Review Galaxy Tab A7: Belajar, Nonton, & Gaming Asik dengan Speaker Lantang

Author
Irham
Reading time:
October 20, 2020

Samsung di tahun 2020 ini lebih bisa dibilang banyak merilis produk tablet, ketimbang tahun-tahun sebelumnya. Untuk kelas flagshipnya saja datang dengan dua model yaitu Galaxy Tab S7 dan S7+. Belum lagi S6 Lite yang masih bercokol dikelas menengah, dan satu lagi produk tablet kelas entry level yang kali ini juga telah datang ke meja pengujian Jagat Review, yaitu Galaxy Tab A7.

Kali ini seri Galaxy Tab A juga datang dengan layar yang lebih besar yaitu 10,4 inci. Dengan layar yang lebih besar, beragam aktivitas yang dilakukan di layar tablet ini tentu akan lebih memuaskan. Apalagi di era new normal saat ini, yang kebanyakan aktivitas beralih ke digital seperti meeting online hingga belajar mengajar.

Galaxy Tab A7 ditujukan untuk menjawab kebutuhan tersebut, tentunya sebagai alternatif lebih terjangkau dari Galaxy Tab S7 series, namun tetap menghadirkan performa yang mumpuni dikelasnya. Simak review Galaxy Tab A7 berikut ini.

Desain dan Spesifikasi

Galaxy Tab A7 memiliki desain yang cukup ramping ketebalan hanya 7mm, hadir dengan engan bezel simetris 10,5 mm. Secara presisi ukurannya yaitu 247.6 x 157.4 x 7mm dengan berat 447 gramPerangkat ini hadir dengan pilihan warna yang stylish yaitu dark gray dengan bezel hitam dan silver dengan bezel putih.

Material metal yang digunakan memberikan kesan lebih premium pada perangkat ini, meskipun seperti yang kita ketahui bahwa Galaxy Tab A series adalah seri tablet paling rendah yang dimiliki oleh Samsung. Perangkat ini diposisikan di bawah seri Galaxy Tab S6 Lite yang juga baru dirilis tahun ini.

Baca Juga: Review Galaxy Tab S7+: Tablet Android Terbaik 2020

Ukuran layarnya sendiri yaitu 10,4 inci beresolusi 2000×1200 pixel, dimana Tab A7 menghadirkan tampilan screen yang luas dan jernih berkat layar IPS yang digunakan. Dengan demikan pengguna dapat menikmati berbagai konten dengan lebih nyaman.

review Samsung Galaxy Tab A7

Apalagi untuk masa new normal saat ini. Galaxy Tab A7 juga sudah dioptimalkan untuk tampilan landscape, dengan penempatan kamera selfie berada di bagian tengah secara simetris. Kamera ini menggunakan sensor 5MP dengan resolusi video maksimal yaitu 1080p.

Pengguna bisa melakukan beragam aktivitas, seperti meeting online, kumpul-kumpul virtual atau untuk belajar mengajar bagi para pengajar dan pelajar yang menjalani PJJ (Pendidikan Jarak Jauh) saat ini.

Sedangkan di penampang bagian belakang, terdapat single kamera dengan sensor 8MP AF juga dengan dukungan perekaman video hingga 1080p.

Beralih ke fungsi slot dan tombol, dalam posisi landscape perangkat ini memiliki tombol power dan volume di bagian atas, slot SIM Card di sisi bagian bawah dengan dual slot yaitu single SIM dan MicroSD support s/d 1TB. Di bagian kanan terdapat lubang jack 3,5mm, dan USB Type C, bersama dengan Quad Speaker Stereo yang terpasang masing-masing dua speaker di bagian kanan dan kiri.

Di sektor dapur pacu, tablet ini mengandalkan SoC Snapdragon 662 dari Qualcomm. Ini juga merupakan SoC yang cukup mumpuni untuk disematkan pada tablet kelas entry level seperti Galaxy Tab A7 ini. Selain itu dipasangkan dengan RAM berkapasitas 3GB dan internal storage 32GB.

