in: Reviews | November 12, 2018 | by: Yufianto Gunawan

Review Smartphone ASUS ZenFone 5Z: Kencang, Menarik, dan (Cukup) Murah

Beberapa bulan lalu, ASUS mengumumkan jajaran smartphone baru mereka yang akan hadir di Indonesia, dari lini ZenFone 5 Series. Saat itu, terdapat tiga smartphone yang disebut ASUS akan hadir, yaitu ZenFone Live, ZenFone 5, dan yang produk flagship mereka, ZenFone 5Z! Hadirnya ZenFone 5Z ke Indonesia tentu saja merupakan hal yang menarik, mengingat di generasi sebelumnya ASUS tidak menghadirkan perangkat flagship mereka ke Indonesia, karena beberapa alasan.

Memang, saat pengumuman beberapa bulan lalu itu, ASUS masih belum bisa memastikan kapan ZenFone 5Z akan mulai mereka pasarkan. Namun, setelah beberapa bulan menunggu, smartphone itu akhirnya siap bersaing di pasar smartphone kelas atas Indonesia! Tim Jagat Gadget pun mendapatkan kesempatan untuk mencoba kemampuan dari ZenFone 5Z ini.

Hal apa saja yang ditawarkan ASUS di smartphone flagship ini? Mari kita bahas dalam artikel review ini!

Desain

Mari kita mulai dengan membahas secara singkat desain ASUS ZenFone 5Z ini. Sepintas, desain ZenFone 5Z ini akan terlihat sangat familiar, terutama bila Anda mengikuti review-review smartphone yang pernah kami buat. Hal tersebut wajar, karena memang desain ZenFone 5Z ini sama persis dengan ZenFone 5, yang reviewnya sudah kami rilis beberapa bulan lalu.

ZenFone 5Z ini menggunakan desain “modern”, dengan layar 6.2″ dengan resolusi 2246 x 1080 piksel yang memiliki notch. Layar ini menggunakan panel IPS dan dilapisi dengan Corning Gorilla Glass, serta memiliki color gamut 96% DCI-P3, yang membuatnya bisa dikatakan menawarkan rentang warna yang sangat baik untuk menikmati konten multimedia. Rasio layar smartphone ini, dibandingkan penampang depan bodi, ada di kisaran 84%, bukan yang tertinggi, tetapi terbilang baik untuk saat ini, dengan dimensi bodi 153 x 75.7 x 7.9 mm. Dimensi itu membuat smartphone ini memiliki lebar dan tinggi sama dengan ZenFone 5, dengan tebal berbeda 2 mm saja.

Smartphone ini memiliki tiga buah tombol fisik, yaitu power dan volume up/down, yang semuanya ditempatkan di sisi samping kanan. Tidak ada tombol navigasi fisik di smartphone ini. Tray SIM bisa diakses dari sisi samping kiri smartphone, di mana tray tersebut merupakan tipe hybrid, yang bisa menampung 1 Nano SIM dan 1 Micro SD atau 2 Nano SIM. Sementara untuk port konektivitas, terdapat USB Type C dan audio jack yang terletak di sisi bawah smartphone.

Terkait dengan tombol fisik di sisi samping kanan smartphone ini, karena desain yang sama persis dengan ZenFone 5, sedikit kekurangan di ZenFone 5 yang kami rasakan juga hadir di smartphone ini. Posisi tombol power dari smartphone ini menurut kami berada terlalu bawah. Hal ini membuat “reflek” jari saat menggunakan smartphone ini adalah menekan tombol “volume down” yang ditempatkan di posisi yang terbilang lebih ideal untuk tombol power. Walaupun begitu, hal ini seharusnya lebih ke masalah kebiasaan saja, dan pengguna seharusnya akan terbiasa dengan posisi ini setelah penggunaan selama beberapa saat.

Beralih ke notch yang ada di sisi atas layar dari smartphone ini. ASUS tentu saja menempatkan kamera selfie smartphone ini di bagian tersebut, bersama dengan beberapa sensor dan earpiece. Sementara di sisi belakang, ASUS menempatkan kamera utama dengan konfigurasi dual-camera, di area atas kanan sisi belakang. Fingerprint scanner dari smartphone ini juga ditempatkan di sisi belakang ini.

Bodi dari ZenFone 5Z ini dibangun dari bahan metal, dengan pilihan warna Midnight Blue dan Meteor Silver. Unit yang pinjam untuk review ini adalah yang memiliki warna Midnight Blue. Secara keseluruhan, bodi dari smartphone ini terbilang kokoh, nyaman dipegang walaupun sedikit licin, tetapi desainnya membuatnya mudah terlihat kotor dengan bercak sidik jari bila pengguna tidak menggunakan cover ketika menggunakannya.

Paket Penjualan

ASUS mengirimkan ZenFone 5Z ini beserta dengan kemasan paket penjualan lengkapnya. Boks ini memiliki desain polos, dengan warna gelap, mirip dengan warna bodi smartphone ini, dan berukuran cukup besar, setidaknya lebih tebal dari boks ZenFone 5. Di dalam kemasan paket penjualan itu, selain unit smartphone ZenFone 5Z, terdapat juga perlengkapan pendukung, seperti:

  • Jelly Case
  • Pin/Tray Ejector
  • Headset
  • Charger 5V/2A, 9V/2A
  • Kabel USB to USB Type C
  • Paket Dokumen

Apa yang dihadirkan ASUS di paket penjualan dari ZenFone 5Z ini bisa dikatakan wajar dijumpai untuk smartphone kelas menengah ke atas saat ini. Memang, paket penjualan ini tidak bisa dikatakan sangat lengkap atau mewah, terbilang cukup standar, tetapi sudah mencakup apa yang dibutuhkan secara umum untuk mendukung penggunaannya. Secara singkat, paket penjualan yang disertakan tidaklah mengecewakan untuk smartphone di kelas ini.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
: , , ,

COMMENTS