Keamanan Berlapis di ColorOS 11, Apa Saja?

Author
Irham
Reading time:
November 20, 2020

ColorOS 11 menjadi custom UI pertama yang hadir dengan mengusung sistem operasi Android 11. Selain menghadirkan fitur-fitur unggulan yang secara default hadir di  Android 11, ColorOS 11 juga membawa beragam fitur tersendiri dan merupakan inovasi yang dicpitakan oleh pengembang ColorOS. Dimana fitur-fitur tersebut dihadirkan untuk menjawab semua feedback dan kebutuhan dari pengguna

Keamanan menjadi salah satu concern pada pengembangan ColorOS 11 adalah sistem keamanan. Tidak dipungkiri, akhir-akhir ini aspek keamanan menjadi sangat penting untuk diperhatikan, mengingat maraknya terjadi tindak kejahatan siber yang kian hari semakin mengkhawatirkan.review ColorOS 11

Kami berkesempatan mewawancara pengembang ColorOS untuk menjelaskan lebih banyak mengenai sistem keamanan yang dimiliki di ColorOS 11. Melalui tanya jawab via email, pihak ColorOS menjabarkan dengan rinci berikut ini.

Baca Juga: Berbasis Android 11, Ini Fitur-fitur Baru di ColorOS 11

Android sendiri secara default sudah memiliki sistem keamanan dengan patch keamanan yang terus diperbarui, lalu apa bedanya dengan pembaruan keamanan yg ditawarkan ColorOS?

Patch keamanan ColorOS meliputi patch keamanan dari Google Android, di mana patch keamanan berasal dari vendor chipset pihak ke-3 seperti Qualcomm, dan patch keamanan untuk aplikasi dan layanan OPPO.

Untuk Android, Google (Android) memiliki standar pembaruan patch keamanan bagi semua mitra OEM Android. Namun, dikarenakan perbedaan hardware dan software, masing-masing merek smartphone memiliki mekanisme patch keamanannya sendiri, sehingga kami perlu menerapkan mekanisme secara terpisah untuk setiap model smartphone OPPO.

Kami mematuhi persyaratan Google dan merilis patch keamanan secara teratur. Ke depannya, kami akan mencoba untuk terus berupaya lebih baik lagi dan ketika Google memerlukan pembaruan setiap 90 hari, beberapa model ponsel OPPO mendapatkan pembaruan keamanan, bahkan dalam waktu kurang dari 60 hari.

Apakah dengan mendapatkan pembaruan keamanan dari ColorOS, nantinya pengguna tidak perlu mendapatkan pembaruan patch keamanan dari Google? Apakah standar sistem keamanannya sama?

Ya, patch keamanan ColorOS sudah memenuhi standar Google, dan Google hanya merilis patch keamanan mereka untuk perangkat Pixel.

Apa kelebihan yang ditawarkan pada sistem keamanan ColorOS yang belum diberikan oleh sistem keamanan standard pada Android?

OPPO tidak hanya menggabungkan fitur perlindungan privasi Android seperti “deny“, “location“, dan “auto-reset permissions”, tetapi juga mengembangkan fitur perlindungan privasi khusus bagi pengguna ColorOS. Beberapa fitur ikonik kami, di antaranya:

