area tengah atas layar.
    • 32 MP, f/2.4. Ekuivalen dengan lensa 21 mm. Jadi FoV-nya terbilang relatif luas, sekitar 90°.
    • Menggunakan sensor Sony IMX709 RGBW
    • Kamera ini secara standar menghasilkan foto full 32 MP.
    • Video Recording up to 4K30
  • Ada earpiece di bezel atas cover screen ini

Sekarang, kita beralih ke sisi “luar” atau sisi “belakang” smartphone ini.

OPPO Find N3 Flip 23

Ada Cover Screen. Desainnya masih sama dengan yang ada di Find N2 Flip, dengan orientasi vertikal seperti ini. OPPO merasa kalau cover screen di Find N2 Flip sudah menawarkan fungsionalitas sesuai yang diharapkan.  Jadi, untuk Find N3 Flip ini, mereka menggunakan desain yang sama. Ini berefek positif ke ruang yang tersedia di bodi belakang bagian atas yang bisa mereka manfaatkan untuk menempatkan kamera yang mumpuni di posisi yang mereka rasa pas.

OPPO Find N3 Flip 24

Cover screen ini berukuran 3.26”, dengan panel AMOLED

  • Resolusi 720 x 382 piksel. Rasio 17:9.
  • Refresh rate 60 Hz.
  • Peak brightness diklaim sampai 900 nit.

Sebagai pelindung, cover screen ini menggunakan Corning Gorilla Glass Victus. Nah, cover screen ini mendapatkan update besar dari sisi tampilan. Kini, OPPO menawarkan tampilan launcher yang lebih mendekati tampilan di layar utama. Berbeda sekali dengan di Find N2 Flip. Tampilan notifikasi dan quick setting juga dibuat mendekati tampilan di layar utama.

Ada beberapa aplikasi yang secara standar tersedia di sini, seperti Timer, Weather, Recorder, dan beberapa dari OPPO yang lain. Sementara untuk app third party, ada beberapa yang mendukung cover screen ini, seperti TikTok, WhatsApp, Line, GoJek, Grab, dan lain-lain. Beberapa app Google yang tersedia di Android seperti Gmail, Calendar, Photos, Maps, dan beberapa yang lain juga bisa digunakan, tapi harus secara manual diaktifkan dulu dari bagian “Labs”.

Ada juga Flipping Zoo, yang bisa diaktifkan dengan memilih wallpaper yang mengusung fitur tersebut dari cover screen. Ada 8 interactive pet yang bisa dipilih, yang muncul menemani kita di cover screen.

OPPO Find N3 Flip 25

Bagaimana dengan Camera? Ya, tentu saja kita bisa menggunakan app tersebut di cover screen. Jadi, kita bisa selfie pakai sistem kamera utama dari smartphone ini. Nah, untuk sistem kamera utama, ini ditempatkan di area berbentuk lingkaran yang disebut sebagai Cosmos Ring dengan pattern Starlight Track. Konfigurasinya triple camera, dengan spesifikasi:

  • 50 MP Main Camera, f/1.8, Sony IMX890, AF, OIS, FoV 84°
  • 48 MP Ultra Wide Camera, f/2.2, Sony IMX581, AF, FoV 114°
  • 32 MP Telephoto Camera, f/2.0, Sony IMX709, AF, FoV 49°

Semua mendukung perekaman video 4K30 dan 1080p60

  • Ada LED flash, ditempatkan di bawah Cosmos Ring.
  • Fitur: Night Mode, Portrait, Pro (berlaku untuk semua kamera di sistem kamera utama), Slow Mo (720p480, 1080p240), Panorama, Time Lapse, Text Scanner, Hi-Res (untuk photo), Movie (semacam mode “Pro” untuk video, sayangnya tidak ada pilihan resolusi), dan ada juga mode khusus “XPAN” yang mengemulasikan hasil kamera Hasselblad XPan, dll.
Load Comments

Reviews

June 19, 2024 - 0

Huawei MatePad 11.5”S: Tablet Layar Unik dari Huawei

Ini adalah Huawei MatePad 11.5”S, tablet baru dari Huawei yang…
June 18, 2024 - 0

Review Kiip TH90: Wireless Headphone Over-Ear Rp 300 ribuan, Suara Makin Lama Makin Bagus

Mencari headphone berkualitas dengan harga terjangkau sering kali menantang, tapi…
June 18, 2024 - 0

Review vivo X Fold3 Pro: Smartphone Foldable Terbaik 2024?

Foldable premium yang tipis dan ringan ini hadir resmi ke…
June 12, 2024 - 0

Review vivo X100 Pro: Smartphone Flagship vivo Terbaik 2024

Akhirnya Flagship vivo hadir resmi lagi di Indonesia! Ini adalah…

Accessories

June 18, 2024 - 0

Review Kiip TH90: Wireless Headphone Over-Ear Rp 300 ribuan, Suara Makin Lama Makin Bagus

Mencari headphone berkualitas dengan harga terjangkau sering kali menantang, tapi…
April 23, 2024 - 0

Dua Speaker Bluetooth Tahan Air Xiaomi Terindikasi Akan Masuk Indonesia

Beberapa waktu lalu Xiaomi memperkenalkan dua speaker Bluetooth untuk keperluan…
December 27, 2023 - 0

Review CMF Buds Pro: Rp 700 Ribuan, Suara Jernih dan Punya Tiga Mode ANC

Nothing memasarkan produk baru lewat sub-brand baru mereka yaitu CMF,…
September 12, 2023 - 0

Review Brica B Steady Pro Ultimate: Pakai Gimbal Smartphone untuk Apa?

Mungkin kamu pernah bertanya, untuk apa sebenarnya gimbal smartphone? Ketika datang…

Wearables

March 26, 2024 - 0

Bose Ultra Open Earbuds Resmi Rilis Indonesia, Berapa Harganya?

Bose secara resmi meluncurkan Bose Ultra Open Earbuds, perangkat true…
March 22, 2024 - 0

Infinix Turut Luncurkan Dua Smartwatch Baru: Watch GT Pro dan Watch 1

Selain meluncurkan lini ponsel Note 40 Series di Indonesia, ternyata…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…
October 3, 2023 - 0

Review Samsung Galaxy Watch6 Classic: Smartwatch Fashionable Tipe Klasik, yang Terbaik!

Samsung Galaxy Watch6 Classic hadir kembali, setelah di seri Watch5…