in: Featured - Highlights - Reviews | July 9, 2017 | by: Irham

Review Samsung Galaxy S8 +: Pengalaman Baru dengan Infinity Display

Kesimpulan

S8Plus

Peningkatan yang dibawa oleh Samsung pada produk flasghip terbarunya ini sangat signifikan dari segi layar dan desain body. Mengusung Infinity Display, Samsung membawa layar berukuran 6,2 inci dengan rasio 18:9 pada Galaxy S8+, yang memberikan kepuasan tersendiri dan pengalaman baru bagi penggunanya. Infinity Display bahkan terasa memiliki ergonomi yang lebih baik dalam genggaman pengguna ketimbang seri ‘Edge’ mereka sebelumnya.

Secara performa, meski mengalami peningkatan yang cukup tinggi, tapi varian Exynos 8895 yang resmi dihadirkan oleh Samsung di Indonesia ini sepertinya masih meninggalkan sedikit rasa penasaran untuk pengguna yang sudah tahu kemampuan SoC Snapdragon 835. Pasalnya, untuk kemampuan grafis, Exynos 8895 sepertinya masih memiliki performa dibawah, jika dibandingkan dengan produk yang menggunakan SoC Snapdragon 835. Dapat dilihat dari tabel yang kami tampilkan saat perbandingan benchmark. Meski demikian, performa CPU yang dihadirkan Exynos 8895 rata-rata  lebih tinggi dan sudah sangat optimal kebutuhan multitasking pengguna.

Untuk fitur kamera, Galaxy S8+ tetap memberikan kepuasan bagi pengguna dengan hasil gambar terbaik yang dimilikinya. Peningkatan dari generasi sebelumnya, kamera di Galaxy S8+ yang kami uji terlihat lebih baik saat berada di kondisi gelap. Kini terlihat lebih minim noise dan detail terlihat semakin baik. Begitu pula dengan kamera depan, berhasil membuat kami penasaran, apa yang sebenarnya dilakukan oleh Samsung? Kenapa kamera depannya bisa sebagus ini, padahal hanya menggunakan sensor beresolusi 8MP? Belum lagi, Samsung kini menambahkan beragam efek filter dan fungsi baru di UI kamera yang dimilikinya, yang menambah pengalaman baru bagi pengguna kian menyenangkan.

Peningkatan lain yang dibawa oleh Samsung pada seri produk Galaxy S8 terdapat pada kelengkapan fitur yang dimilikinya. Bixby adalah teknologi baru yang dihadirkan Samsung, berupa virtual Assistant layaknya Siri dan Google Now. Satu keunggulan yang cukup memukau dimiliki Bixby adalah Bixby Vision, dimana pengguna bisa mencari tahu informasi sebuah objek hanya menggunakan kamera. Masih ada lagi fitur unggulan lain termasuk sistem sekuritas menggunakan iris scanner, face recognition dan juga fingerprint. Samsung Dex juga memungkinkan perangkat Galaxy S8 maupun S8+ untuk dikonversi menjadi sebuah unit PC desktop berbasis Android.

Samsung tak mau tangung-tanggung menghadirkan produk flagshipnya ini, termasuk pada dukungan aksesoris yang tersedia. Samsung membundling headset berkualitas tinggi yaitu AKG untuk kebutuhan audio pengguna. Bocoran harga untuk unit headset ini sendiri kabarnya mencapai sekitar Rp. 1 juta. Galaxy S8+ juga memiliki aksesoris lain seperti adaptor fast charge, Converter MicroUSB/Type-C dan juga USB OTG.

Jadi, secara keseluruhan Samsung Galaxy S8+ memang tak sekedar menjadi generasi baru dari smartphone kelas flagship Samsung. Peningkatan pengalaman melalui fitur-fitur terbaru lebih dominan, dengan tetap memberikan peningkatan kualitas dari fitur-fitur sebelumnya, seperti fitur kamera dan performa kerja.

Perangkat ini dibanderol dengan harga Rp. 11.999.000. Apakah Galaxy S8+ tetap sesuai dengan harga selangit yang ditawarkan? Kalau anda orang yang cukup aktif dan mau mencoba hal baru di perangkat berteknologi canggih ini, maka rasanya harga tersebut tidaklah masalah. Kecuali jika anda adalah pengguna dengan aktivitas yang umum dan kebutuhan standar, masih banyak pilihan smartphone lain yang bisa jadi pilihan. Seperti mungkin kelas menengah dari seri Samsung Galaxy A.

Kelebihan:

+ Layar AMOLED Infinity Display 18:9

+ Screen to Body Rasio sangat tinggi

+ Desain ergonomi nyaman

+ Pelindung layar Gorilla Glass 5 (Panel depan & Belakang)

+ Performa tinggi

+ Batre awet

+ Kamera kelas premium

+ Banyak fitur-fitur unggulan

+ Aksesoris lengkap

+ Water resistant IP68

Kekurangan

– Slot Dual SIM Hybrid

Produk Samsung Galaxy S8+
Layar 6.2” Quad HD (1440 x 2960p) 18:9
SoC/Processor Exynos 8895 Octa-Core (4×2.3 GHz & 4×1.7 GHz)
GPU Mali-G71 MP20
Memory/Storage 4 GB/64 GB
Baterai 3500 mAh
Konektivitas Dual-SIM Nano (Hybrid), Micro SD, 2G/3G/4G, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, Wi-Fi Hotspot, Bluetooth 4.1, NFC
Kamera Kamera belakang: 12 MP F/1.7,DualPixel PDAF, Dual-Tone LED Flash
Kamera selfie: 8 MP F/1.7
Sistem Operasi Android 7.0 “Nougat”
Harga ~ Rp 11.999.000
Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5
: , ,

COMMENTS