  • Private System: Private Systemmenyediakan ruang pribadi bagi pengguna ColorOS 11. Anda dapat membuat sistem yang disalin (copied system) di mana aplikasi dan data Anda akan terpisahkan dari yang asli, dan hanya dapat diakses melalui sidik jari atau kata sandi, atau bahkan menyembunyikan akses tersebut dari sistem utama. Aplikasi dapat diduplikasi dari sistem asli ke Private System dan notifikasi akan ditampilkan di kedua sistem tersebut. (Catatan: Fitur ini akan segera tersedia di ColorOS 11 dalam waktu dekat)
  • App Lock Shortcut:App lock mengenkripsi aplikasi dan mewajibkan Anda untuk masuk hanya melalui kode sandi atau sidik jari. Kini, terdapat shortcut untuk mengaktifkan atau menonaktifkan App Lock. Geser ke bawah pada Home screen untuk membuka panel Quick Settings dan temukan shortcut tile. Ketika App Lock diaktifkan, Anda dapat memasukkan kata sandi atau menggunakan sidik jari / verifikasi wajah untuk mengunci aplikasi yang dipilih.
  • Private Safe: ColorOS memiliki fitur Private Safe yang merupakan ruang terenkripsi untuk semua file pribadi, gambar, dan audio yang tidak ingin Anda tampilkan kepada siapa pun. Fileyang Anda tambahkan di sini tidak akan ditampilkan di ponsel OPPO di luar ruang Private Safe, di mana kami menjaga kerahasiaan file tersebut sepenuhnya bagi Anda, bahkan saat orang lain menggunakan ponsel Anda.
  • Payment Protection: ColorOS melindungi keamanan finansial Anda dengan memindai setiap pembayaran dalam sistem dan aplikasi. Melalui fitur ini, Anda akan mendapatkan notifikasi pengingat jika Anda melakukan transaksi berbahaya.
  • Smart Spying Prevention: Didukung oleh teknologi AI ColorOS, konten notifikasi akan disembunyikan apabila kamera depan tidak mendeteksi wajah Anda, sehingga tidak perlu khawatir akan diintip oleh orang lain.

Baca Juga: Review ColorOS 11: Oppo Mendengar Feedback Pengguna

Selain fitur yang kami sebutkan di atas, OPPO ColorOS telah mendapatkan sertifikasi pihak ketiga yang berwenang karena kami mematuhi standar ISO, arahan ePrivasi UE dan telah menerima sertifikasi TrustArc AS.

ColorOS sendiri memiliki beberapa fitur AI yang mempelajari data kebiasaan pengguna, seperti fitur smart charging yang mendeteksi kebiasaan tidur Anda. Bagaimana fitur tersebut sendiri tidak mengancam privasi pengguna?

Hal tersebut tidak akan melanggar privasi pengguna, kami selalu mengedepankan privasi sebagai prioritas kami. AI dalam fitur smart charging hanya bekerja untuk mempelajari kebiasaan para pengguna dalam memakai ponsel mereka, seperti  saat  menghidupkan dan mematikan ponsel, mengatur jam, dan seterusnya, yang merupakan informasi perilaku pengguna pada umumnya.

Selain itu, teknologi AI di ColorOS menggunakan kalkulasi end-side, yang membuat semua informasi akan terproses hanya dalam ponsel tersebut dan tidak diolah dalam cloud maupun server. Oleh karena itu, dapat kami katakan bahwa hal ini mampu meminimalisir risiko kebocoran data, bahkan hingga zero-risk.

Hanya dengan mempelajari perilaku dan menganalisis kebiasaan tidur pengguna, kami dapat menyediakan fitur smart charging (Battery Guard) untuk melayani pengguna dengan lebih baik.

OPPO ColorOS memiliki komitmen dalam hal kebijakan keamanan data yang ketat dan tidak akan mengumpulkan data sensitif dari pengguna.

Apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan pengguna untuk meningkatkan keamanan privasi pada penggunaan smartphone?

Melihat kondisi keamanan di era digital yang mana angka kriminalitas semakin meningkat, pengguna memiliki banyak titik kewaspadaan dalam perlindungan privasi, seperti data pribadi yang rentan bocor, aplikasi tidak jelas yang dapat mencuri data, dan banyak lagi.

Di masa yang rentan dengan bocornya privasi data ini, pengguna harus lebih waspada dalam hal melindungi informasi pribadi di ponsel mereka, dan memiliki pengetahuan tentang fitur perlindungan privasi ponsel.

