in: Featured - Highlights - News - Reviews | November 2, 2018 | by: Irham

iPhone X Vs Honor 10: Pengganti iPhone X di Harga Rp. 7 Juta, Masuk Akal?

Setelah di artikel sebelumnya, kita mencoba mencari smarpthone android yang punya kemiripan dengan iPhone X di harga Rp. 3 Jutaan, kini kami mencoba membandingkan smartphone android lainnya di harga Rp. 6-7 jutaan dengan iPhone X. Tujuannya lagi-lagi untuk mencari alternatif smartphone yang cukup mumpuni, yang menawarkan beragam fitur yang mirip dengan flagship milik Apple tersebut.

Pilihan perbandingan jatuh ke smartphone Honor 10. Smartphone ini cukup mewakili beberapa aspek yang dimiliki oleh iPhone X baik dari segi fitur dan desain. Meski tentunya tak sepenuhnya akan sebanding, kami juga akan mencari kelebihan yang dimiliki oleh masing-masing produk. Simak ulasannya berikut ini.

Ukuran Layar Sama, 5,8 inci

Baik Honor 10 maupun iPhone X sama-sama memiliki layar berukuran 5,8 inci. Berbeda dengan kebanyakan smartphone flagship yang hadir dengan layar lebih dari 6 inci, kedua smartphone ini sama-sama menghadirkan layar yang lebih kecil untuk menghadirkan ergonomi yang lebih nyaman di dalam genggaman.

Ergonomi merupakan satu hal yang cukup penting bagi pengguna. Karena dengn ukuran yang lebih kecil atau lebih besar, akan menentukan kenyamanan saat berada digenggaman. Ukuran layar 5.8 inci ini pasti akan lebih mudah digenggam apalagi pagi pengguna dengan telapak tangan yang kecil.

Untuk visibiltas yang ditawarkan masing-masing perangkat tentunya bergantung pada teknologi yang ditawarkan. iPhone X menggunakan panel AMOLED FullHD+ (1125 x 2436p), dengan kerapatan piksel 459 ppi serta tingkat kecerahan 625 nits. Sedangkan Honor 10 menggunakan layar IPS LCD FullHD+ (1080×2280), dengan kerapatan piksel 432 ppi, serta tingkat kecerahan, 500 nits. Diatas kertas, iPhone X memang lebih unggul dari Honor 10. Namun secara kasat mata, layar Honor 10 juga sudah terlihat cukup memuaskan. Dapat anda lihat pada perbandingan penampakan layar antara iPhone X dan Honor 10 berikut ini

Desain Cantik dan Premium

iPhone X selalu disebut sebagai pionir dalam menawarkan desain yang cantik dan memiliki kesan mewah. Termasuk pada perangkat iPhone X nya kali ini. Layar Notch yang dihadirkan iPhone X bahkan menjadi pelopor tren layar terkini dalam industri smartphone. Material kaca yang digunakan membuatnya terlihat elegan dan terkesan premium.

Honor 10 mencoba menghadirkan kesan mewahnya tersendiri dengan menawarkan material kaca dan varian warna yang unik. Varian warna Phantom Blue dan Phantom Green terlihat memukau dengan gradasi warna yang sangat variatif. Sementera Phantom Black jadi pilihan yang simple untuk pengguna yang ingin tampil simpel.

Secara tampilan iPhone X dan Honor 10 sama-sama terlihat menarik. Namun dari segi built-quality, iPhone X tentu saja masih terasa lebih premium dan kokoh dalam genggaman. Apalagi perangkat ini juga sudah memiliki sertifikasi IP68 yang membuatnya tahan air dan juga debu.

Kamera Utama Dual Sensor

iPhone X hadir dengan kamera utama dual sensor. Sensor utama 12 MP, f/1.8F dan sensor sekunder 12 MP, f/2.4, yang didukung dengan fitur OIS, PDAF dan 2x optical zoom. Tak mau ketinggalan, Honor 10 juga hadir dengan dual sensor kamera. Tak tanggung-tanggung, Honor 10 hadir dengan dual sensor dimana sensor utama yaitu 16 MP, f/1.8, dan sensor sekunder 24 MP B/W, f/1.8, PDAF.