Mungkin pengguna masih merasa kurang dengan kapasitas storage yang tersedia namun pengguna bisa mengekpansi media penyimpanan melalui slot MicroSD yang tersedia, yang mendukung hingga 1 TB.

Sensor yang tersedia cukup lengkap, seperti Accelerometer, Compass, Light sensor hingga Gyro. Konektivitas yang tersedia mulai dari 4G LTE, WiFi Dual Band (2,4GHz dan 5GHz) serta Bluetooth 5.0. Jadi pengguna tetap bisa melakukan panggilan telepon menggunakan tablet, meskipun earpiece speaker tidak tersedia. Pengguna bisa menggunakan earphone jika ingin melakukan panggilan telepon.

Baca Juga: Review Huawei MatePad Pro: Tablet Premium Performa Tinggi

Kapasitas baterai yang tersedia cukup besar yaiu 7040mAh, meskipun untuk pengisian dayanya hanya tersedia charger 5V/1,5A pada paket penjualan. Pengguna hanya bisa mengisi daya dengan charger output maksimal 15W.

Perangkat ini berjalan menggunakan OS Android 10 dengan antarmuka One UI milik Samsung. Terdapat beragam fungsi dan fitur seperti Device Care, Dark Mode, Dolby Atmos,  hingga Parental Control menggunakan aplikasi Google Family Link.

Bagi kalian yang berharap adanya dukungan S Pen, sayangnya Samsung belum memberikan dukungan tersebut pada Galaxy Tab A7 2020. Karena teknologi S Pen tak hanya mengandalkan Stylus tetapi juga sensitivitas layar yang tinggi, yang mungkin baru disediakan Samsung pada perangkat-perangkat premium mereka.

Load Comments

Reviews

November 26, 2020 - 0

Gaming Test Snapdragon 665: Masih Layakkah di 2020?

Snapdragon 665 adalah SoC kelas menengah yang cukup berjaya di…
November 24, 2020 - 0

Review MediaTek Helio P95: G Series Kalah Kencang?

Kali ini tim Jagat Review akan kembali membahas soal SoC,…
November 14, 2020 - 0

Review Infinix Note 8: Murah, Kencang, Besar dan Lengkap

Infinix belakangan ini cukup gencar meluncurkan produk terbaru mereka. Setelah…
November 11, 2020 - 0

Review Vivo Y20s: Hadir dengan Chipset Snapdragon Terbaru

Tidak lama ini, Vivo baru saja mengumumkan smartphone Vivo Y20s…

Accessories

November 17, 2020 - 0

Review OASE QCY T7: Audio Bagus, Rp 300ribuan

Oase mungkin dikenal sebagai produk aksesoris yang dekat dengan brand…
November 5, 2020 - 0

Review Brica B-Steady XS: Gimbal HP 3-Axis Paling Ringan di Dunia

Kali ini tim Jagat Review kedatangan produk aksesori gimbal untuk…
October 12, 2020 - 0

Review Charger BASEUS 24W-120W: Pengganti Charger Asli Gadget Anda!

Jika berurusan dengan barang gadget atau elektronik, pastinya Charger merupakan…
May 12, 2020 - 0

Memilih Gimbal 1 Jutaan Terbaik untuk Smartphone: Brica BSteady PRO atau Moza Mini Mi?

Setiap kami menguji smartphone terutama untuk membuat video, menggunakan gimbal…

Wearables

November 17, 2020 - 0

Review OASE QCY T7: Audio Bagus, Rp 300ribuan

Oase mungkin dikenal sebagai produk aksesoris yang dekat dengan brand…
September 28, 2020 - 0

Review Mi Smart Band 5: Tetap Murah, Fitur Tambah

Bagi kalian yang mungkin sedang mencari produk smart band murah,…
September 24, 2020 - 0

Review Huawei Freebuds 3i: Lebih Murah, Tapi Lebih Bagus

Selain produk smartphone, Huawei juga gencar meluncurkan produk gagdet lainnya.…
September 16, 2020 - 0

Hands-On Samsung Galaxy Watch3: Premium, Kaya Fitur

Pada hari Rabu (16/9), Samsung Indonesia baru saja memperkenalkan secara…