Berikut beberapa tips fitur perlindungan privasi ColorOS bagi para pengguna OPPO:

  • Ketika Anda harus meminjamkan ponsel kepada orang lain namun ingin semua gambar, video, atau file pribadi Anda tetap terjaga, Anda dapat menggunakan fitur Private Safe dan meletakkan file pribadi Anda di ruang terenkripsi tersebut.
  • Saat Anda perlu meminjamkan ponsel kepada orang lain untuk melakukan panggilan atau dalam situasi darurat lainnya, Anda dapat dengan cepat mengaktifkan App Lock untuk mengunci aplikasi-aplikasi pribadi dan menjaga privasi Anda agar tidak bocor.
  • Jika aplikasi yang baru diunduh memerlukan otoritas pengumpulan informasi pribadi, Anda dapat memilih pilihan “Only this time” ketika menggunakan aplikasi tersebut.
  • Jika Anda ingin memisahkan informasi pekerjaan dan kehidupan pribadi di ponsel, Anda dapat menggunakan Private System, di mana Anda dapat menyalin filepribadi yang hanya dapat diakses melalui sidik jari dan kata sandi. (Catatan: fitur ini akan segera tersedia di ColorOS 11 pada November 2020 ini).
  • Mengingat banyaknya orang yang memiliki kebiasaan mengintip atau bahkan“kepo”, terutama di tempat-tempat seperti transportasi umum, Anda dapat mengaktifkan fitur anti-peeping di ColorOS, sehingga tidak perlu khawatir lagi apabila ada yang mengintip ke arah layar ponsel Anda.
Load Comments

Reviews

November 26, 2020 - 0

Gaming Test Snapdragon 665: Masih Layakkah di 2020?

Snapdragon 665 adalah SoC kelas menengah yang cukup berjaya di…
November 24, 2020 - 0

Review MediaTek Helio P95: G Series Kalah Kencang?

Kali ini tim Jagat Review akan kembali membahas soal SoC,…
November 14, 2020 - 0

Review Infinix Note 8: Murah, Kencang, Besar dan Lengkap

Infinix belakangan ini cukup gencar meluncurkan produk terbaru mereka. Setelah…
November 11, 2020 - 0

Review Vivo Y20s: Hadir dengan Chipset Snapdragon Terbaru

Tidak lama ini, Vivo baru saja mengumumkan smartphone Vivo Y20s…

Accessories

November 17, 2020 - 0

Review OASE QCY T7: Audio Bagus, Rp 300ribuan

Oase mungkin dikenal sebagai produk aksesoris yang dekat dengan brand…
November 5, 2020 - 0

Review Brica B-Steady XS: Gimbal HP 3-Axis Paling Ringan di Dunia

Kali ini tim Jagat Review kedatangan produk aksesori gimbal untuk…
October 12, 2020 - 0

Review Charger BASEUS 24W-120W: Pengganti Charger Asli Gadget Anda!

Jika berurusan dengan barang gadget atau elektronik, pastinya Charger merupakan…
May 12, 2020 - 0

Memilih Gimbal 1 Jutaan Terbaik untuk Smartphone: Brica BSteady PRO atau Moza Mini Mi?

Setiap kami menguji smartphone terutama untuk membuat video, menggunakan gimbal…

Wearables

November 17, 2020 - 0

Review OASE QCY T7: Audio Bagus, Rp 300ribuan

Oase mungkin dikenal sebagai produk aksesoris yang dekat dengan brand…
September 28, 2020 - 0

Review Mi Smart Band 5: Tetap Murah, Fitur Tambah

Bagi kalian yang mungkin sedang mencari produk smart band murah,…
September 24, 2020 - 0

Review Huawei Freebuds 3i: Lebih Murah, Tapi Lebih Bagus

Selain produk smartphone, Huawei juga gencar meluncurkan produk gagdet lainnya.…
September 16, 2020 - 0

Hands-On Samsung Galaxy Watch3: Premium, Kaya Fitur

Pada hari Rabu (16/9), Samsung Indonesia baru saja memperkenalkan secara…