Tapi hanya melihat angka spesifikasi saja belum bisa membuktikan kemampuan kamera antara keduanya. Untuk itu kami akan menampilkan hasil jepertan gambar secara langsung dari kedua perangkat tersebut. Kami menguji kedua perangkat dengan beberapa kondisi pengambilan gambar, seperti yang kami tampilkan berikut ini.

Mode Normal

Terlihat saat mengabadikan gambar, foto yang diambil menggunakan iPhone X terlihat sedikit lebih gelap dibandingkan foto yang diambil menggunakan Honor 10. Kami tidak mengasumsikan foto di iPhone X kurang optimal saat mengabadikan foto di kondisi cahaya yang redup, karena di kondisi yang lebih terang pun hasil foto juga tetap lebih gelap. Sepertinya memang sudah menjadi ciri khas bahwa hasil foto di iPhone X memang dibuat agak redup namun terlihat lebih natural. Sedangkan pada Honor 10 gambar terlihat lebih terang. Apalagi saat AI diaktifkan, tone dan pencahyaan akan lebih disesuaikan sehingga foto tampak lebih terang dan warna juga lebih hidup.

Foto menggunakan iPhone X

Foto menggunakan Honor 10

Mode Potrait/Bokeh

Baik iPhone X maupun Honor 10 dilengkapi dengan dual sensor kamera, yang memungkinkan untuk mengambil gambar dengan mode potrait/bokeh. Di iPhone X hanya tersedia mode potriat dimana kita mengambil foto dengan background blur, tanpa dapat mengatur aperture kamera. Lain halnya di Honor 10, selain mode potrait, tersedia pula wide aperture yang memungkinkan kita untuk mengubah aperture secara manual sesuai dengan yang kita inginkan. Tentu saja apeture disini hanyalah rekayasa software, bukan aperture fisik pada lensa kamera secara langsung. Mode potrait lebih cocok digunakan untuk mengambil foto dengan subyek orang, sedangkan mode wide aperture bisa digunakan untuk berbagai subjek foto dengan benda apapun.

Foto menggunakan iPhone X

Foto menggunakan Honor 10

Hasil foto potrait/bokeh antara keduanya sama-sama baik. Bagian blur dan fokus dapat dipisahkan dengan cukup rapih. Namun disini kami lebih mengunggulkan Honor 10 berkat mode wide aperture yang dapat dipilih manual, menjadikannya kelebihan dibandingkan iPhone X yang hanya tersedia mode potrait otomatis saja.

Zoom

Kami juga menguji kemampuan zoom di kedua smartphone ini. iPhone X dan Honor 10 memiliki kemampuan optical zoom 2x dan maksimal zoom hingga 10x. Kami akan mengadu detail dari setiap kondisi Zoom antara kedua produk, mana yang lebih baik. Di kondisi pertama yaitu Zoom 2x, iPhone X dan Honor 10 terlihat masih menampilkan detail yang sangat baik. Hanya saja pada hasil foto iPhone X, gambar terlihat lebih gelap. Sedangkan Honor 10 memperlihatkan gambar yang lebih terang.

Foto menggunakan iPhone X

Foto mengunakan Honor 10

Lanjut ke Zoom berikutnya yaitu 10x, disini detail  tidak hanya dipengaruhi oleh kualitas sensor kamera tetapi juga akan banyak dipengaruhi oleh sistem OIS pada masing-masing perangkat. Dalam kondisi zoom yang sangat besar tersebut, OIS akan membantu kamera untuk mengambil foto dengan stabil sehingga gambar tidak mengalami blur. Dan rupanya OIS di iPhone X bekerja lebih baik dibandingkan dengan Honor 10. Meskipun foto yang dihasilkan juga masih terlihat lebih gelap, tapi foto tetap terlihat tajam. Sebaliknya di Honor 10, foto tampak lebih terang meskipun tingkat detail masih berada di bawah iPhone X.

