in: Featured - Highlights - Reviews | July 9, 2017 | by: Irham

Review Samsung Galaxy S8 +: Pengalaman Baru dengan Infinity Display

Kamera

Bukan seri flagship Samsung kalau tak punya kualitas kamera yang terbaik di kelasnya. Begitu pula dengan apa yang dibawa Samsung Galaxy S8+. Masih mengusung sensor 12MP dengan teknologi Dual Pixel seperti seri Galaxy S7, Samsung juga tetap percaya diri dengan kualitas kamera dengan single sensor ini. Samsung belum tertarik menghadirkan fitur kamera dengan dual sensor seperti  banyak pesaingnya saat ini. Lalu bagaimana kemampuan kamera dari Galaxy S8+?

Kamera Galaxy S8+ memiliki peningkatan yang tidak terlalu signifikan dari generasi sebelumnya, yaitu seri GalaxyS7. Kamera Galaxy S8+ tetap memiliki kemampuan yang terbilang sangat sempurna, baik secara detail, kecepatan fokus, hingga kualitas warna. Dalam kondisi terang, tak perlu di ragukan lagi kualitas kamera Galaxy S8+ tidak ada complain untuk harga yang ditawarkan. Tapi peningkatan yang lebih baik ditunjukan pada kamera Galaxy S8+ adalah saat berada di kondisi gelap atau minim cahaya.

Terlihat, hasil kamera dari Galaxy S8+ semakin baik dalam menangkap cahaya meskipun dalam kondisi gelap. Juga berkat aperture yang besar yaitu F/1.7, alhasil noise terlihat semakin minim, dan detail gambar terlihat lebih baik lagi.

Demikian pula dengan kualitas kamera depan, yang kini mengalami peningkatan dengan mengadopsi sensor 8MP. Meski hanya sedikit, tidak seperti smartphone lain yang menggunakan sensor 16MP atau bahkan 20MP, tapi kamera depan Galaxy S8+ nyatanya tetap berada diatas rata-rata. Kualitas foto yang dihasilkan sangat memukau, bahkan di kondisi gelap sekali pun. Tak perlu embel-embel jagoan selfie, bahkan tanpa lampu flash depan, dengan harga mahal yang dibayar oleh konsumen, sepertinya Galaxy S8+ memang harus punya fitur yang juara di setiap lini.

Peningkatan besar lainnya ada pada software kamera Galaxy S8+. Beragam fitur baru telah disematkan untuk pengalaman terbaik penggunanya. Diantaranya Selective Focus; untuk membuat foto terlihat DoF/Bokeh, dan Virtual Shoot; untuk membuat foto virtual 3D. Software kamera di Galaxy S8+ juga sudah dilengkapi dengan beragam efek filter & Mask seperti yang tersedia di aplikasi media sosial Instgram maupun Snapchat.

Baterai

Berikutnya kami akan membahas manajemen daya dari Galaxy S8+, dimana smartphone ini memiliki baterai dengan kapasitas baterai sebesar 3500mAh. Pertanyaan yang cukup menarik, berapa rata-rata hasil pengujian yang didapatkan oleh Galaxy S8+ mengingat smartphone ini menggunakan layar yang cukup besar yaitu 6,2 inci dengan resolusi maksimal hingga Quad HD. Dan juga yang menarik, SoC dari smartphone ini adalaha Exynos 8895, yang mana telah menggunakan fabrikasi 10nm.

PCMark-Battery

Kami melakukan pengujian menggunakan aplikasi benchmark PCMark, hasilnya smartphone ini mampu bertahan selama 10 Jam 20 menit. Tentu ini adalah hasil yang cukup mengaggumkan, melihat ukuran layar yang digunakan berbasis kapasitas baterai yang tersedia pada smartphone tersebut. Sementara pada pengujian dengan memutar  video beresolusi 720p, smartphone ini mampu bertahan selama 17 Jam 33 menit.  Kami menguji smartphone dalam kondisi airplane mode, wifi-on,  kecerahan layar dengan slider berada di tengah dan resolusi layar di set FullHD.

Video-Playback-S8+

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5
: , ,

COMMENTS