Performa Lancar

Sebagai smartphone kelas flagship, performa yang lancar sudah pasti jadi salah satu persyaratan mutlak. Apalagi sudah dimahar dengan harga yang tinggi, masalah lagging adalah hal wajib dihindari. Dan hal tersebut sudah ada di kedua smartphone ini. Baik iPhone X dan Honor 10 sama-sama dibekali dengan dapur pacu yang cukup mumpuni untuk mengakomodir kebutuhan pengguna yang aktif.

iPhone X dibekali dengan SoC Apple 11 Bionic (Hexa-core 2.3 GHz 64-bit + GPU Apple 3-core, 10 nm). Sedangakan Kirin 970 (Octa-Core 4x Cortex A53 + 4x Cortex A73 2.3GHz 64 bit + GPU Mali-G72 MP12. Beragam aktivitas, Mulai dari browsing, streaming, kamera/video, editing dan bermain game, dapat dijalankan dengan lancar di kedua smartphone ini.

Namun memang sulit untuk menentukan apakah iPhone X lebih unggul Honor 10 atau sebaliknya. Karena platfrom yang ditawarkan antara keduanya sangatlah berbeda. Dimana iPhone X dibekali  dengan iOS sedangkan Honor 10 menggunakan sistem operasi Android dan UX EMUI.

Manajemen Daya Baik + Fast Charging

Manajemen daya yang baik tentunya juga jadi hal wajib di smartphone kelas flagship. Manajemen daya yang baik akan sangat menentukan pengalaman pengguna apakah perangkat smartphone yang dimilikinya benar-benar dapat diandalakan untuk aktivitas kerja sehari-hari.

Baik iPhone X dan Honor 10 memiliki manajemen daya yang terbilang baik dan cukup untuk meangkomodir kebutuhan pengguna sehari-hari. iPhone X dibekali dengan baterai berkapasitas 2716 mAh sedangkan  Honor 10 memiliki baterai berkapasitas 3400mAh. Pada pengujian baterai yang kami lakukan menggunakan browsing test, ternyata iPhone X mampu bertahan selama 13 jam 57 menit. Sedangkan Honor 10, pada pengujian yang sama mampu bertahan selama 14 jam 16 menit. 

Fortnite (Bonus)

Fortnite adalah salah satu game mobile yang paling populer saat ini. Memulai debutnya di platfrom iOS untuk edisi mobile, game ini akhirnya juga menapakan kakinya ke platform android. Tapi sayangnya Fortnite juga hanya hadir secara ekslusif pada perangkat-perangkat tertentu.

Tapi tak perlu khawatir, karena Fortnite ternyata juga sudah tersedia untuk perangkat Honor 10. Honor 10 menjadi salah satu perangkat Android yang “Available” untuk instalasi aplikasi Fortnite. Kita bisa mengunduh aplikasinya nya secara langsung melalui situs resmi Fortnite.

Kesimpulan

Dengan harga yang lebih terjangkau, ternyata Honor 10 sudah mampu menawarkan pengalaman yang mirip dengan iPhone X. Tapi tentu saja tidak sepenuhnya sama. Namun beberapa fitur-fitur unggulan yang menajdi kebutuhan premier pada smartphone flagship, apa yang ada di iPhone X sudah dapat diimbangi oleh Honor 10. Bahkan dibeberapa fitur seperti kamera dan daya tahan baterai, Honor 10 cukup unggul dibandingkan iPhone X.

Di samping itu masih ada beberapa fitur-fitur yang tersedia di iPhone X dengan iOSnya, yang coba diimbangi oleh Honor 10 dengan beberapa fitur yang juga belum tersedia di iPhone X. Sebut saja misalnya fitur Wireless Charging, sertifikasi IP67, dan HDR 10 yang tersedia di iPhone X dan tidak ada di Honor 10. Sedangkan fitur Dual SIM Card, fleksibilitas platform, dan juga sensor fingerprint tersedia di Honor 10 namun tidak di iPhone X.

: , ,

COMMENTS